Pengaruh Kepercayaan Diri Anak dan Status Sosial Ekonomi terhadap Prestasi Akademik di TK Negeri Se Kecamatan Batumandi Kalimantan Selatan

Authors

  • Mildasari Mildasari Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Debie Susanti Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5647

Keywords:

Pengaruh, Kepercayaan Diri, Sosial Ekonomi, Prestasi Akademik, Anak Usia Dini

Abstract

Kepercayaan diri dan status sosial ekonomi merupakan dua faktor utama yang dapat memengaruhi prestasi akademik anak usia dini. Kepercayaan diri anak berperan penting dalam membentuk kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan akademik, sedangkan status sosial ekonomi menentukan sejauh mana anak memiliki akses terhadap sumber daya pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan diri anak dan status sosial ekonomi terhadap prestasi akademik anak usia 5-6 tahun yang bersekolah di TK Negeri se-Kecamatan Batumandi, Kalimantan Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 orang tua anak usia 5-6 tahun di tiga TK Negeri di Kecamatan Batumandi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan berganda untuk menguji hubungan antara variabel kepercayaan diri anak (X1), status sosial ekonomi (X2), dan prestasi akademik (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri anak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,879 dan R² sebesar 65,8%. Status sosial ekonomi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik dengan nilai koefisien regresi 0,599 dan R² sebesar 57,0%. Secara simultan, kedua variabel ini memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap prestasi akademik dengan nilai R² sebesar 79,6%, menunjukkan bahwa kombinasi antara kepercayaan diri dan status sosial ekonomi dapat menjelaskan hampir 80% variabilitas dalam prestasi akademik anak. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun kepercayaan diri anak sejak dini serta meningkatkan dukungan terhadap anak-anak dari latar belakang sosial ekonomi yang lebih rendah untuk mengurangi kesenjangan akademik. Oleh karena itu, sekolah, guru, dan orang tua perlu berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan kepercayaan diri anak, serta memastikan akses yang setara terhadap fasilitas pendidikan yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A. N., Setiadi, A. C., Mahdavika, A., & Nabilah, S. U. (2021). Analisis kepercayaan diri anak usia dini dalam kajian studi sosial. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 41-48. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.41-48

Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 217-226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226

Fadhlani, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 47-54. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1561

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5. http://dx.doi.org/10.29210/02017182

Gea, J. J. (2023). Keseimbangan peran orang tua terhadap kepercayaan diri anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 101-108. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.101-108

Ginting, N. G. (2023). Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini Dan Membangun Karakterk Anak. Journal Sains Student Research, 1(1), 165-178. https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.70

Hamamy, F. (2021). Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 55-65. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3573

Kamaruddin, I., Tabroni, I., & Azizah, M. (2022). Konsep pengembangan self-esteem pada anak untuk membangun kepercayaan diri sejak dini. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 496-503. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1015

Khairina, N. S., & Soedirham, O. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Anak: Literature Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 853-862.

Lutfiwati, S. (2020). Motivasi belajar dan prestasi akademik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 53-63.

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. Competitor, 12(2), 83-94. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781

Nazla, T., & Fitria, N. (2020). Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show and Tell Pada Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31-35. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.590

Nurhasanah, N., Sripatmi, S., Salsabila, N. H., & Azmi, S. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sakra. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(4), 571-581. https://doi.org/10.29303/griya.v3i4.404

Pratiwi, D. E., & Prasetya, N. E. (2019). Pengaruh status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Tambaksari I Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 36-40. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v2i1.993

Purnomo, B., & Rosalina, A. (2016). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IVB SD no 64/1 Muara Bulian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(2), 275-297. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i2.7120

Supit, D., & Gosal, N. M. (2023). Hubungan status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 177-182. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4557

Syah, J. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 154-164. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5291

Syamsuriana, N., Anggerwati, A. I., & Hikma, N. (2022). Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. YUME: Journal of Management, 5(3), 452-462. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3374

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). http://dx.doi.org/10.29210/3003205000

Ulya, N., & Diana, R. R. (2021). Peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia. Jurnal Golden Age, 5(2), 304-313.

Wirawan, Y. R. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Dan Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 147-167. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p147-167

Published

2025-04-19

How to Cite

Mildasari, M., & Susanti, D. (2025). Pengaruh Kepercayaan Diri Anak dan Status Sosial Ekonomi terhadap Prestasi Akademik di TK Negeri Se Kecamatan Batumandi Kalimantan Selatan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 381–394. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5647

Issue

Section

Regular Articles