Pengaruh Kepercayaan Diri Anak dan Status Sosial Ekonomi terhadap Prestasi Akademik di TK Negeri Se Kecamatan Batumandi Kalimantan Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5647Keywords:
Pengaruh, Kepercayaan Diri, Sosial Ekonomi, Prestasi Akademik, Anak Usia DiniAbstract
Kepercayaan diri dan status sosial ekonomi merupakan dua faktor utama yang dapat memengaruhi prestasi akademik anak usia dini. Kepercayaan diri anak berperan penting dalam membentuk kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan akademik, sedangkan status sosial ekonomi menentukan sejauh mana anak memiliki akses terhadap sumber daya pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan diri anak dan status sosial ekonomi terhadap prestasi akademik anak usia 5-6 tahun yang bersekolah di TK Negeri se-Kecamatan Batumandi, Kalimantan Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 orang tua anak usia 5-6 tahun di tiga TK Negeri di Kecamatan Batumandi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan berganda untuk menguji hubungan antara variabel kepercayaan diri anak (X1), status sosial ekonomi (X2), dan prestasi akademik (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri anak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,879 dan R² sebesar 65,8%. Status sosial ekonomi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik dengan nilai koefisien regresi 0,599 dan R² sebesar 57,0%. Secara simultan, kedua variabel ini memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap prestasi akademik dengan nilai R² sebesar 79,6%, menunjukkan bahwa kombinasi antara kepercayaan diri dan status sosial ekonomi dapat menjelaskan hampir 80% variabilitas dalam prestasi akademik anak. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun kepercayaan diri anak sejak dini serta meningkatkan dukungan terhadap anak-anak dari latar belakang sosial ekonomi yang lebih rendah untuk mengurangi kesenjangan akademik. Oleh karena itu, sekolah, guru, dan orang tua perlu berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan kepercayaan diri anak, serta memastikan akses yang setara terhadap fasilitas pendidikan yang berkualitas.
Downloads
References
Aini, A. N., Setiadi, A. C., Mahdavika, A., & Nabilah, S. U. (2021). Analisis kepercayaan diri anak usia dini dalam kajian studi sosial. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 41-48. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.41-48
Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 217-226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226
Fadhlani, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 47-54. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1561
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5. http://dx.doi.org/10.29210/02017182
Gea, J. J. (2023). Keseimbangan peran orang tua terhadap kepercayaan diri anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 101-108. https://doi.org/10.24853/yby.7.2.101-108
Ginting, N. G. (2023). Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini Dan Membangun Karakterk Anak. Journal Sains Student Research, 1(1), 165-178. https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.70
Hamamy, F. (2021). Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 55-65. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3573
Kamaruddin, I., Tabroni, I., & Azizah, M. (2022). Konsep pengembangan self-esteem pada anak untuk membangun kepercayaan diri sejak dini. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 496-503. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1015
Khairina, N. S., & Soedirham, O. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Anak: Literature Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 853-862.
Lutfiwati, S. (2020). Motivasi belajar dan prestasi akademik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 53-63.
Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. Competitor, 12(2), 83-94. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781
Nazla, T., & Fitria, N. (2020). Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show and Tell Pada Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31-35. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.590
Nurhasanah, N., Sripatmi, S., Salsabila, N. H., & Azmi, S. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sakra. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(4), 571-581. https://doi.org/10.29303/griya.v3i4.404
Pratiwi, D. E., & Prasetya, N. E. (2019). Pengaruh status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Tambaksari I Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 36-40. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v2i1.993
Purnomo, B., & Rosalina, A. (2016). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IVB SD no 64/1 Muara Bulian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(2), 275-297. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i2.7120
Supit, D., & Gosal, N. M. (2023). Hubungan status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 177-182. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4557
Syah, J. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 154-164. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5291
Syamsuriana, N., Anggerwati, A. I., & Hikma, N. (2022). Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. YUME: Journal of Management, 5(3), 452-462. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3374
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). http://dx.doi.org/10.29210/3003205000
Ulya, N., & Diana, R. R. (2021). Peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia. Jurnal Golden Age, 5(2), 304-313.
Wirawan, Y. R. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Dan Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 147-167. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p147-167
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.