Kepuasan Kerja Guru SD pada Masa Pandemi Covid-19 di Gugus 2 Kecamatan Pemenang Lombok Utara Provinsi NTB
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.566Keywords:
kepuasan kerja guru, pandemi covid-19, berbagai variabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan kerja guru SD pada masa Pandemi Covid-19 berdasarkan berbagai jenis variabel yaitu jenis kelamin, status kepegawaian, masa kerja, dan status sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah 70 orang guru SD di Gugus 2 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara Provinsi NTB. Sampel sebanyak 58 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data Kepuasan kerja guru dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebar secara online menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja guru SD pada masa Pandemi Covid-19 berdasarkan variabel status kepegawaian guru berbeda secara signifikan. Sedangkan kepuasan kerja guru SD pada masa Pandemi Covid-19 berdasarkan variabel jenis kelamin, masa kerja, dan status sertifikasi, tidak berbeda secara signifikan.
Downloads
References
Akbar, K., Fahruddin, F. & Hakim, M. (2020). Peran Mediasi Organizational Citizenship Behavior pada Pengaruh Internal Locus of Control terhadap Kinerja Guru. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 502-510. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.460
Akbar, K., Hamdi, H., Kamarudin, L., & Fahruddin, F. (2021). Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 167-175. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2959 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2959
Amir, A., Syahril, Chairil, B. M., & Zahari, B. H. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri Pariaman. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). 101-106
Gorton, R.A. (1976). School Administration Challenge and Opportunity For Leadershi. Dubuque, Lowa: Wm. C. Brown.
Hakim, R. A. M. R., Ekawati, & Wahyuni, I. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Demografi, Upah Kerja, Motivasi Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Guru SLB Swasta di Cirebon. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(4), 517–524.
Haris Hendra (2014). Peningkatan Kinerja Guru Tidak Tetap (GTT) Di SMP Negeri Lambandia Sulawesi Tenggara Mealui Masa Kerja, Kompensasi, Kompetensi Dan Kepuasan Kerja. Jurnal Ekobis, 15(2). 33-44
Marista, A.W. (2009). Perbedaan Kepuasan Kerja Antara Karyawan Tetap dan Karyawan Kontrak. Skripsi pada Fakultas Psikologi Universitas Sanata Darma Yogyakarta. http://repository.uin-suska.ac.id/2503/.
Mukhlison, N. (2008). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Swasta Kecamatan Bulakamba Brebes. Tesis pada Program Pascasarjana Fakultas Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/16911/1/1103506053.pdf.
Putra, R. M. & Arlizon, R. (2021). Kepuasan Kerja Guru Berdasarkan Status Kepegawaian dan Jenis Kelamin. Tanjak: Journal of Education and teaching. 2(1). 79-86. DOI: https://doi.org/10.35961/tanjak.v2i1.244
Rasyid, M. A. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 60-74. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698. DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698
Robbins, S. (2015). Psikologi Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Septina, D. (2011). Pengaruh Faktor Gaji dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di SMA NEGERI 5 Surakarta. Skripsi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diterbitkan.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Tukiyo. (2015). Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan UNS dan ISPI Jawa Tengah 2015. 158-168.
WHO. (2020). Corona virus Disease (COVID-19) Dash board. https://covid19.who.int/?
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.