Kepuasan Kerja Guru SD pada Masa Pandemi Covid-19 di Gugus 2 Kecamatan Pemenang Lombok Utara Provinsi NTB

Authors

  • Hamdi Hamdi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram
  • Asrin Asrin Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram
  • Fahruddin Fahruddin Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.566

Keywords:

kepuasan kerja guru, pandemi covid-19, berbagai variabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan kerja guru SD pada masa Pandemi Covid-19 berdasarkan berbagai jenis variabel yaitu jenis kelamin, status kepegawaian, masa kerja, dan status sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah 70 orang guru SD di Gugus 2 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara Provinsi NTB. Sampel sebanyak 58 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data Kepuasan kerja guru dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebar secara online menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja guru SD pada masa Pandemi Covid-19 berdasarkan variabel status kepegawaian guru berbeda secara signifikan. Sedangkan kepuasan kerja guru SD pada masa Pandemi Covid-19 berdasarkan variabel jenis kelamin, masa kerja, dan status sertifikasi, tidak berbeda secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, K., Fahruddin, F. & Hakim, M. (2020). Peran Mediasi Organizational Citizenship Behavior pada Pengaruh Internal Locus of Control terhadap Kinerja Guru. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 502-510. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.460

Akbar, K., Hamdi, H., Kamarudin, L., & Fahruddin, F. (2021). Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 167-175. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2959 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2959

Amir, A., Syahril, Chairil, B. M., & Zahari, B. H. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri Pariaman. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). 101-106

Gorton, R.A. (1976). School Administration Challenge and Opportunity For Leadershi. Dubuque, Lowa: Wm. C. Brown.

Hakim, R. A. M. R., Ekawati, & Wahyuni, I. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Demografi, Upah Kerja, Motivasi Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Guru SLB Swasta di Cirebon. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(4), 517–524.

Haris Hendra (2014). Peningkatan Kinerja Guru Tidak Tetap (GTT) Di SMP Negeri Lambandia Sulawesi Tenggara Mealui Masa Kerja, Kompensasi, Kompetensi Dan Kepuasan Kerja. Jurnal Ekobis, 15(2). 33-44

Marista, A.W. (2009). Perbedaan Kepuasan Kerja Antara Karyawan Tetap dan Karyawan Kontrak. Skripsi pada Fakultas Psikologi Universitas Sanata Darma Yogyakarta. http://repository.uin-suska.ac.id/2503/.

Mukhlison, N. (2008). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Swasta Kecamatan Bulakamba Brebes. Tesis pada Program Pascasarjana Fakultas Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/16911/1/1103506053.pdf.

Putra, R. M. & Arlizon, R. (2021). Kepuasan Kerja Guru Berdasarkan Status Kepegawaian dan Jenis Kelamin. Tanjak: Journal of Education and teaching. 2(1). 79-86. DOI: https://doi.org/10.35961/tanjak.v2i1.244

Rasyid, M. A. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 60-74. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698. DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698

Robbins, S. (2015). Psikologi Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Septina, D. (2011). Pengaruh Faktor Gaji dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di SMA NEGERI 5 Surakarta. Skripsi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diterbitkan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Tukiyo. (2015). Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan UNS dan ISPI Jawa Tengah 2015. 158-168.

WHO. (2020). Corona virus Disease (COVID-19) Dash board. https://covid19.who.int/?

Published

2021-03-30

How to Cite

Hamdi, H., Asrin, A., & Fahruddin, F. (2021). Kepuasan Kerja Guru SD pada Masa Pandemi Covid-19 di Gugus 2 Kecamatan Pemenang Lombok Utara Provinsi NTB. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 157–162. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.566

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 

You may also start an advanced similarity search for this article.