Analisis Materi Keterampilan Menyimak Pada Video Pembelajaran Bahasa Perancis Pada Kanal YouTube “ListenEF”
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5781Keywords:
Analisis, Keterampilan Menyimak, Video Pembelajaran, Bahasa Perancis, YouTube ListenEFAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis materi keterampilan menyimak bahasa Perancis dalam video YouTube listenEF dan tingkat kesesuaiannya dengan CERCL (Acuan Kerangka Umum Bahasa-bahasa Eropa). Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui simak dan catat. Proses pencatatan dan penelitian didukung oleh instrumen berupa kartu data untuk mempermudah pengelolaan informasi. Berdasarkan hasil penelitian, dari 52 video yang tersaji, terdapat 36 video yang sesuai dengan CECRL tingkat A1 untuk materi keterampilan menyimak dalam kanal YouTube ListenEF, video-video ini didominasi dengan penggunaan bahasa yang sederhana, kosakata dasar, dan konteks kehidupan sehari-hari dan hasil analisis data menunjukkan bahwa materi keterampilan menyimak dalam kanal YouTube ListenEF pada tingkat A2 memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dan hanya ada 13 judul video yang sesuai dengan tingkat CECRL A2.
Keywords: CECRL, FLE, keterampilan menyimak, video pembelajaran, YouTube
Downloads
References
Al Adawiyah, A. (2022). Google Jamboard Alternatif Media Kreatif Untuk Pemahaman Tata Bahasa Perancis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.705
Amane, A. P. O., Kertati, I., Hastuti, D., Shodiq, L. J., & Ridho'i, M. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Persperktif bidang ilmu Sosial. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arifin, M. R. A., & Wahyuningsih, F. (2023). Kesesuaian Materi Video Animasi Youtube Learn German Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Kelas XI. LATERNE, 12(02), 162-170.
Batubara, R. E. N. (2023). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Bahasa Prancis Tingkat A1 Bidang Restoran dan Bidang Dapur di Poltekpar Lombok. Media Bina Ilmiah, 17(8), 1881-1900. https://doi.org/10.33578/mbi.v17i8.328
Batubara, R. E. N. (2024). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Prancis Tingkat A1 Bidang Restoran Dan Dapur Di Poltekpar Lombok. Media Bina Ilmiah, 18(8), 1999-2012. https://doi.org/10.33758/mbi.v18i8.738
Fernando, Z., Saputra, D. D., & Saputra, W. (2024). Mengintip Sistem Pendidikan di Negara Termaju di Dunia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 23-26. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.883
Hawsindy, C. N., Mutiarsih, Y., & Racmadhany, A. (2024). Analisis Konten Video Akun Instagram@ talkinfrench Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pelafalan Bahasa Prancis A1. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1031-1038. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.924
Idrissova, M., Smagulova, B., & Tussupbekova, M. (2015). Improving listening and speaking skills in mixed level groups (on the material of New English File). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 199, 276-284. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.517
Intan, T. (2021). Strategi pembelajar pemula bahasa prancis di perguruan tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 94-105. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.563
Lida, U. M., & Eliya, I. (2019). Peran Startup Digital †œRuangguru†Sebagai Metode Long Distance Learning dalam Pembelajaran Bahasa. Edulingua: Jurnal Linguistiks Terapan Dan Pendidikan Bahasa Inggris, 6(2). https://doi.org/10.34001/edulingua.v6i2.1150
Marice, M., Pramuniati, I., & Sitompul, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pemahaman Membaca Bahasa Prancis Setara A2 Berbasis Techno Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Media Didaktika, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.52166/didaktika.v5i1.1798
Muzaki, H., Khusna, N., Putri, E. A., Putri, R. A., Melinda, S., Kanugrahan, A. C., & Larasati, A. P. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Youtuber Eropa pada Tataran Linguistik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 1-14. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.6908
Pratama, A. B., Widayati, W., Sugianto, I., & Utami, S. (2024). Penerapan Penggunaan Bilingualisme pada Kimbab Family dalam Youtube. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan, 9(2), 373-381. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v9i2.2273
Rosyada, A., Fitroh, A., Hidayah, E., Kusumaningrum, N. L., Ramadhan, S. D., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. G. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Video Pembelajaran Pidato Bahasa Indonesia Dalam Kanal Youtube “Literasi Untuk Indonesia”. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(2), 45-63. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.398
Sari, R. R., Hardini, T. I., & Sopiawati, I. Media Teks Berjalan dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Nyaring Teks Berita Bahasa Prancis The Running Text Media in Learning French News Reading Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(3), 335-349. https://doi.org/10.17509/jpp.v24i3.77771
Sulistyowati, D. (2022). Meningkatakan Kemampuan Menyimak melalui Metode Permainan Mencari Harta Karun pada Siswa SD Negeri Sumbergandu 01 . Jurnal Dieksis ID, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.197
Syaefudin, M., Yulianto, H. J., & Handayani, S. (2024). Bule Masuk Kampung: Sosialisasi Bahasa Perancis di Temanggung. Varia Humanika, 5(2), 36-43. https://doi.org/10.15294/vh.v5i2.14265
Syah, R. C., Sunendar, D., & Sopiawati, I. (2025). Penggunaan Media Youtube pada Akun Learn French With Frenchpod101. com dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Perancis Level A1. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 11(1), 487-499. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5132
Tiara, P., Sunendar, D., & Mulyadi, Y. Analisis Materi Pembelajaran Menyimak Bahasa Perancis Tingkat A1 Delf pada Laman Website https://culturetheque. com. Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan, 8, 1-9.
Ulum, M., Hamamah, H., Rohmah, Z., Muttaqin, S., & Fadillah, A. (2024). Penggunaan Media YouTube dalam Pengajaran Berbicara kepada Level Pemula. Jurnal Hasta Wiyata, 7(2), 335-342. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2024.007.002.15
Widyastuti, W. T., & Andika, Y. (2021). Pengaruh project-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran menulis bahasa prancis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 227-236. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.169
Widyastuti, W. T., Ratna, R., & Dewi, E. R. (2023). Pengembangan Google Sites Pada Mata Kuliah Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Untuk Pembelajaran Blended Learning. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 10(2, Oktober), 97-108. https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i2,%20Oktober.1947
Wulandari, I. F., Sholeh, K., & Syaflin, S. L. (2023). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III SD Negeri 81 Palembang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5841-5853. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1342
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizqia Mishel Mediputri, Iis Sopiawati, Ariessa Rachmadhany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.