Analisis Materi Keterampilan Menyimak Pada Video Pembelajaran Bahasa Perancis Pada Kanal YouTube “ListenEF”

Authors

  • Rizqia Mishel Mediputri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iis Sopiawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ariessa Rachmadhany Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5781

Keywords:

Analisis, Keterampilan Menyimak, Video Pembelajaran, Bahasa Perancis, YouTube ListenEF

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis  materi keterampilan menyimak bahasa Perancis dalam video YouTube listenEF dan tingkat kesesuaiannya dengan CERCL (Acuan Kerangka Umum Bahasa-bahasa Eropa). Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui simak dan catat. Proses pencatatan dan penelitian didukung oleh instrumen berupa kartu data untuk mempermudah pengelolaan informasi. Berdasarkan hasil penelitian, dari 52 video yang tersaji, terdapat 36 video yang sesuai dengan CECRL tingkat A1 untuk materi keterampilan menyimak dalam kanal YouTube ListenEF, video-video ini didominasi dengan penggunaan bahasa yang sederhana, kosakata dasar, dan konteks kehidupan sehari-hari dan hasil analisis data menunjukkan bahwa materi keterampilan menyimak dalam kanal YouTube ListenEF pada tingkat A2 memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dan hanya ada 13 judul video yang sesuai dengan tingkat CECRL A2.

Keywords: CECRL, FLE, keterampilan menyimak, video pembelajaran, YouTube

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Adawiyah, A. (2022). Google Jamboard Alternatif Media Kreatif Untuk Pemahaman Tata Bahasa Perancis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.705

Amane, A. P. O., Kertati, I., Hastuti, D., Shodiq, L. J., & Ridho'i, M. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Persperktif bidang ilmu Sosial. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arifin, M. R. A., & Wahyuningsih, F. (2023). Kesesuaian Materi Video Animasi Youtube Learn German Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Kelas XI. LATERNE, 12(02), 162-170.

Batubara, R. E. N. (2023). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Bahasa Prancis Tingkat A1 Bidang Restoran dan Bidang Dapur di Poltekpar Lombok. Media Bina Ilmiah, 17(8), 1881-1900. https://doi.org/10.33578/mbi.v17i8.328

Batubara, R. E. N. (2024). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Prancis Tingkat A1 Bidang Restoran Dan Dapur Di Poltekpar Lombok. Media Bina Ilmiah, 18(8), 1999-2012. https://doi.org/10.33758/mbi.v18i8.738

Fernando, Z., Saputra, D. D., & Saputra, W. (2024). Mengintip Sistem Pendidikan di Negara Termaju di Dunia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 23-26. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.883

Hawsindy, C. N., Mutiarsih, Y., & Racmadhany, A. (2024). Analisis Konten Video Akun Instagram@ talkinfrench Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pelafalan Bahasa Prancis A1. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1031-1038. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.924

Idrissova, M., Smagulova, B., & Tussupbekova, M. (2015). Improving listening and speaking skills in mixed level groups (on the material of New English File). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 199, 276-284. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.517

Intan, T. (2021). Strategi pembelajar pemula bahasa prancis di perguruan tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 94-105. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.563

Lida, U. M., & Eliya, I. (2019). Peran Startup Digital †œRuangguru†Sebagai Metode Long Distance Learning dalam Pembelajaran Bahasa. Edulingua: Jurnal Linguistiks Terapan Dan Pendidikan Bahasa Inggris, 6(2). https://doi.org/10.34001/edulingua.v6i2.1150

Marice, M., Pramuniati, I., & Sitompul, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pemahaman Membaca Bahasa Prancis Setara A2 Berbasis Techno Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Media Didaktika, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.52166/didaktika.v5i1.1798

Muzaki, H., Khusna, N., Putri, E. A., Putri, R. A., Melinda, S., Kanugrahan, A. C., & Larasati, A. P. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Youtuber Eropa pada Tataran Linguistik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 1-14. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.6908

Pratama, A. B., Widayati, W., Sugianto, I., & Utami, S. (2024). Penerapan Penggunaan Bilingualisme pada Kimbab Family dalam Youtube. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan, 9(2), 373-381. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v9i2.2273

Rosyada, A., Fitroh, A., Hidayah, E., Kusumaningrum, N. L., Ramadhan, S. D., Utomo, A. P. Y., & Kesuma, R. G. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Video Pembelajaran Pidato Bahasa Indonesia Dalam Kanal Youtube “Literasi Untuk Indonesia”. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(2), 45-63. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.398

Sari, R. R., Hardini, T. I., & Sopiawati, I. Media Teks Berjalan dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Nyaring Teks Berita Bahasa Prancis The Running Text Media in Learning French News Reading Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(3), 335-349. https://doi.org/10.17509/jpp.v24i3.77771

Sulistyowati, D. (2022). Meningkatakan Kemampuan Menyimak melalui Metode Permainan Mencari Harta Karun pada Siswa SD Negeri Sumbergandu 01 . Jurnal Dieksis ID, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.197

Syaefudin, M., Yulianto, H. J., & Handayani, S. (2024). Bule Masuk Kampung: Sosialisasi Bahasa Perancis di Temanggung. Varia Humanika, 5(2), 36-43. https://doi.org/10.15294/vh.v5i2.14265

Syah, R. C., Sunendar, D., & Sopiawati, I. (2025). Penggunaan Media Youtube pada Akun Learn French With Frenchpod101. com dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Perancis Level A1. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 11(1), 487-499. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5132

Tiara, P., Sunendar, D., & Mulyadi, Y. Analisis Materi Pembelajaran Menyimak Bahasa Perancis Tingkat A1 Delf pada Laman Website https://culturetheque. com. Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan, 8, 1-9.

Ulum, M., Hamamah, H., Rohmah, Z., Muttaqin, S., & Fadillah, A. (2024). Penggunaan Media YouTube dalam Pengajaran Berbicara kepada Level Pemula. Jurnal Hasta Wiyata, 7(2), 335-342. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2024.007.002.15

Widyastuti, W. T., & Andika, Y. (2021). Pengaruh project-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran menulis bahasa prancis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 227-236. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.169

Widyastuti, W. T., Ratna, R., & Dewi, E. R. (2023). Pengembangan Google Sites Pada Mata Kuliah Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Untuk Pembelajaran Blended Learning. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 10(2, Oktober), 97-108. https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i2,%20Oktober.1947

Wulandari, I. F., Sholeh, K., & Syaflin, S. L. (2023). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III SD Negeri 81 Palembang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5841-5853. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1342

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Published

2025-05-31

How to Cite

Mediputri, R. M., Sopiawati, I., & Rachmadhany, A. (2025). Analisis Materi Keterampilan Menyimak Pada Video Pembelajaran Bahasa Perancis Pada Kanal YouTube “ListenEF” . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 488–500. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5781

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.