Kontribusi Artificial Intelligence dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Presentasi, dan Diskusi Siswa

Authors

  • Fitri Amaliyah Universitas Negeri Malang
  • Imam Suroso Universitas Negeri Malang
  • Jihan Jannata Abdullah Universitas Negeri Malang
  • Lu'lu'il Maknun Universitas Negeri Malang
  • Mochamad Wildan Ardiansyah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5801

Keywords:

Artificial Intelligence, Kemampuan Komunikasi, Presentasi, Diskusi Siswa

Abstract

Urgensi peningkatan keterampilan komunikasi, presentasi, dan diskusi siswa menjadi krusial dalam pendidikan abad ke-21, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Indonesia yang masih menghadapi tantangan literasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi kecerdasan buatan (AI) dalam mengembangkan keterampilan tersebut melalui pendekatan mixed-method dengan desain sequential explanatory. Tahap kuantitatif dilakukan melalui eksperimen kuasi (pretest-posttest control group), dilanjutkan tahap kualitatif berupa wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis artefak pembelajaran. Studi ini dilaksanakan selama satu semester akademik pada 480 siswa di lima sekolah di Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI meningkatkan kemampuan komunikasi sebesar 34,7%, keterampilan presentasi sebesar 41,2%, dan kualitas diskusi sebesar 37,5% dibandingkan dengan metode konvensional. Temuan ini memberikan gambaran bahwa AI mampu mempersonalisasi pembelajaran, meningkatkan kepercayaan diri siswa, dan memperkaya interaksi diskusi, meskipun tantangan seperti kesenjangan digital dan isu privasi perlu diatasi. Penelitian ini menawarkan model inovatif pembelajaran IPAS berbasis AI untuk mendorong pengembangan keterampilan abad ke-21 secara adaptif dan personal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68-82. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Asmara, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara model eliciting activities dan discovery learning. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 78-87. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5714

Celik, I., Gedrimiene, E., Siklander, S., & Muukkonen, H. (2024). The affordances of artificial intelligence-based tools for supporting 21st-century skills: A systematic review of empirical research in higher education. Australasian Journal of Educational Technology, 40(3), 19-38. https://doi.org/10.14742/ajet.9069

Chen, Z. (2023). Artificial intelligence-virtual trainer: Innovative didactics aimed at personalized training needs. Journal of the Knowledge Economy, 14(2), 2007-2025. https://doi.org/10.1007/s13132-022-00985-0

Clark, T. M. (2023). Investigating the use of an artificial intelligence chatbot with general chemistry exam questions. Journal of Chemical Education, 100(5), 1905-1916. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.3c00027

Costa, R. S., Tan, Q., Pivot, F., Zhang, X., & Wang, H. (2021). Personalized and adaptive learning: educational practice and technological impact. Texto Livre, 14(3), e33445. https://doi.org/10.35699/1983-3652.2021.33445

Darulanda, H., Padangjati, A. N., & Al-Marami, Z. (2024). Narasi Populer tentang AI dalam Pendidikan: Studi Literatur Wacana Daring. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 99–109. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.601

Fajriati, A., Wisroni, W., & Handrianto, C. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Berbasis Peserta Didik Di Era Digital. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 71-85. https://doi.org/10.52166/wp.v6i2.7890

Ferguson, R., Clow, D., Griffiths, D., & Brasher, A. (2019). Moving forward with learning analytics: Expert views. Journal of Learning Analytics, 6(3), 43-59. https://doi.org/10.18608/jla.2019.63.8

Guntur, M., Salsabilla, A., Sahronih, S., & Sholeha, H. H. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Artificial Intelligence-Slidesgo Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.37478/jpm.v6i1.4958

Kudriani, N. ., Murdana, F. ., & Muriati, L. . (2023). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(3), 129–139. https://doi.org/10.54065/jld.3.3.2023.596

Manuel, M. Y., Aini, M., & Agustina, T. P. (2025). Persepsi dan Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 47-59. https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i1.p47-59

Maola, P. S., Handak, I. S. K., & Herlambang, Y. T. (2024). Penerapan artificial intelligence dalam pendidikan di era revolusi industri 4.0. Educatio, 19(1), 61-72. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24772

Maudi, N. (2016). Implementasi model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39-43.

Nafisah, N. T., Maria, F., Amanatullah, M. R., & Sutabri, T. (2024). Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence Untuk Peningkatan Pembelajaran Pada SMA Nurul Iman Palembang Menggunakan ITIL V3. Nuansa Informatika, 18(1), 34-40. https://doi.org/10.25134/ilkom.v18i1.40

Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Bahan ajar berbasis problem based learning pada materi gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 208-218. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33333

Patiño, A. E. C., Montaño, V. M. V., Buri, P. E. C., Rojas, M. E. A., & González, A. D. R. C. (2024). The improvement of oral communicative competence in english through the artificial intelligence: Desarrollo de la competencia comunicativa oral en inglés mediada por la inteligencia artificial. LATAM Revista Latinoamericana de Ciencias Sociales y Humanidades, 5(1), 3449-3456. https://doi.org/10.56712/latam.v5i1.1850

Prasetyo, A., Hazmin, G., Muchran, M., & Nugroho, G. S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Depan Umum. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 192-198. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.51633

Prastika, N. D., Anjarwati, D., Awaliah, M. A. S., Hartandi, D., Rahmadani, A., & Erika, F. (2024). Kajian Literatur Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 6(1), 47-60. https://doi.org/10.37905/jjec.v6i1.23644

Susilawati, F. E., Yanti, R., & Erni, E. (2023). Transformasi Digital Pemerintah (Studi Kasus: Implementasi e-Government dan Hambatannya). Journal Social Society, 3(2), 80–94. https://doi.org/10.54065/jss.3.2.2023.338

Published

2025-06-01

How to Cite

Amaliyah, F. ., Suroso, I. ., Abdullah, J. J. ., Maknun, L. ., & Ardiansyah, M. W. . (2025). Kontribusi Artificial Intelligence dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Presentasi, dan Diskusi Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 511–521. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5801

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.