Manajemen Program Pembiasaan Ketarunaan dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMKN 1 Duduksampeyan

Authors

  • Henny Retnosari Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5856

Keywords:

Manajemen Program, Pembiasaan Ketarunaan, Karakter Disiplin

Abstract

Pembentukan karakter disiplin sangat penting karena disiplin tidak hanya mencakup kemampuan untuk mematuhi aturan, tetapi juga membentuk sikap tanggung jawab, keteraturan, dan ketekunan dalam menjalani setiap tugas atau tantangan. SMKN 1 Duduksampeyan melaksanakan program pembiasaan ketarunaan sebagai upaya untuk membentuk karakter disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembiasaan ketarunaan dalam upaya pembentukan karakter disiplin siswa di SMKN 1 Duduksampeyan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program pembiasaan ketarunaan dimulai dengan identifikasi masalah kedisiplinan siswa dan dilanjutkan dengan penyusunan materi dan jadwal pelaksanaan yang melibatkan berbagai pihak. Pelaksanaan program pembiasaan ketarunaan dilakukan setiap minggu dengan kegiatan seperti pelatihan baris-berbaris, wawasan kebangsaan, dan pembinaan mental, yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepemimpinan siswa. Evaluasi dilakukan secara rutin melalui rapat tim kesiswaan, pengamatan langsung, dan pengumpulan data dokumentasi, yang menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan siswa baik dalam kehadiran, kepatuhan terhadap peraturan sekolah, maupun dalam interaksi sosial siswa. Secara keseluruhan, program ketarunaan di SMKN 1 Duduksampeyan telah berhasil memberikan kontribusi positif dalam membentuk karakter disiplin siswa, yang diharapkan dapat menjadi bekal penting dalam kehidupan di sekolah maupun di dunia kerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhuda, N. S. (2020). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi dan Membentuk Karakter Siswa. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 208-219. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4655

Amelia, N., & Dafit, F. (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 142-149. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59956

Annisah, A. (2022). Peran Pendidikan Ketarunaan dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 6(1), 9-22. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i1.13251

Ayni, N., Azizah, R. N., & Pribadi, R. A. (2022). Pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan karakter disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 267-277. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.353

Balangi, S. S., Mas, S. R., & Masaong, A. K. (2023). Program Habituasi dalam Penguatan Karakter Siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 243-252. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.243-252.2023

Danti, N. R., Benty, D. D. N., & Nurabadi, A. (2019). Sistem pengasuhan dalam kurikulum khusus sebagai pembentukan karakter di SMA berbasis ketarunaan. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 232-237.

Febrian, V., & Harmanto, H. (2021). Strategi Penanaman Karakter Mandiri Dan Disiplin Melalui Metode Pembiasaan Di Smpn 3 Peterongan Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 412–426. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p412-426

Febriandari, E. I. (2018). Penerapan metode disiplin positif sebagai bentuk pembinaan pendidikan karakter disiplin anak. Karya Ilmiah Dosen, 1(1).

Kusmarni, Y. (2012). Studi kasus. UGM Jurnal Edu UGM Press, 2, 1-12.

Kusrini, E., & Hanif, M. (2024). Menguatkan Pendidikan Karakter dengan Melibatkan Kegiatan Pembiasaan dalam Program Paket C (Ketaraan SMA) di Lembaga PKBM Marsudi Karya Beji Kecamatan Kedungbanteng. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 11-19. https://doi.org/10.37985/wdd9ve37

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Nugroho, A. (2020). Penanaman karakter disiplin pada siswa sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 90-100. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2304

Nursianda, A., Fadhilah, R. A., Rais, E. H., & Fadhilah, A. D. (2025). Implementation of the P5 Program Based on Cadet Education at SMAN 14 Bandung. COMPETITIVE: Journal of Education, 4(2), 121-132. https://doi.org/10.58355/competitive.v4i2.150

Putra, A. F., & Fathoni, A. (2022). Penerapan karakter disiplin melalui pembiasaan pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6307-6312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3236

Rahayu, F. R., Ardiani, V. G., & Nurhabibah, W. (2023). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Diklat Karsa Berbasis Ketarunaan Di Smk N 1 Pangandaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 523-527. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.531

Ratnawati, R., Purwoko, L. F., Majid, A., Pekei, M., & Purwoko, B. (2024). Manajemen Program Tahfiz Dalam Pembentukan Karakter Santri: Studi Di Sekolah Menengan Pertama Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 7(2), 362-379. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v7i2.16125

Siagian, I. S., Fadhli, M., & Daulay, N. K. Manajemen Peserta Didik berbasis Ketarunaan di Madrasah Aliyah Taruna Teknik Al-Jabbar. Instructional Development Journal, 8(1), 167-180. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.36757

Subaidi, S. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Journal of Education and Teaching (JET), 4(2), 148–161. https://doi.org/10.51454/jet.v4i2.233

Tasya, H. S., Sumarno, S., & Nuruliarsih, N. (2024). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik melalui Pembiasaan Harian. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 270–279. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.488

Taufik, A., & Akip, M. (2021). Pembentukan karakter disiplin bagi siswa. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 11(2), 122-136.

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan saintifik untuk mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik, 13(2). https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307

Published

2025-06-01

How to Cite

Retnosari, H., Khamidi, A., Rifqi, A., & Purwoko, B. (2025). Manajemen Program Pembiasaan Ketarunaan dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMKN 1 Duduksampeyan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 545–555. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5856

Issue

Section

Regular Articles

Most read articles by the same author(s)