Manajemen Program Pembiasaan Ketarunaan dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMKN 1 Duduksampeyan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5856Keywords:
Manajemen Program, Pembiasaan Ketarunaan, Karakter DisiplinAbstract
Pembentukan karakter disiplin sangat penting karena disiplin tidak hanya mencakup kemampuan untuk mematuhi aturan, tetapi juga membentuk sikap tanggung jawab, keteraturan, dan ketekunan dalam menjalani setiap tugas atau tantangan. SMKN 1 Duduksampeyan melaksanakan program pembiasaan ketarunaan sebagai upaya untuk membentuk karakter disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembiasaan ketarunaan dalam upaya pembentukan karakter disiplin siswa di SMKN 1 Duduksampeyan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program pembiasaan ketarunaan dimulai dengan identifikasi masalah kedisiplinan siswa dan dilanjutkan dengan penyusunan materi dan jadwal pelaksanaan yang melibatkan berbagai pihak. Pelaksanaan program pembiasaan ketarunaan dilakukan setiap minggu dengan kegiatan seperti pelatihan baris-berbaris, wawasan kebangsaan, dan pembinaan mental, yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepemimpinan siswa. Evaluasi dilakukan secara rutin melalui rapat tim kesiswaan, pengamatan langsung, dan pengumpulan data dokumentasi, yang menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan siswa baik dalam kehadiran, kepatuhan terhadap peraturan sekolah, maupun dalam interaksi sosial siswa. Secara keseluruhan, program ketarunaan di SMKN 1 Duduksampeyan telah berhasil memberikan kontribusi positif dalam membentuk karakter disiplin siswa, yang diharapkan dapat menjadi bekal penting dalam kehidupan di sekolah maupun di dunia kerja
Downloads
References
Alhuda, N. S. (2020). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi dan Membentuk Karakter Siswa. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 208-219. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4655
Amelia, N., & Dafit, F. (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 142-149. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59956
Annisah, A. (2022). Peran Pendidikan Ketarunaan dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 6(1), 9-22. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i1.13251
Ayni, N., Azizah, R. N., & Pribadi, R. A. (2022). Pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap pembentukan karakter disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 267-277. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.353
Balangi, S. S., Mas, S. R., & Masaong, A. K. (2023). Program Habituasi dalam Penguatan Karakter Siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 243-252. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.243-252.2023
Danti, N. R., Benty, D. D. N., & Nurabadi, A. (2019). Sistem pengasuhan dalam kurikulum khusus sebagai pembentukan karakter di SMA berbasis ketarunaan. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 232-237.
Febrian, V., & Harmanto, H. (2021). Strategi Penanaman Karakter Mandiri Dan Disiplin Melalui Metode Pembiasaan Di Smpn 3 Peterongan Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 412–426. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p412-426
Febriandari, E. I. (2018). Penerapan metode disiplin positif sebagai bentuk pembinaan pendidikan karakter disiplin anak. Karya Ilmiah Dosen, 1(1).
Kusmarni, Y. (2012). Studi kasus. UGM Jurnal Edu UGM Press, 2, 1-12.
Kusrini, E., & Hanif, M. (2024). Menguatkan Pendidikan Karakter dengan Melibatkan Kegiatan Pembiasaan dalam Program Paket C (Ketaraan SMA) di Lembaga PKBM Marsudi Karya Beji Kecamatan Kedungbanteng. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 11-19. https://doi.org/10.37985/wdd9ve37
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Nugroho, A. (2020). Penanaman karakter disiplin pada siswa sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 90-100. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2304
Nursianda, A., Fadhilah, R. A., Rais, E. H., & Fadhilah, A. D. (2025). Implementation of the P5 Program Based on Cadet Education at SMAN 14 Bandung. COMPETITIVE: Journal of Education, 4(2), 121-132. https://doi.org/10.58355/competitive.v4i2.150
Putra, A. F., & Fathoni, A. (2022). Penerapan karakter disiplin melalui pembiasaan pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6307-6312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3236
Rahayu, F. R., Ardiani, V. G., & Nurhabibah, W. (2023). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Diklat Karsa Berbasis Ketarunaan Di Smk N 1 Pangandaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 523-527. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.531
Ratnawati, R., Purwoko, L. F., Majid, A., Pekei, M., & Purwoko, B. (2024). Manajemen Program Tahfiz Dalam Pembentukan Karakter Santri: Studi Di Sekolah Menengan Pertama Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 7(2), 362-379. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v7i2.16125
Siagian, I. S., Fadhli, M., & Daulay, N. K. Manajemen Peserta Didik berbasis Ketarunaan di Madrasah Aliyah Taruna Teknik Al-Jabbar. Instructional Development Journal, 8(1), 167-180. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v8i1.36757
Subaidi, S. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Journal of Education and Teaching (JET), 4(2), 148–161. https://doi.org/10.51454/jet.v4i2.233
Tasya, H. S., Sumarno, S., & Nuruliarsih, N. (2024). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik melalui Pembiasaan Harian. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 270–279. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.488
Taufik, A., & Akip, M. (2021). Pembentukan karakter disiplin bagi siswa. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 11(2), 122-136.
Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan saintifik untuk mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik, 13(2). https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Henny Retnosari, Amrozi Khamidi, Ainur Rifqi, Budi Purwoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.