Pengembangan Buku Panduan Guru Bermain Berpusat pada Anak dengan Buku Digital

Authors

  • Diana Yusuf Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Irma Yuliantina Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5864

Keywords:

Pengembangan, Buku Digital, Panduan Guru, Anak Usia Dini, ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang mampu mendukung pendekatan pembelajaran berpusat pada anak, khususnya di pendidikan anak usia dini. Di era digital, guru memerlukan panduan yang relevan dan interaktif untuk memfasilitasi proses belajar yang sesuai dengan karakteristik anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku panduan digital bagi guru dalam menerapkan pembelajaran berpusat pada anak di TK Islam Al-Fajar, yang berfokus pada anak usia 4–6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi di kelas dan wawancara dengan tiga guru, serta dilakukan validasi produk oleh dua ahli, masing-masing ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku digital yang dikembangkan mendapat penilaian sangat layak dari ahli materi dengan nilai rata-rata 3,9, sedangkan dari ahli media memperoleh nilai 2,6 yang dikategorikan layak, dengan saran untuk peningkatan aspek visual. Produk ini terbukti dapat meningkatkan efektivitas guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, memberikan ruang bagi anak untuk mengeksplorasi secara aktif melalui media digital. Penggunaan buku digital juga menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan dan interaktif. Pengembangan buku panduan digital ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pembelajaran di TK Islam Al-Fajar, tetapi juga berpotensi untuk diterapkan secara lebih luas di lembaga pendidikan anak usia dini lainnya. Penelitian ini merekomendasikan integrasi buku digital dalam kurikulum dan pelatihan guru sebagai langkah strategis untuk memperkuat implementasi pembelajaran berpusat pada anak di era digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreni, M. A. (2017). Kompetensi Guru Paud di Kelurahan Balas Klumprik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 13(23), 28-40. https://doi.org/10.36456/bp.vol13.no23.a448

Ayuni, Y. R. P., Komalasari, D., Ningrum, M. A., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan buku panduan konsep pola untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 155–172. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.155-172

Catalano, H., Albulescu, I., Stan, C., Mestic, G., & Ani-Rus, A. (2023). Child-centered approach through slow education principles: A view to child personality development in Early Childhood. Sustainability, 15(11), 8611. https://doi.org/10.3390/su15118611

Gondiawati, N., & Nurhayati, S. (2024). Child-centered learning in the home environment: Implementation and challenges. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 13–23. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.502

Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167-181.

Hilmiyah, J., Widiastuti, R. Y., Umami, Y. S., & Rosyidah, U. (2023). Analisis Ketercapaian Program Guru Penggerak PAUD dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Berpusat pada Anak. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 103-117. https://doi.org/10.37985/educative.v1i3.211

Jannah, M. (2025). Membangun Rumah Literasi di Desa: Menumbuhkan Budaya Membaca dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.558

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Luaili, N., AT, A. R., & Fiona, F. (2023). Pengembangan Buku Panduan Berbasis Flipbook Penggunaan Media Loose Parts Untuk Guru Di Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Pulau Bawean. Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 2(1), 53-65. https://doi.org/10.62005/joecie.v2i1.42

Nimah, F. (2020). Pengembangan Buku Panduan Membatik Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 123-146. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.123-146

Okayanti, N. K., Arifin, I., & Putra, Y. D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Bali Public School Denpasar Bali. Journal of Instructional and Development Researches, 3(3), 101-109. https://doi.org/10.53621/jider.v3i3.234

Oktaviana, N. E., Elan, E., & Mulyana, E. H. (2021). Dasar kebutuhan pengembangan buku panduan bermain peran untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 50-61. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39687

Oktaviani, E., & Setiyono, I. E. (2022). PESBOOK: Permainan Edukatif Smart Book sebagai Media Stimulasi Motorik Halus Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 335-342. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.387

Safitri, L., Muslim, A. H., & Hawanti, S. (2019). Pengaruh membaca 15 menit terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar. Jurnal cakrawala pendas, 5(2), 453842. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1387

Sari, A. S. (2017). Pengembangan buku digital melalui aplikasi sigil pada mata kuliah cookies dan candys. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 3(1), 46-54. https://doi.org/10.30738/jst.v3i1.1226

Sari, D. Y. (2017). Peran guru dalam menumbuhkan literasi melalui bermain pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3316

Shah, R. K. (2019). Child-Centered Education: Criticisms. Shanlax International Journal of Education, 8(1), 22-37.

Suyasa, P. W. A., & Divayana, D. G. H. (2018). Pengembangan buku digital mata kuliah asesmen dan evaluasi berbasis kvisoft flipbook maker. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14208

Vazquez-Marin, P., Cuadrado, F., & Lopez-Cobo, I. (2023). Connecting sustainable human development and positive psychology through the arts in education: a systematic review. Sustainability, 15(3), 2076. https://doi.org/10.3390/su15032076

Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Yuliani, A., Julia, J., & Nugraha, D. (2023). Pengembangan Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Materi Tata Surya Bagi Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 482-495. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.2035

Zuhri, M. S., & Chusniyah, T. (2023). Buku Digital untuk Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 95-105. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25674

Published

2025-06-01

How to Cite

Yusuf, D., & Yuliantina, I. (2025). Pengembangan Buku Panduan Guru Bermain Berpusat pada Anak dengan Buku Digital. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 605–617. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5864

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 

You may also start an advanced similarity search for this article.