Pengembangan Buku Panduan Guru Bermain Berpusat pada Anak dengan Buku Digital
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5864Keywords:
Pengembangan, Buku Digital, Panduan Guru, Anak Usia Dini, ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang mampu mendukung pendekatan pembelajaran berpusat pada anak, khususnya di pendidikan anak usia dini. Di era digital, guru memerlukan panduan yang relevan dan interaktif untuk memfasilitasi proses belajar yang sesuai dengan karakteristik anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku panduan digital bagi guru dalam menerapkan pembelajaran berpusat pada anak di TK Islam Al-Fajar, yang berfokus pada anak usia 4–6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi di kelas dan wawancara dengan tiga guru, serta dilakukan validasi produk oleh dua ahli, masing-masing ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku digital yang dikembangkan mendapat penilaian sangat layak dari ahli materi dengan nilai rata-rata 3,9, sedangkan dari ahli media memperoleh nilai 2,6 yang dikategorikan layak, dengan saran untuk peningkatan aspek visual. Produk ini terbukti dapat meningkatkan efektivitas guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, memberikan ruang bagi anak untuk mengeksplorasi secara aktif melalui media digital. Penggunaan buku digital juga menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan dan interaktif. Pengembangan buku panduan digital ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pembelajaran di TK Islam Al-Fajar, tetapi juga berpotensi untuk diterapkan secara lebih luas di lembaga pendidikan anak usia dini lainnya. Penelitian ini merekomendasikan integrasi buku digital dalam kurikulum dan pelatihan guru sebagai langkah strategis untuk memperkuat implementasi pembelajaran berpusat pada anak di era digital
Downloads
References
Anggreni, M. A. (2017). Kompetensi Guru Paud di Kelurahan Balas Klumprik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 13(23), 28-40. https://doi.org/10.36456/bp.vol13.no23.a448
Ayuni, Y. R. P., Komalasari, D., Ningrum, M. A., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan buku panduan konsep pola untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 155–172. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.155-172
Catalano, H., Albulescu, I., Stan, C., Mestic, G., & Ani-Rus, A. (2023). Child-centered approach through slow education principles: A view to child personality development in Early Childhood. Sustainability, 15(11), 8611. https://doi.org/10.3390/su15118611
Gondiawati, N., & Nurhayati, S. (2024). Child-centered learning in the home environment: Implementation and challenges. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 13–23. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.502
Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167-181.
Hilmiyah, J., Widiastuti, R. Y., Umami, Y. S., & Rosyidah, U. (2023). Analisis Ketercapaian Program Guru Penggerak PAUD dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Berpusat pada Anak. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 103-117. https://doi.org/10.37985/educative.v1i3.211
Jannah, M. (2025). Membangun Rumah Literasi di Desa: Menumbuhkan Budaya Membaca dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.558
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Luaili, N., AT, A. R., & Fiona, F. (2023). Pengembangan Buku Panduan Berbasis Flipbook Penggunaan Media Loose Parts Untuk Guru Di Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Pulau Bawean. Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 2(1), 53-65. https://doi.org/10.62005/joecie.v2i1.42
Nimah, F. (2020). Pengembangan Buku Panduan Membatik Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 123-146. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.123-146
Okayanti, N. K., Arifin, I., & Putra, Y. D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Bali Public School Denpasar Bali. Journal of Instructional and Development Researches, 3(3), 101-109. https://doi.org/10.53621/jider.v3i3.234
Oktaviana, N. E., Elan, E., & Mulyana, E. H. (2021). Dasar kebutuhan pengembangan buku panduan bermain peran untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 50-61. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39687
Oktaviani, E., & Setiyono, I. E. (2022). PESBOOK: Permainan Edukatif Smart Book sebagai Media Stimulasi Motorik Halus Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 335-342. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.387
Safitri, L., Muslim, A. H., & Hawanti, S. (2019). Pengaruh membaca 15 menit terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar. Jurnal cakrawala pendas, 5(2), 453842. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1387
Sari, A. S. (2017). Pengembangan buku digital melalui aplikasi sigil pada mata kuliah cookies dan candys. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 3(1), 46-54. https://doi.org/10.30738/jst.v3i1.1226
Sari, D. Y. (2017). Peran guru dalam menumbuhkan literasi melalui bermain pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3316
Shah, R. K. (2019). Child-Centered Education: Criticisms. Shanlax International Journal of Education, 8(1), 22-37.
Suyasa, P. W. A., & Divayana, D. G. H. (2018). Pengembangan buku digital mata kuliah asesmen dan evaluasi berbasis kvisoft flipbook maker. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14208
Vazquez-Marin, P., Cuadrado, F., & Lopez-Cobo, I. (2023). Connecting sustainable human development and positive psychology through the arts in education: a systematic review. Sustainability, 15(3), 2076. https://doi.org/10.3390/su15032076
Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Yuliani, A., Julia, J., & Nugraha, D. (2023). Pengembangan Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Materi Tata Surya Bagi Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 482-495. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.2035
Zuhri, M. S., & Chusniyah, T. (2023). Buku Digital untuk Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 95-105. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25674
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diana Yusuf, Irma Yuliantina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.