Efektivitas Peningkatan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5865Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran, Kecerdasan BuatanAbstract
Urgensi dari penelitian ini terletak pada kebutuhan mendesak untuk memahami dan mengoptimalkan penerapan kecerdasan buatan dalam pembelajaran guna menjawab tantangan transformasi pendidikan di era digital yang menuntut personalisasi, efisiensi, dan inklusivitas dalam proses belajar-mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan efektivitas peningkatan pembelajaran berbasis kecerdasan buatan. Metode penelitian studi literatur. Teknik pengumpulan data melalui buku, artikel, dan hasil penelitian yang relevan dan up-to-date dengan permasalahan penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis data reduksi, pengelolaan, pengelompokan, interpretasi, dan penarikan kesimpulan atau penataan hasil data yang diperoleh dalam penelitian. Penelitian studi literatur ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam pendidikan memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Integrasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran kolaboratif sangat efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Dapat merekomendasikan sumber belajar yang sesuai, menyesuaikan tingkat kesulitan tugas, memberikan umpan balik yang dipersonalisasi. Mampu meningkatkan motivasi belajar dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan personalisasi. Integrasi kecerdasan buatan dalam kurikulum dapat mendukung proses belajar dan mengajar. Penggunaan kecerdasan buatan telah terbukti meningkatkan aksesibilitas pendidikan, memungkinkan siswa dari berbagai latar belakang untuk belajar sesuai dengan kebutuhannya. Penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan buatan berdampak positif pada perkembangan kognitif siswa. Implikasinya termasuk perlunya dukungan berkelanjutan bagi guru, pengembangan kerangka etika untuk penggunaan kecerdasan buatan dalam pendidikan, dan kolaborasi multi-pemangku kepentingan untuk implementasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran erbasis proyek yang efektif dan bertanggung jawab
Downloads
References
Alamin, Z., & Missouri, R. (2023). Efektivitas Platform Pembelajaran Berbasis AI dalam Pengajaran Pemrograman Dasar. PENDIRI: Jurnal Riset Pendidikan, 1(1), 15-24. https://doi.org/10.63866/pendiri.v1i1.46
Ali, M. K., Ali, F. F., & Ali, R. I. (2025). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa SMA Sederajat Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Kecerdasan Buatan. Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan. https://doi.org/10.61292/cognoscere.252
Allen, G., & Chan, T. (2017). Artificial intelligence and national security (Vol. 132). Cambridge, MA: Belfer Center for Science and International Affairs.
Anh, N. T. M., Hoa, L. T. K., Thao, L. P., Nhi, D. A., Long, N. T., Truc, N. T., & Ngoc Xuan, V. (2024). The Effect of Technology Readiness on Adopting Artificial Intelligence in Accounting and Auditing in Vietnam. Journal of Risk and Financial Management, 17(1). https://doi.org/10.3390/jrfm17010027
Arnadi, A., Aslan, A., & Vandika, A. Y. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan Untuk Personalisasi Pengalaman Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4(5), 369-380.
Arop, N. T. M., & Gunardi, S. (2024). Memperkasa Model Pendidikan Asas Artificial Intelligence (AI) Berasaskan Naqli dan Aqli di Era Globalisasi: Empowering the Basic Education Model of Artificial Intelligence (AI) Based on Revelation and Reason in the Era of Globalization. Sains Insani, 9(2), 345-353. https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol9no2.635
Baskara, F. R., Winarti, E., & Prasetya, A. E. (2024). Peningkatan Efektivitas Project-Based Learning Melalui Integrasi Kecerdasan Buatan. Madaniya, 5(3), 904-918. https://doi.org/10.53696/27214834.863
Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial intelligence in education: A review. Ieee Access, 8, 75264-75278.
Egert, M., Steward, J. E., & Sundaram, C. P. (2020). Machine learning and artificial intelligence in surgical fields. Indian journal of surgical oncology, 11(4), 573-577. https://doi.org/10.1007/s13193-020-01166-8
Haenlein, M., & Kaplan, A. (2019). A brief history of artificial intelligence: On the past, present, and future of artificial intelligence. California management review, 61(4), 5-14. https://doi.org/10.1177/0008125619864925
Harnawati, H., & Hidayati, U. (2024). Persepsi mahasiswa calon guru matematika terhadap pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan dalam konteks pembelajaran. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1), 50-59. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.389
Lestari, D. A. (2024). Workshop Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelegence. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Thawalib, 3(1), 25-32. https://doi.org/10.54150/thame.v3i1.276
Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi pembelajaran berbasis artificial intelligence melalui media puzzle maker pada siswa sekolah dasar. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30-43. https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023284
Maulidin, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Adaptif Berbasis Kecerdasan Buatan (Ai) Untuk Meningkatkan Kinerja Siswa Dengan Kebutuhan Khusus Di Kelas Inklusif. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(3), 128-139. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i3.4253
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Nadimpalli, M. (2017). Artificial intelligence risks and benefits. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, 6(6).
Nainggolan, E. P. (2024). Pengaruh Kecerdasan Buatan terhadap Efektivitas Sistem Akuntansi. Balance: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 3(1), 49-54. https://doi.org/10.59086/jam.v3i1.482
Nóbrega, V., da Costa, R. L., Gonçalves, R., Dias, Á., Pereira, L., & Dorner, K. (2023). The impact of artificial intelligence in accounting: application in SMEs. International Journal of Electronic Finance, 12(2). https://doi.org/10.1504/IJEF.2023.12992
Nurhayati, N., Suliyem, M., Hanafi, I., & Susanto, T. T. D. (2024). Integrasi AI dalam collaborative learning untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Academy of Education
Rozi, M. F., Suhaimi, S., & Wahyono, S. (2024). Tantangan dan peluang dosen pendidikan agama Islam dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan di Universitas Madura. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 9(1), 59-70. http://dx.doi.org/10.28944/dirosat.v9i1.1647
Strong, A. I. (2016). Applications of artificial intelligence & associated technologies. Science [ETEBMS-2016], 5(6), 64-67.
Suharyo, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Membangun Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045. Humanika, 30(2), 208-217. https://doi.org/10.14710/humanika.v30i2.60563
Tanjung, D. F., & Suteki, M. M. (2024). Peran kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam pendidikan agama Islam. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora, 4, 21-26.
Wahyudinarti, E., Rachmatika, P. A., & Ain, R. N. (2025). Meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa dengan AI. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 488-491. https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12279
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muin Muin, Kusmaladewi Kusmaladewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.