Peran Etika dan Tanggung Jawab Guru dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di Era Pembelajaran 5.0

Authors

  • Robi’ah Robi’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Desri Ulfa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Amiddana Silfia Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Safira Aulia Putri Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Nabila Nabila Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5909

Keywords:

Peran Etika, Tanggung Jawab Guru, Kepribadian Siswa, Era Pembelajaran 5.0

Abstract

Urgensi dari penelitian ini terletak pada meningkatnya kebutuhan akan sosok guru yang mampu menyeimbangkan kecanggihan teknologi dengan pembentukan karakter siswa, di tengah maraknya tantangan etika dan degradasi moral yang muncul akibat pesatnya transformasi digital dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran etika dan tanggung jawab guru dalam membentuk kepribadian siswa di tengah transformasi digital yang semakin pesat. Melalui pendekatan tinjauan pustaka sistematis, studi ini mengkaji literatur ilmiah dari lima hingga tujuh tahun terakhir yang relevan dengan pembentukan karakter siswa oleh guru dalam konteks pembelajaran berbasis teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai teladan moral dan fasilitator dalam menerapkan nilai-nilai etika seperti kejujuran, tanggung jawab, dan integritas. Guru bertanggung jawab dalam pengembangan soft skills, etika digital, serta penciptaan lingkungan belajar yang inklusif dan kolaboratif. Kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat juga menjadi faktor kunci dalam mendukung proses pembentukan karakter siswa. Selain itu, guru dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi profesional dan adaptif terhadap perkembangan teknologi agar mampu menghadirkan pembelajaran yang bermakna dan bermoral. Peran etis dan bertanggung jawab guru menjadi fondasi penting dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berkarakter kuat dan berintegritas di era pembelajaran 5.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, F., & Ramadhan, Z. H. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Etika Dan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.23220

Alip, S., & Sahronih, S. (2023). Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 11-17. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i1.7982

Aprilia, U. N., Lestari, F. H., Sahara, L. A., & Suttrisno, S. (2025). Strategi Guru MI dalam Membentuk Etika Digital pada Peserta Didik di Era Media Sosial. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 34-46. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i2.1223

Azizah, W., & Atang, A. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Perilaku Siswa di SMA Muhammadiyah Kupang. PENSOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(2), 55-61. https://doi.org/10.59098/pensos.v1i2.1298

Firnando, H. G. (2023). Strategi Keunggulan Kepribadian Efektif Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Sebagai Fondasi Pendidikan Berkualitas. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 13-21. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.7096

Harahap, N. H., Amanda, R., Al Munawaroh, Z., & Akila, O. R. (2023). Peran Guru BK dalam Membentuk Kepribadian Siswa. Journal on Education, 6(01), 4809-4814.

Hasanah, U. U., Nursholichah, K. U., Cahyaningsih, E., Mustofa, T., & Saidah, N. (2024). Tantangan Guru dalam Menghadapi Era Society 5.0 Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8762-8770. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5110

Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Penerapan metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462-469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).

Iqbal, M., & Hamid, Z. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah untuk Pembentukan Kepribadian Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 629-634.

Iskandar, R. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Berbasis Ajaran Islam. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 257-262. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2182

Kinas, A. A., & Nilawati, F. (2024). Tantangan Guru Dalam Menghadapi Era Digital 5.0 (Studi pada SDN 5/81 Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(2), 109-117. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v14i2.7213

Manik, W., Siregar, K. N., Salsabila, Z., Maysarah, Y., Zahrah, A., & Nasution, S. A. (2024). Eksistensi Etika Profesi Keguruan Dalam Menghadapi Krisis Pendidikan Era Society 5.0. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(4), 212-220. https://doi.org/10.55606/concept.v3i4.1646

Nabila, A., Samsuri, M., & Mukhlisah, I. (2023). Peran Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Mamba'ul'Ulum, 1-11. https://doi.org/10.54090/mu.98

Nahdliyah, K. A., & Naelasari, D. (2024). Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam Dan Siswa Dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 116-125. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i2.69

Pratomo, I. F. C., Rifqia, M. W., & Sunaryati, T. (2023). Peran guru pendidikan Pancasila dan kebanggaan dalam penentuan karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 442-447. https://doi.org/10.5281/zenodo.10427156

Putri, W., Kurniawan, M. A., & Nuraini, N. (2024). Peran guru dalam membentuk karakter siswa:(Studi kasus di MI Al-Khoeriyah Bogor). Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(4), 1-14. https://doi.org/10.37329/metta.v4i4.3617

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh disiplin dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(3), 200-205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22

Santoso, R. A., & Fitriatin, N. (2024). Penerapan Kode Etik Profesi terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah 2 Surabaya di Era Digital 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4(4), 1364-1370. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.762

Saputri, R. E., Maula, N., Adawiyyah, P., & Putri, R. A. (2024). Peran Guru terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 11-11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.910

Wahidji, S., Hasan, R., Hasim, H., & Bumulo, F. (2025). Peran Filsafat Pendidikan di dalam Pembentukan Karakter Generasi Gen Z. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 628-633. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1710

Yuliani, B., Ni’amillah, I. N., Faaizah, A. N., & Maulidah, A. Y. (2024). Building Positive Relationships Between Teachers and Students in Improving a Conducive Learning Environment Al-Nawawi Ad-Dimasyqi Perspective. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 270-281.

Yulianti, K. N., Mayar, F., Eliza, D., & Livia, R. (2023). Peranan profesional guru dalam meningkatkan nilai karakter anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5597-5606.

Published

2025-06-14

How to Cite

Robi’ah, R., Ulfa, D., Silfia, A., Putri, S. A., & Nabila, N. (2025). Peran Etika dan Tanggung Jawab Guru dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di Era Pembelajaran 5.0. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 701–710. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5909

Issue

Section

Regular Articles