Peran Etika dan Tanggung Jawab Guru dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di Era Pembelajaran 5.0
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5909Keywords:
Peran Etika, Tanggung Jawab Guru, Kepribadian Siswa, Era Pembelajaran 5.0Abstract
Urgensi dari penelitian ini terletak pada meningkatnya kebutuhan akan sosok guru yang mampu menyeimbangkan kecanggihan teknologi dengan pembentukan karakter siswa, di tengah maraknya tantangan etika dan degradasi moral yang muncul akibat pesatnya transformasi digital dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran etika dan tanggung jawab guru dalam membentuk kepribadian siswa di tengah transformasi digital yang semakin pesat. Melalui pendekatan tinjauan pustaka sistematis, studi ini mengkaji literatur ilmiah dari lima hingga tujuh tahun terakhir yang relevan dengan pembentukan karakter siswa oleh guru dalam konteks pembelajaran berbasis teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai teladan moral dan fasilitator dalam menerapkan nilai-nilai etika seperti kejujuran, tanggung jawab, dan integritas. Guru bertanggung jawab dalam pengembangan soft skills, etika digital, serta penciptaan lingkungan belajar yang inklusif dan kolaboratif. Kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat juga menjadi faktor kunci dalam mendukung proses pembentukan karakter siswa. Selain itu, guru dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi profesional dan adaptif terhadap perkembangan teknologi agar mampu menghadirkan pembelajaran yang bermakna dan bermoral. Peran etis dan bertanggung jawab guru menjadi fondasi penting dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berkarakter kuat dan berintegritas di era pembelajaran 5.0.
Downloads
References
Aini, F., & Ramadhan, Z. H. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Etika Dan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.23220
Alip, S., & Sahronih, S. (2023). Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 11-17. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i1.7982
Aprilia, U. N., Lestari, F. H., Sahara, L. A., & Suttrisno, S. (2025). Strategi Guru MI dalam Membentuk Etika Digital pada Peserta Didik di Era Media Sosial. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 34-46. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i2.1223
Azizah, W., & Atang, A. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Perilaku Siswa di SMA Muhammadiyah Kupang. PENSOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(2), 55-61. https://doi.org/10.59098/pensos.v1i2.1298
Firnando, H. G. (2023). Strategi Keunggulan Kepribadian Efektif Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Sebagai Fondasi Pendidikan Berkualitas. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 13-21. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.7096
Harahap, N. H., Amanda, R., Al Munawaroh, Z., & Akila, O. R. (2023). Peran Guru BK dalam Membentuk Kepribadian Siswa. Journal on Education, 6(01), 4809-4814.
Hasanah, U. U., Nursholichah, K. U., Cahyaningsih, E., Mustofa, T., & Saidah, N. (2024). Tantangan Guru dalam Menghadapi Era Society 5.0 Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8762-8770. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5110
Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Penerapan metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462-469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129
Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).
Iqbal, M., & Hamid, Z. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah untuk Pembentukan Kepribadian Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 629-634.
Iskandar, R. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Berbasis Ajaran Islam. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 257-262. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2182
Kinas, A. A., & Nilawati, F. (2024). Tantangan Guru Dalam Menghadapi Era Digital 5.0 (Studi pada SDN 5/81 Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(2), 109-117. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v14i2.7213
Manik, W., Siregar, K. N., Salsabila, Z., Maysarah, Y., Zahrah, A., & Nasution, S. A. (2024). Eksistensi Etika Profesi Keguruan Dalam Menghadapi Krisis Pendidikan Era Society 5.0. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(4), 212-220. https://doi.org/10.55606/concept.v3i4.1646
Nabila, A., Samsuri, M., & Mukhlisah, I. (2023). Peran Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Mamba'ul'Ulum, 1-11. https://doi.org/10.54090/mu.98
Nahdliyah, K. A., & Naelasari, D. (2024). Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam Dan Siswa Dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 116-125. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i2.69
Pratomo, I. F. C., Rifqia, M. W., & Sunaryati, T. (2023). Peran guru pendidikan Pancasila dan kebanggaan dalam penentuan karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 442-447. https://doi.org/10.5281/zenodo.10427156
Putri, W., Kurniawan, M. A., & Nuraini, N. (2024). Peran guru dalam membentuk karakter siswa:(Studi kasus di MI Al-Khoeriyah Bogor). Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(4), 1-14. https://doi.org/10.37329/metta.v4i4.3617
Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh disiplin dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(3), 200-205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22
Santoso, R. A., & Fitriatin, N. (2024). Penerapan Kode Etik Profesi terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah 2 Surabaya di Era Digital 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4(4), 1364-1370. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.762
Saputri, R. E., Maula, N., Adawiyyah, P., & Putri, R. A. (2024). Peran Guru terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 11-11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.910
Wahidji, S., Hasan, R., Hasim, H., & Bumulo, F. (2025). Peran Filsafat Pendidikan di dalam Pembentukan Karakter Generasi Gen Z. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 628-633. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1710
Yuliani, B., Ni’amillah, I. N., Faaizah, A. N., & Maulidah, A. Y. (2024). Building Positive Relationships Between Teachers and Students in Improving a Conducive Learning Environment Al-Nawawi Ad-Dimasyqi Perspective. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 270-281.
Yulianti, K. N., Mayar, F., Eliza, D., & Livia, R. (2023). Peranan profesional guru dalam meningkatkan nilai karakter anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5597-5606.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Robi’ah Robi’ah, Desri Ulfa, Amiddana Silfia, Safira Aulia Putri, Nabila Nabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.