Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Mewujudkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Penerapan Budaya Mutu Sekolah (Studi Multisitus di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Kota Madiun)
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6096Keywords:
Strategi, Kemampuan, Literasi, Numerasi, Budaya Mutu Sekolah, Studi MultisitusAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya kepemimpinan sekolah dalam membangun ekosistem pembelajaran yang mendukung pencapaian target literasi dan numerasi nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui penerapan budaya mutu sekolah, serta menganalisis dampak penerapan budaya mutu terhadap peningkatan kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Kota Madiun dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan berbagai strategi berbasis budaya mutu, antara lain pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, penguatan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), serta integrasi numerasi dalam mata pelajaran melalui pendekatan kontekstual. Selain itu, kepala sekolah juga membentuk tim mutu internal yang berperan dalam monitoring dan evaluasi program literasi dan numerasi secara berkala. Dampak dari strategi dan penerapan budaya mutu tersebut terlihat dari meningkatnya minat belajar siswa, partisipasi aktif guru dalam inovasi pembelajaran, serta hasil asesmen literasi dan numerasi siswa yang mengalami peningkatan signifikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kolaborasi antara kepala sekolah, guru, dan orang tua dalam menumbuhkan budaya mutu yang berkelanjutan di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Ainun, W., & Silalahi, S. (2025). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Peningkatan Preatasi Belajar Siswa SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo Jambi. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 1-13. https://doi.org/10.53090/j.linear.v9i1.765
Akbar, K., Hamdi, H., Kamarudin, L., & Fahruddin, F. (2021). Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 167-175. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2959
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Dewi, L. R., Naamy, N., & Malik, A. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di SMPN 3 Praya dan SMPN 4 Praya Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 779-785. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1328
Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi literasi di sekolah dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.958
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Hidayah, H., Abdullah, A., & Hasyim, S. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMAN 9 Luwu melalui Modul Ajar Berbasis Budaya Luwu. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 75–88. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.522
Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan nilai profil pelajar pancasila melalui kegiatan kampus mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698-709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553
Jannah, M. (2025). Membangun Rumah Literasi di Desa: Menumbuhkan Budaya Membaca dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.558
Kudriani, N. ., Murdana, F. ., & Muriati, L. . (2023). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(3), 129–139. https://doi.org/10.54065/jld.3.3.2023.596
Kurniawan, R., & Parnawi, A. (2023). Manfaat literasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184-195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148
Kurniawansyah, E., Mustari, M., Fauzan, A., & Rizkia, Y. A. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SMPN 6 Kota Mataram. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 12(2), 59-63. https://doi.org/10.31764/civicus.v12i2.28581
Mustari, M. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Gerakan Literasi dan Numerasi. Socio Politica: Jurnal Ilmiah Jurusan Sosiologi, 12(2), 73-80.
Nisak, Q., Hariyati, N., Nursalim, M., & Khamidi, A. (2025). Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Literasi dan Numerasi Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 213-224. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23337
Nurhami, N., Muharram, N., & Susanti, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 9 Luwu melalui Pembelajaran Etno-Matematika Berbasis Augmented Reality. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 128–140. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.521
Pratama, A. (2022). Strategi pembelajaran berdiferensiasi meningkatkan kemampuan literasi membaca pemahaman siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan pendidikan karakter gemar membaca melalui program literasi di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395-407. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Rachman, A. B. R., & Nuriadin, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning dan Pendekatan TPACK. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(2), 81-93. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i2.522
Ratnaningtyas, E. M., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi penelitian kualitatif. No. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Rohim, D. C. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Ulum, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu (Studi Multikasus Di Smpn 1 Sukodono Lumajang Dan Mts. Negeri Lumajang). Sirajuddin: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 76-85. https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.613
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eryn Irsa Ningtyas, Karwanto Karwanto, Amrozi Khamidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.