Pengembangan Bahan Ajar Handout Digital Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Sejarah di SMKS Kristen Pelangi Makale
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6812Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, Handout Digital, Flip PDF Professional, Pembelajaran SejarahAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah kebutuhan akan inovasi media pembelajaran Sejarah yang mampu menjawab tantangan era digital serta meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik. Di SMKS Kristen Pelangi Makale, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada buku teks dan catatan guru sehingga kurang mendukung terciptanya suasana belajar yang interaktif dan menarik. Kondisi tersebut mendorong perlunya pengembangan bahan ajar digital yang mudah diakses, sesuai karakteristik peserta didik SMK, serta mampu menumbuhkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan, desain, serta tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar handout digital yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Richey dan Klein yang terdiri dari tiga tahap utama, yaitu perencanaan, produksi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar handout digital berbasis Flip PDF Professional dinyatakan sangat valid dan praktis. Validasi dari ahli materi memperoleh skor 88,24% (sangat valid) dan ahli media memperoleh skor 94,44% (sangat valid). Selain itu, uji kepraktisan juga memperoleh hasil yang sangat baik, yaitu 90,59% dari guru dan 87,16% dari peserta didik. Dengan demikian, handout digital yang dikembangkan tidak hanya memenuhi standar kelayakan dari aspek isi maupun media, tetapi juga dinilai praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan media digital berbasis Flip PDF Professional dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah di SMKS Kristen Pelangi Makale.
Downloads
References
Aini, E. P. (2018). Pengembangan Handout Melalui Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Pada Materi Bangun Datar Kelas Vii Smp 20 Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi, 11, 1–90.
Asiyani, Y. (2019). Pengembangan Handoutberbasis Elektronik Menggunakan Teknik Mnemonik Akrostik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Peserta Didik Kelas X Di Sma / Ma. Universitas Islam Negeri Raden Intan, 1–109.
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17
Hasanah, K. D., Wahab, D. A. S., Nawali, J., Savika, H. I., & Yaqin, M. Z. N. (2024). Peran dan Ragam Jenis Bahan Ajar (Cetak dan Non Cetak) yang Relevan dalam Pembelajaran Bahasa dan Seni Budaya di SDI Surya Buana Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 361–378. https://doi.org/10.33379/ebtida.v4i1.4478
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Handout Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V Sd Inpres Pai 2 Kota Makassar. 3(2), 91–102.
Khotimah, D. I., Andayani, S., & Sudarman, S. W. (2020). Pengembangan Handout Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.24127/emteka.v1i1.379
Khotimah, K., Hastuti, U. S., Ibrohim, & Suhadi. (2021). Developing microbiology digital handout as teaching material to improve the student’s science process skills and cognitive learning outcomes. Eurasian Journal of Educational Research, 95(95), 80–97. https://doi.org/10.14689/EJER.2021.95.5
Kurnia, I. R., Barokah, A., Edora, E., & Syafitri, I. (2024). Analisis Empat Standar Kompetensi Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 65–74. https://doi.org/10.21009/jpd.v15i1.44806
Lilis. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 156–168.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Rahman, A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Novitasari, M., Susanti, R., & Kartikawati, E. R. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Handout Digital Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Fase B Dengan Model Pembelajaran Ricosre Di Sekolah Dasar. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(2), 252–265. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22270
Putra, A. K., Soekamto, H., Masruroh, H., Handoyo, B., Huda, I. A. S., & Syaibana, P. L. D. (2022). Pelatihan Gamification Berbasis Game-Based Virtual Learning Environment Sebagai Penunjang Immersive Learning. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2075. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.12084
Roesmawati, L., Suprijono, A., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Handout Pembelajaran Berbasis Kearifan Budaya Lokal Reog pada Pembelajaran IPS untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8909–8922.
Rukmana, A. Y., Supriandi, & Wirawan, R. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Analisis Literatur Mengenai Efektivitas dan Implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460–472. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.541
Setiawan, N. (2023). Pemanfaatan Bahan Ajar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 85–104. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.223
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Susilawati (2020). Peran Bahan Ajar , Media Dan Sumber Belajar : Kunci Sukses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1–21.
Turrohmah, L. (2021). Pengembangan Handout Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Kingdom Plantae sebagai Bahan Ajar Kelas X SMA/MA.
Yulasri, R. E. (2018). Konsep Pendidikan sebagai Suatu Sistem dan Komponen Sistem Pendidikan. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3606
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sanitra Patarek, Hasni Hasni, Anna Pertiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.