Pengembangan Bahan Ajar Handout Digital Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Sejarah di SMKS Kristen Pelangi Makale

Authors

  • Sanitra Patarek Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hasni Hasni Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Anna Pertiwi Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6812

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Handout Digital, Flip PDF Professional, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah kebutuhan akan inovasi media pembelajaran Sejarah yang mampu menjawab tantangan era digital serta meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik. Di SMKS Kristen Pelangi Makale, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada buku teks dan catatan guru sehingga kurang mendukung terciptanya suasana belajar yang interaktif dan menarik. Kondisi tersebut mendorong perlunya pengembangan bahan ajar digital yang mudah diakses, sesuai karakteristik peserta didik SMK, serta mampu menumbuhkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan, desain, serta tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar handout digital yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Richey dan Klein yang terdiri dari tiga tahap utama, yaitu perencanaan, produksi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar handout digital berbasis Flip PDF Professional dinyatakan sangat valid dan praktis. Validasi dari ahli materi memperoleh skor 88,24% (sangat valid) dan ahli media memperoleh skor 94,44% (sangat valid). Selain itu, uji kepraktisan juga memperoleh hasil yang sangat baik, yaitu 90,59% dari guru dan 87,16% dari peserta didik. Dengan demikian, handout digital yang dikembangkan tidak hanya memenuhi standar kelayakan dari aspek isi maupun media, tetapi juga dinilai praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan media digital berbasis Flip PDF Professional dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah di SMKS Kristen Pelangi Makale.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, E. P. (2018). Pengembangan Handout Melalui Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Pada Materi Bangun Datar Kelas Vii Smp 20 Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi, 11, 1–90.

Asiyani, Y. (2019). Pengembangan Handoutberbasis Elektronik Menggunakan Teknik Mnemonik Akrostik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Peserta Didik Kelas X Di Sma / Ma. Universitas Islam Negeri Raden Intan, 1–109.

Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17

Hasanah, K. D., Wahab, D. A. S., Nawali, J., Savika, H. I., & Yaqin, M. Z. N. (2024). Peran dan Ragam Jenis Bahan Ajar (Cetak dan Non Cetak) yang Relevan dalam Pembelajaran Bahasa dan Seni Budaya di SDI Surya Buana Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 361–378. https://doi.org/10.33379/ebtida.v4i1.4478

Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Handout Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V Sd Inpres Pai 2 Kota Makassar. 3(2), 91–102.

Khotimah, D. I., Andayani, S., & Sudarman, S. W. (2020). Pengembangan Handout Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.24127/emteka.v1i1.379

Khotimah, K., Hastuti, U. S., Ibrohim, & Suhadi. (2021). Developing microbiology digital handout as teaching material to improve the student’s science process skills and cognitive learning outcomes. Eurasian Journal of Educational Research, 95(95), 80–97. https://doi.org/10.14689/EJER.2021.95.5

Kurnia, I. R., Barokah, A., Edora, E., & Syafitri, I. (2024). Analisis Empat Standar Kompetensi Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 65–74. https://doi.org/10.21009/jpd.v15i1.44806

Lilis. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 156–168.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Rahman, A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Novitasari, M., Susanti, R., & Kartikawati, E. R. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Handout Digital Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Fase B Dengan Model Pembelajaran Ricosre Di Sekolah Dasar. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(2), 252–265. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22270

Putra, A. K., Soekamto, H., Masruroh, H., Handoyo, B., Huda, I. A. S., & Syaibana, P. L. D. (2022). Pelatihan Gamification Berbasis Game-Based Virtual Learning Environment Sebagai Penunjang Immersive Learning. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2075. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.12084

Roesmawati, L., Suprijono, A., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Handout Pembelajaran Berbasis Kearifan Budaya Lokal Reog pada Pembelajaran IPS untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8909–8922.

Rukmana, A. Y., Supriandi, & Wirawan, R. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Analisis Literatur Mengenai Efektivitas dan Implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460–472. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.541

Setiawan, N. (2023). Pemanfaatan Bahan Ajar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 85–104. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.223

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Susilawati (2020). Peran Bahan Ajar , Media Dan Sumber Belajar : Kunci Sukses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1–21.

Turrohmah, L. (2021). Pengembangan Handout Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Kingdom Plantae sebagai Bahan Ajar Kelas X SMA/MA.

Yulasri, R. E. (2018). Konsep Pendidikan sebagai Suatu Sistem dan Komponen Sistem Pendidikan. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3606

Published

2025-09-25

How to Cite

Patarek, S., Hasni, H., & Pertiwi, A. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Handout Digital Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Sejarah di SMKS Kristen Pelangi Makale. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1552–1564. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6812

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.