Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Media Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Semarang

Authors

  • Wahyu Wiwhid Handayani Universitas Negeri Semarang
  • Kemal Budi Mulyono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6853

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Media Digital, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang masih rendah pada pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Semarang, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil pra-penelitian dengan rata-rata nilai pretest hanya 52,3 dan tingkat ketuntasan 38%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbasis media digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri atas 72 siswa kelas X IPS, dengan kelas X IPS 8 sebagai kelompok eksperimen (n = 36) yang mendapatkan pembelajaran TPS terintegrasi Google Docs dan Mentimeter, serta kelas X IPS 9 sebagai kelompok kontrol (n = 36) yang belajar dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian berpikir kritis berbasis indikator HOTS (C4–C6). Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, paired sample t-test, dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen, dengan rata-rata skor meningkat dari 45 (pretest) menjadi 80 (posttest), sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 49 menjadi 56. Uji independent sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p < 0,05) dengan effect size besar, yang menandakan bahwa penerapan TPS berbasis media digital efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi TPS dengan media digital mampu menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, kolaboratif, dan interaktif, sekaligus mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21. Implikasi praktisnya, guru dapat memanfaatkan media digital sebagai sarana kolaborasi dan interaksi dalam diskusi kelas. Penelitian lanjutan disarankan untuk melibatkan sampel lebih luas, durasi perlakuan lebih panjang, dan mengeksplorasi variabel tambahan seperti motivasi belajar, kreativitas, atau keterampilan kolaboratif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. New York: Longman.

Anshori, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 55–66. https://doi.org/10.21009/jpe.13.1.55

Chairunnisak, C. (2020). Implementasi kurikulum merdeka berbasis teknologi digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 233–245. https://doi.org/10.23887/jpi.v9i3.27700

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois.

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment.

Fanti, A., & Rombe, M. (2022). Efektivitas video animasi berbasis TPS terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 112–121. https://doi.org/10.24853/jip.19.2.112-121

Kenedi, A., Fatmawati, S., & Safitri, D. (2022). Penerapan Think Pair Share dalam pembelajaran Ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.23887/jpei.v5i1.32000

Kurniawan, R., Putra, Y., & Setiawan, A. (2024). Pengaruh gamifikasi digital dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 88–99. https://doi.org/10.21009/jtp.10.2.88

Latifah, N., & Luritawaty, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 45–54. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.23900

Putri, D., & Santosa, A. (2023). Integrasi Mentimeter dalam model pembelajaran kolaboratif. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 8(2), 134–143. https://doi.org/10.21009/jtp.v8i2.19800

Rahmawati, F. (2023). Analisis motivasi belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 199–209. https://doi.org/10.21009/jip.14.3.199

Riyan, D. (2021). Pemanfaatan Google Classroom untuk pembelajaran interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 155–165. https://doi.org/10.21009/jtp.v7i2.17890

Salisa, A., & Iskandar, D. (2025). Meta-analisis literasi digital dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(1), 55–70. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.115

Sihombing, S. A. L. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Parbuluan.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, E., Wahyuni, T., & Sari, L. (2020). Keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ekonomi. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/jipe.10.1.1

Teo, T. (2019). Students and teachers' intention to use technology: Assessing their measurement equivalence and structural invariance. Journal of Educational Computing Research, 57(1), 201-225. https://doi.org/10.1177/0735633117749430

Wahyuni, D., Prasetyo, B., & Nugroho, S. (2024). Pengembangan media berbasis augmented reality untuk meningkatkan berpikir kritis. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 12(3), 210–222. https://doi.org/10.23887/jtpi.v12i3.67890

Wulandari, I., & Pramudita, R. (2021). Integrasi teknologi dalam pembelajaran berbasis kolaborasi. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 6(1), 75–85. https://doi.org/10.21009/jitp.6.1.75

Published

2025-10-03

How to Cite

Handayani, W. W., & Mulyono, K. B. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Media Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Semarang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1617–1626. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6853

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.