Pengaruh Sistem Zonasi, Afirmasi, dan Prestasi terhadap Motivasi Belajar Kelas X SMA Negeri 8 Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6919Keywords:
Sistem Zonasi, Afirmasi, Prestasi, Motivasi BelajarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada upaya memahami secara mendalam bagaimana kebijakan penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi, afirmasi, dan prestasi yang dirancang untuk menciptakan pemerataan akses pendidikan ternyata tidak selalu berkorelasi dengan aspek psikologis siswa, khususnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem zonasi, afirmasi, dan prestasi terhadap motivasi belajar ekonomi kelas X SMA Negeri 8 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain sequintal explanatory, di mana analisis kuantitatif dilakukan pada tahap awal untuk mengidentifkasi hubungan dan pengaruh antar variabel, diikuti oleh eksplorasi kualitatif untuk memperkuat interpretasi hasil. Sampel terdiri atas 144 peserta didik yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) dari total populasi sebanyak 216 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden, dengan instrumen penelitian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya untuk memastikan kelayakan pengukuran variabel dan wawancara terstruktur. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan korelasi parsial. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh t-hitung 0,237, sedangkan t-tabel adalah 1,664 (0,237 < 1,664) dan p-value 0,814 (0,814 > 0,05). Sedangkan untuk analisis korelasi parsial nilai korelasi sebesar 0,026 dan p-value 0,814 (0,814 > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa sistem zonasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh t-hitung -0, 235, sedangkan t-tabel adalah 1,697 (-0,235 < 1,697) dan p-value 0,816 (0,816 > 0,05). Sedangkan untuk analisis korelasi parsial nilai korelasi sebesar -0,043 dan p-value 0,816 (0,816 > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa afirmasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh t-hitung -0,439, sedangkan t-tabel adalah 1,708 (-0,439 < 1,708) dan p-value 0,665 (0,665 > 0,05). Sedangkan untuk analisis korelasi parsial nilai korelasi sebesar -0,087 dan p-value 0,665 (0,665 > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa prestasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi. Temuan ini mengindikasikan bahwa jalur penerimaan tidak menjadi faktor penentu utama dalam membentuk motivasi belajar.
Downloads
References
Abdullah, M. (2022). Pengaruh Sistem Zonasi terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 11 Maros. https://doi.org/http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20920/
Adinugraha, F. (2023). Kebijakan Zonasi PPDB terhadap Penurunan Jumlah Siswa dan Kaitannya dengan Pembelajaran Biologi SMA Swasta se- Kabupaten Purworejo. Pro-Life, 10(3), 903–908. https://doi.org/10.33541/pro-life.v10i3.4850
Afi, P. (2019). Psikologi Belajar (2nd ed., Issue February). Deepublish.
Candra, E., Setiawan, D., & Ermawati, D. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 139–146. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1088
Dewi, S. S., & Fitriana, K. N. (2024). Penerapan Segitiga Strategis Sistem Zonasi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Daerah Istimewa Yogyakarta Implementation of the Strategic Triangle Zoning System for State High Schools in the Special Region of Yogyakarta. 09. https://doi.org/https://journal.student.uny.ac.id/index.php/joppar
Elvira, N., Neviyarni, & Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350–359. https://doi.org/https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.575
Kusuma, P. S. B., Siswanto, D., & Sufia, R. (2024). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi di SMP Negeri 31 Surabaya. LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.58218/literasi.v3i1.807
Nasution, F. H., Risnita, Jailani, M. S., & Junaidi, R. (2024). Kombinasi (Mixed-Methods) Dalam Praktis Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 251–256.
Nurjaningsih, S. T. (2019). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Sistem Zonasi. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 1(2), 126-138. https://doi.org/10.17509/jtkp.v1i2.32544
Pangestuti, A. (2021). Sistem Zonasi dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal READ (Research of Empowerment and Development), 2(1), 15–21. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.read.2021.2.1.4337
Prayoga, A. A. B., Ariyanto, L., & Prasetyowati, D. (2021). Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 282–290. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7644
Putra, D. B. P., & Andriani, A. (2020). Analisis Pengaruh Kebijakan Zonasi terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dengan Regresi Linear. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 197. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6009
Putri Purwati, N., Holiso, N., Indah Sukmah, N., Trihantoyo, S., & Nubhanudin, N. (2024). Implementasi kebijakan sistem zonasi PPDB di SMPN 59 surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 162–168. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.247
Sari, P. N., Hartati, S., Afrida, Y., & Sari, I. (2024). PENGARUH SISTEM ZONASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 AKABILURU. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 48-58. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.138
Saputra, H., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Satria, D., Kusasih, I. H., & Gusmaneli, G. (2025). Analisis rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia saat ini: Suatu kajian literatur. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 292-309. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3838
Sinaga, M. F., Sri Pita Locha Br Surbakti, Sinaga, Zalukhu, T. M. F., & Batubara, M. D. (2021). Analisis dan Pengambangan Sistem Penerimaan Siswa Baru Tingkat SMA Berbasis Web Dengan Metode Kualitatif. 2(9), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jst.v2i9.417
Tasya, C. H., Sangka, K. B., & Octoria, D. (2025). Pengaruh pemanfaatan artificial intelligence (AI) terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan literasi digital sebagai variabel moderating. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 13(2)(2), 153–165. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v13n2.p153-165
Usman, N., Hamid, S., & Muhammadiah, M. (2023). Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 104–111. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3840
Wahiddah, S. A. N., & Julia, J. (2022). Afirmasi positif: Booster untuk meminimalisir hambatan belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 189-199. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.50910
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khaerani Anggitasari, Cahyo Apri Setiaji, Anita Rinawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







