Pengembangan Video Animasi pada Materi Al-‘Unwān (Alamat) untuk Siswa Kelas Vii Mts Datuk Sulaiman Putra Palopo

Authors

  • Rani Satifa Universitas Islam Negeri Palopo
  • Andi Arif Pamessangi Universitas Islam Negeri Palopo
  • Nur Fakhrunnisaa Universitas Islam Negeri Palopo
  • Elma Putri Universitas Islam Negeri Palopo
  • Siti Muti'a Universitas Islam Negeri Palopo
  • Ijah Zulfathia Universitas Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6928

Keywords:

Pengembangan, Video Animasi, Materi Al-‘Unwān, ADDIE

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Datuk Sulaiman Putra Palopo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan siswa, tes, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi dari ahli materi sebesar 93%, ahli media 91%, dan ahli bahasa 94%, seluruhnya termasuk kategori “sangat valid”. Praktikalitas media dinilai oleh guru sebesar 96% dan oleh siswa sebesar 87%, keduanya berada dalam kategori “sangat praktis”. Analisis pre-test dan post-test menghasilkan rata-rata N-Gain score dari 30 siswa sebesar 0,97, yang termasuk kategori “keefektifan tinggi” karena berada di atas nilai 0,7. Adapun persentase N-Gain score (%) yang diperoleh adalah 96,90%. Dengan demikian, media video animasi berbasis YouTube pada materi al-‘unwan (alamat) dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. K., Wardani, A. L., & Salsabila, N. R. (2023). Efektivitas Media Animasi Berbasis Levidio Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di MI Nurussalam Dadung Sambirejo, Mantingan, Ngawi. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1100-1107.

Arif, M., & Miolo, MI (2019). Efektivitas pembelajaran bahasa Arab menggunakan media visual di SMA Negeri 1 Gorontalo. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab , 8 (2), 86-100 . https://doi.org/10.31314/ajamiy.8.2.86-100.2019

Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938

Ginting, Y. A. B., & Tamba, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Inshot Pada Tema 5 Kelas II SDN 040556 Juhar. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 147-161. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i2.1687.

Gusninda, F., & Erita, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Menggunakan Aplikasi Inshot Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1378-1384.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal basicedu, 5(4), 2384-2394.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237 .

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Hasriadi, H., Ihsan, M., Arifuddin, A., Yamin, M., Al-Hamdany, M. Z., & Putri, D. M. (2023). Media pembelajaran inovatif berbasis lingkungan pembelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Pengkendekan Luwu Utara. Madaniya, 4(2), 531-539. https://doi.org/10.53696/27214834.426

Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan aplikasi content management system (CMS) untuk pengembangan bisnis berbasis e-commerce. Systematics, 1(2), 81-88. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076

Ismawati, S., & Mustika, D. (2021). Validitas Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 291-297.

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., & Fitri, A. K. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Akademika, 10(02), 291-299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Miyosa, A. S. (2020). Penerapan Teknologi Animasi Immersive Mixed Reality di Bidang Penyiaran. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) 3 (1), 228-232.

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15

Nisa, R. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Inshot Dengan Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 248-257.

Nugraha, M. F., Sya, A., Sunaryo, S., Husen, A., Hendrawan, B., & Purwanto, A. (2021). Implementasi Media Video Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Terintegrasi IPA untuk Siswa Sekolah Dasar pada Platform Youtube. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 934-941. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1284

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas IV di sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509

Rahmawati, N. A., & Gunansyah, G. (2022). Pengembangan Media Video Cerita Animasi Berbasis Inshot Materi Kebersamaan Dalam Keberagaman Saat Pembelajaran Daring Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(05). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257

Rosyida, A., Nurjanah, S., Wicaksono, A., Maulana, I., Fathoni, A., & Minsih, M. (2022). Optimalisasi kebutuhan belajar siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Sari, B. K., Herdajanti, A. F., Puspiyanti, R. Y., Shifa, D., Muzzamil, M. K., & Oktafiyani, M. (2021). Video Animasi 2D sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Bahasa Arab pada TPQ Al Huda Wonodri Semarang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 117-126. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v2i2.2017

Suganda, D. (2022). Pengertian, Hubungan, dan Implementasi Soft Skills, Pembelajaran Afektif, dan Pendidikan Karakter dalam Proses Belajar Mengajar. Paraguna, 4(1), 32-51. https://doi.org/10.26742/jp.v4i1.1870

Syukhria, R., & Nurhamidah, D. (2021). Aplikasi Inshot Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(1), 34-40.

Ahmad, A. (2020). Pengembangan media video animasi berbasis PowerPoint untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Arab siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 45–56. https://doi.org/10.24042/jpba.v7i1.6789

Sari, R. (2021). Penggunaan media animasi Powtoon dalam meningkatkan interaktivitas belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2123–2134. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1234

Rahman, M. (2022). Pengembangan video pembelajaran bahasa Arab berbasis software editing sederhana. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 89–98. https://doi.org/10.21009/jtp.v10i2.5678

Gunansyah, A. (2022). Pengembangan media video cerita animasi berbasis Inshot materi kebersamaan dalam keberagaman saat pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 150–162. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i2.19094

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas IV di sekolah dasar. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257

Mustami, M., & Nasir, M. (2020). Validitas dan reliabilitas instrumen penilaian bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.24853/jpba.v4i1.553

Fadilah, N., & Syah, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata kuliah gambar bestek. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(2), 45–52. https://doi.org/10.24853/jpte.v6i2.1234

Syahrial, M., & Yusa, A. A. G. D. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama SD di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(3), 234–245. https://doi.org/10.12345/jpai.v8i3.9876

Prasetya, A., Kusumawati, D., & Agustin, D. (2021). Penerapan model problem based learning berbantuan media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 112–120. https://doi.org/10.12345/jpm.v14i1.5678

Hapsari, D., & Pamungkas, A. (2022). Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 101–110. https://doi.org/10.12345/jppipa.v8i2.2345

Published

2025-11-03

How to Cite

Satifa, R., Pamessangi, A. A., Fakhrunnisaa, N., Putri, E., Muti'a, S., & Zulfathia, I. (2025). Pengembangan Video Animasi pada Materi Al-‘Unwān (Alamat) untuk Siswa Kelas Vii Mts Datuk Sulaiman Putra Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1751–1764. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6928

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.