Pengaruh Kemandirian Belajar, Pemberian Reward, Punishment, Teman Sebaya dan Dukungan Orangtua terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening di SMK Cersa Pasaman

Authors

  • Jelvita Dini Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Fifi Yasmi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Desi Areva Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7010

Keywords:

Kemandirian Belajar, Pemberian Reward, Punishment, Teman Sebaya, Dukungan Orangtua, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami faktor-faktor yang memengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) yang menuntut kemandirian, kreativitas, serta tanggung jawab tinggi. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar -0,056 dan nilai thitung -1,066 < ttabel 1.663, 2) pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,414 dan nilai thitung 5,663 > ttabel 1.663, 3) pengaruh pemberian punishment terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,195 dan nilai thitung 2,778 > ttabel 1.663, 4) pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,230 dan nilai thitung 4,196 > ttabel 1.663, 5) pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,261 dan nilai thitung 4,924 > ttabel 1.663, 6) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,078 dan nilai thitung 2,296 > ttabel 1.663, 7) pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,393 dan nilai thitung 7,182 > ttabel 1.663, 8) pengaruh punishment terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,149 dan nilai thitung 3,182 > ttabel 1.663, 9) pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,085 dan nilai thitung 2,221 > ttabel 1.663, 10) pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,130 dan nilai thitung 3,401 > ttabel 1.663, 11) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,236 dan nilai thitung 3,342 > ttabel 1.663. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian terdiri dari 92 siswa kelas X dan XI di SMK Cersa Pasaman dengan teknik stratified random sampling. Instrumen berupa angket tertutup dan analisis data menggunakan uji jalur, uji hipotesis, serta uji t. Disimpulkan bahwa peningkatan kemandirian belajar perlu mendapat dukungan guru dan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sholihah, S. M. A., Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman (Jras), 2(2), 102-110.

Aljena, S. C., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 2(1), 127-137. Https://Doi.Org/10.35334/Judikdasborneo.V2i1.1452

Amaliati, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. In Educational Studies: Conference Series 1(2).

Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210-219. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i01.1596

Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2016). Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas Iv Sdn Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 486-491.

Devi, A., Suliyanto, J., Partiyah, P., & Rasiman, R. (2024). Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sd Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Umang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 671-680. Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V9i03.16536

Fakhruddin, U., Bahrudin, E., & Mujahidin, E. (2018). Konsep Integrasi Dalam Sistem Pembelajaran Mata Pelajaran Umum Di Pesantren. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 214-232. Https://Doi.Org/10.32832/Tadibuna.V7i2.1394

Fitri, Y. R. (2022). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme).

Hamidah, N., & Barus, M. I. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 093 Mandailing Natal. Jurnal Literasiologi, 7(3), 556600. Doi: 10.47783/Literasiologi.V7i3.316

Firdausy, Zulfa Safira, Syarif Sumantri, And Linda Zakiah. "The Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Dalam Penyelesaian Masalah Bentuk Soal Cerita Matematika." Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang 9.2 (2023): 2298-2308. Doi: Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i2.901

Rofiuddin, A. N., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Atas Setingkat. Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 3(1), 110-127. Doi: Https://Doi.Org/10.62005/Joecie.V3i1.119

Khotimah, N. V. K., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Kemandirian Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Dengan Variabel Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 9(2), 280–291. Https://Doi.Org/10.26740/Jpak.V9n2.P280-29 1

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 4(1), 134-140. Doi: Https://Doi.Org/10.54371/Jiepp.V4i1.389

Oktapiani, M., Rahmawati, Y. L., & Choli, I. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Education And Instruction (Joeai), 2(1), 39-48. Https://Doi.Org/10.31539/Joeai.V2i1.758

Kaharu, M., Hafid, R., Maruwae, A., Hasiru, R., Dama, M. N., & Tambengi, W. M. (2024). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal Of Economic And Business Education, 2(3), 488-500. Https://Doi.Org/10.37479/Jebe.V2i3.27417

Thohirah, I. S., & Sihombing, W. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Tipe Stad Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Di Mts Yaspi Labuhan Deli.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (Jbt), 3(2), 106-117.Https://Doi.Org/10.36277/Basataka.V3i2.93

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitiab. Pt Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta,Cv.

Julianto, A. F., Nurjanah, N., Chisbiyah, L. A., & Hidayati, L. (2025). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Konsentrasi Keahlian Kuliner Di Smk Negeri Kota Malang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 862–876. Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.8.2.2025.6210

Yusuf, D., & Yuliantina, I. (2025). Pengembangan Buku Panduan Guru Bermain Berpusat Pada Anak Dengan Buku Digital. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 605–617. Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.8.2.2025.5864

Published

2025-11-03

How to Cite

Dini, J., Yasmi, F., & Areva, D. (2025). Pengaruh Kemandirian Belajar, Pemberian Reward, Punishment, Teman Sebaya dan Dukungan Orangtua terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening di SMK Cersa Pasaman. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1815–1825. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7010

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.