Pengaruh Sistem Zonasi, Afirmasi, dan Prestasi terhadap Motivasi Belajar Kelas X SMA Negeri 8 Purworejo

Authors

  • Khaerani Anggitasari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Anita Rinawati Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6919

Keywords:

Sistem Zonasi, Afirmasi, Prestasi, Motivasi Belajar

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada upaya memahami secara mendalam bagaimana kebijakan penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi, afirmasi, dan prestasi yang dirancang untuk menciptakan pemerataan akses pendidikan ternyata tidak selalu berkorelasi dengan aspek psikologis siswa, khususnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem zonasi, afirmasi, dan prestasi terhadap motivasi belajar ekonomi kelas X SMA Negeri 8 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain sequintal explanatory, di mana analisis kuantitatif dilakukan pada tahap awal untuk mengidentifkasi hubungan dan pengaruh antar variabel, diikuti oleh eksplorasi kualitatif untuk memperkuat interpretasi hasil. Sampel terdiri atas 144 peserta didik yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) dari total populasi sebanyak 216 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden, dengan instrumen penelitian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya untuk memastikan kelayakan pengukuran variabel dan wawancara terstruktur. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan korelasi parsial. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh t-hitung 0,237, sedangkan t-tabel adalah 1,664 (0,237 < 1,664) dan p-value 0,814 (0,814 > 0,05). Sedangkan untuk analisis korelasi parsial nilai korelasi sebesar 0,026 dan p-value 0,814 (0,814 > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa sistem zonasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh t-hitung -0, 235, sedangkan t-tabel adalah 1,697 (-0,235 < 1,697) dan p-value 0,816 (0,816 > 0,05). Sedangkan untuk analisis korelasi parsial nilai korelasi sebesar -0,043 dan p-value 0,816 (0,816 > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa afirmasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh t-hitung -0,439, sedangkan t-tabel adalah 1,708 (-0,439 < 1,708) dan p-value 0,665 (0,665 > 0,05). Sedangkan untuk analisis korelasi parsial nilai korelasi sebesar -0,087 dan p-value 0,665 (0,665 > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa prestasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi. Temuan ini mengindikasikan bahwa jalur penerimaan tidak menjadi faktor penentu utama dalam membentuk motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2022). Pengaruh Sistem Zonasi terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 11 Maros. https://doi.org/http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20920/

Adinugraha, F. (2023). Kebijakan Zonasi PPDB terhadap Penurunan Jumlah Siswa dan Kaitannya dengan Pembelajaran Biologi SMA Swasta se- Kabupaten Purworejo. Pro-Life, 10(3), 903–908. https://doi.org/10.33541/pro-life.v10i3.4850

Afi, P. (2019). Psikologi Belajar (2nd ed., Issue February). Deepublish.

Candra, E., Setiawan, D., & Ermawati, D. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 139–146. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1088

Dewi, S. S., & Fitriana, K. N. (2024). Penerapan Segitiga Strategis Sistem Zonasi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Daerah Istimewa Yogyakarta Implementation of the Strategic Triangle Zoning System for State High Schools in the Special Region of Yogyakarta. 09. https://doi.org/https://journal.student.uny.ac.id/index.php/joppar

Elvira, N., Neviyarni, & Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350–359. https://doi.org/https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.575

Kusuma, P. S. B., Siswanto, D., & Sufia, R. (2024). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi di SMP Negeri 31 Surabaya. LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.58218/literasi.v3i1.807

Nasution, F. H., Risnita, Jailani, M. S., & Junaidi, R. (2024). Kombinasi (Mixed-Methods) Dalam Praktis Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 251–256.

Nurjaningsih, S. T. (2019). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Sistem Zonasi. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 1(2), 126-138. https://doi.org/10.17509/jtkp.v1i2.32544

Pangestuti, A. (2021). Sistem Zonasi dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal READ (Research of Empowerment and Development), 2(1), 15–21. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.read.2021.2.1.4337

Prayoga, A. A. B., Ariyanto, L., & Prasetyowati, D. (2021). Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 282–290. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7644

Putra, D. B. P., & Andriani, A. (2020). Analisis Pengaruh Kebijakan Zonasi terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dengan Regresi Linear. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 197. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6009

Putri Purwati, N., Holiso, N., Indah Sukmah, N., Trihantoyo, S., & Nubhanudin, N. (2024). Implementasi kebijakan sistem zonasi PPDB di SMPN 59 surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 162–168. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.247

Sari, P. N., Hartati, S., Afrida, Y., & Sari, I. (2024). PENGARUH SISTEM ZONASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 AKABILURU. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 48-58. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.138

Saputra, H., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Satria, D., Kusasih, I. H., & Gusmaneli, G. (2025). Analisis rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia saat ini: Suatu kajian literatur. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 292-309. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3838

Sinaga, M. F., Sri Pita Locha Br Surbakti, Sinaga, Zalukhu, T. M. F., & Batubara, M. D. (2021). Analisis dan Pengambangan Sistem Penerimaan Siswa Baru Tingkat SMA Berbasis Web Dengan Metode Kualitatif. 2(9), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jst.v2i9.417

Tasya, C. H., Sangka, K. B., & Octoria, D. (2025). Pengaruh pemanfaatan artificial intelligence (AI) terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan literasi digital sebagai variabel moderating. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 13(2)(2), 153–165. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v13n2.p153-165

Usman, N., Hamid, S., & Muhammadiah, M. (2023). Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 104–111. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3840

Wahiddah, S. A. N., & Julia, J. (2022). Afirmasi positif: Booster untuk meminimalisir hambatan belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 189-199. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.50910

Published

2025-11-03

How to Cite

Anggitasari, K., Setiaji, C. A., & Rinawati, A. (2025). Pengaruh Sistem Zonasi, Afirmasi, dan Prestasi terhadap Motivasi Belajar Kelas X SMA Negeri 8 Purworejo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1739–1750. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6919

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.