Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Tidore Kepulauan

https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1245

Authors

  • Sasmayunita Univesitas Khairun Ternate

Keywords:

Surat Resmi, Inquiri, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran guna mengatasi kesenjangan yang terjadi dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis surat resmi dengan menerapkan pendekatan atau model pembelajaran Inkuiri.Peneltianinimenggunakan metodedeskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukandenganmelihatpopulasidansampel. Penelitian ini mendapati hasil bahwa guru telah melakukan proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan materi pembelajaran menulis surat resmi dengan metode atau model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan tabel rekapitulasi hasil penilaian dalam pembelajaran menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Tidore Kepulauan dengan menggunakan 5 aspek penilaian yang telah diuraiakan di atas. Nilai yang diperoleh siswa pada tes awal (PreTest) siswa belum mencapai peningkatan nilai dalam menulis surat resmi nilai yang dicapai 52, belum mencukupi KKM sekolah, sehingga peneliti akan melakukan penelitian lanjutan untuk meningkatkan nilai yang diperoleh siswa pada tes awal (PreTest).Dari hasil tes akhir (PostTest) peneliti bisa katakan para siswa mampu menulis surat resmi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Hal ini bisa dilihat pada tabel yaitu rekapitulasi hasil penilaian, mereka bisa memperoleh nilai yang maksimal karena sebagian besar siswa mampuh mencapai (KKM) yang telah ditetapkan pada SMP Negeri 18 Tidore Kepulauan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis surat resmi dan siswa yang mencapai (KKM) berjumlah sebanyak 17 siswa sedangkan yang tidak mencapai (KKM) berjumlah sebanyak 5 siswa yang tidak tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Syamsir. 1987. Pedoman Penulisan Surat menyurat Indonesia. Padang: Angkasa Raya

Hartono. 2013. Analisis Data Statistik dan Penelitian, Yogyakarta: Pustaka.

Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Gulton, Syawal. 2014. ImlementasiKurikulim 13 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta : Kemendikbut

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Kunandar.2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Prees.

Marjo. 2005. Surat-surat Lengkap: CompleteLetters. Jakarta: Setia Kawan.

Nanik, Dkk. 2014. Korespondensi Bahasa Indonesia.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurdin, Ade. 2005. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Panji, Suhanda. 1997. Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Reinking, J. A., Hart, A.W. &Osten, R.V.D. 1988.Strategis forSuccessfulWriting. New Jessey: Prentice-Hall, Inc.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Bandung: Rajawali Pers.

Roestiyah, N.K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sadhono, Kundharu, St.Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia teori dan aplikasi. Bandung: CV.Karya Putera Darwati.

Sanjaya, Wina. Dr. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slamet, St.Y. 2009. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press

Sudarsa, dkk. 1992. Surat Menyurat dalam Bahasa indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar.Bandung : Remaja Rosda.

Suparno, Mohamad Yunus,( 1991) Materi Pokok Keterampilan Dasar Menulis; Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryanto, Agus . 2006 . Bahasa dan Sastra Indonesia .Tangerang: Erlangga

Tarigan, H. G. 2000. Teknik Menulis. Bandung: Angkasa.

Wardani. 2009 Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Universitas Terbuka

Widayanti. 2014. ImlementasiKurikulim 13 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta : Kemendikbut

Wursanto , Ig. 1991. Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zainal Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Published

2021-10-17

How to Cite

Sasmayunita. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Tidore Kepulauan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 402–410. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1245

Issue

Section

Articles

Categories