Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Tidore Kepulauan
https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1245
Keywords:
Surat Resmi, Inquiri, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran guna mengatasi kesenjangan yang terjadi dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis surat resmi dengan menerapkan pendekatan atau model pembelajaran Inkuiri.Peneltianinimenggunakan metodedeskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukandenganmelihatpopulasidansampel. Penelitian ini mendapati hasil bahwa guru telah melakukan proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan materi pembelajaran menulis surat resmi dengan metode atau model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan tabel rekapitulasi hasil penilaian dalam pembelajaran menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Tidore Kepulauan dengan menggunakan 5 aspek penilaian yang telah diuraiakan di atas. Nilai yang diperoleh siswa pada tes awal (PreTest) siswa belum mencapai peningkatan nilai dalam menulis surat resmi nilai yang dicapai 52, belum mencukupi KKM sekolah, sehingga peneliti akan melakukan penelitian lanjutan untuk meningkatkan nilai yang diperoleh siswa pada tes awal (PreTest).Dari hasil tes akhir (PostTest) peneliti bisa katakan para siswa mampu menulis surat resmi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Hal ini bisa dilihat pada tabel yaitu rekapitulasi hasil penilaian, mereka bisa memperoleh nilai yang maksimal karena sebagian besar siswa mampuh mencapai (KKM) yang telah ditetapkan pada SMP Negeri 18 Tidore Kepulauan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis surat resmi dan siswa yang mencapai (KKM) berjumlah sebanyak 17 siswa sedangkan yang tidak mencapai (KKM) berjumlah sebanyak 5 siswa yang tidak tuntas.
Downloads
References
Arifin, Syamsir. 1987. Pedoman Penulisan Surat menyurat Indonesia. Padang: Angkasa Raya
Hartono. 2013. Analisis Data Statistik dan Penelitian, Yogyakarta: Pustaka.
Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Gulton, Syawal. 2014. ImlementasiKurikulim 13 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta : Kemendikbut
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.
Kunandar.2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Prees.
Marjo. 2005. Surat-surat Lengkap: CompleteLetters. Jakarta: Setia Kawan.
Nanik, Dkk. 2014. Korespondensi Bahasa Indonesia.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurdin, Ade. 2005. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Panji, Suhanda. 1997. Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Reinking, J. A., Hart, A.W. &Osten, R.V.D. 1988.Strategis forSuccessfulWriting. New Jessey: Prentice-Hall, Inc.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Bandung: Rajawali Pers.
Roestiyah, N.K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sadhono, Kundharu, St.Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia teori dan aplikasi. Bandung: CV.Karya Putera Darwati.
Sanjaya, Wina. Dr. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slamet, St.Y. 2009. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press
Sudarsa, dkk. 1992. Surat Menyurat dalam Bahasa indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar.Bandung : Remaja Rosda.
Suparno, Mohamad Yunus,( 1991) Materi Pokok Keterampilan Dasar Menulis; Jakarta: Universitas Terbuka.
Suryanto, Agus . 2006 . Bahasa dan Sastra Indonesia .Tangerang: Erlangga
Tarigan, H. G. 2000. Teknik Menulis. Bandung: Angkasa.
Wardani. 2009 Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Universitas Terbuka
Widayanti. 2014. ImlementasiKurikulim 13 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta : Kemendikbut
Wursanto , Ig. 1991. Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zainal Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.