Pengaruh Kegiatan Literasi dalam Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate
https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.354
Keywords:
Bahasa, Literasi, MembacaAbstract
Peneltian ini mengulik seputar minat baca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate, yang dapat ditumbuhkan melalui kegiatan literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi pada SMP Negeri 2 Kota Ternate. Waktu penelitian dimulai pada tanggal 19 November sampai dengan 19 Desember 2019 dan disesuaikan dengan jadwal mata pelajaran bahasa Indonesia yang berlaku di sekolah. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa kegiatan literasi terhadap minat baca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate sangat cukup. Pengaruh kegiatan literasi terhadap minat baca siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate memiliki pengaruh sesuai dengan hasil data, menunjukan bahwa hasil tes siswa dengan interval nilai 60-69% atau sesuai pada aspek kesesuaian antara perencanaan dan peleksanaan kegiatan literasi terdapat 17 responden yang sesuai dan 10 siswa yang tidak sesuai 30-39%. Aspek kelamaan kegiatan literasi pada pengaruh kegiatan literasi terhadap minat baca atau dapat dipersentasikan menjadi 56% atau interval nilai 50-59 terdapat 15 responden yang sesuai, dan 12 responden yang tidak sesuai 44%. Aspek perkembangan hasil kemampuan membaca siswa 16 responden sesuai atau interval nilai 50-59% dan 11 responden yang tidak sesuai dengan interval nilai 40-49%. Dan aspek perencanaan ke tahap selanjutnya terdapat 15 responden yang sesuai atau interval nilai 50-59% dan 12 responden dengan kualifikasi nilai 40-49% yang tidak sesuai. Dengan demikian scara keseluruhan dari empat aspek dengan interval nilai dengan persentase dapat dikategorikan “sedang” Pencapaian tujuan pendidikan adalah keinginan semua orang baik pendidik maupun peserta didik, olehnya itu dalam pebelajaran yang perlu diperhatikan adalah selain peran guru juga peran siswa yang perlu diperhatikan, agar pencapaian tujuan pembelajaran terutama minat baca bisa dinikmati dan dipahami oleh peserta didik.
Downloads
References
Menulis. Jakarta: Bumi Aksara
Agustin, Risa. 2018. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya; Serba
Bastiano, Sudarsana Undang. 2014. Pembinaan Minat Baca. Tanggerang: Universitas Terbuka, Jurnal 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah.www.bibliotech.us/pdfs/InfoLit.pdf
Moleong, J.Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya
Nurhadi. 1989. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaa. Bandung: CV Sinar
Baru Offset
Rosidi, Ajib. 2016. Pembinaan Minat Baca Bahasa Dan Sastra. Bandung:PT Remaja Rosdakya
Hasanah, dkk.2011. Faktor Faktor Yang Menentukan Minat Baca. Bandung: Remadja Karya
Sumadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Tarigan. 1979 Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wiryodijoyo, Suwaryono. 1989. Membaca Strategi Pengantar dan Tekniknya.
Jakarta:Depdikbud.
Widodo. 2015.Kompetensi Literasi. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.