Pengaruh Kegiatan Literasi dalam Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate

https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.354

Authors

  • Sasmayunita Univesitas Khairun Ternate

Keywords:

Bahasa, Literasi, Membaca

Abstract

Peneltian ini mengulik seputar minat baca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate, yang dapat ditumbuhkan melalui kegiatan literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi pada SMP Negeri 2 Kota Ternate. Waktu penelitian dimulai pada tanggal 19 November sampai dengan 19 Desember 2019 dan disesuaikan dengan jadwal mata pelajaran bahasa Indonesia yang berlaku di sekolah. Pengambilan data dilakukan dengan cara  observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa kegiatan literasi terhadap minat baca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate sangat cukup. Pengaruh kegiatan literasi terhadap minat baca siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate memiliki pengaruh sesuai dengan hasil data, menunjukan bahwa hasil tes siswa dengan interval nilai 60-69% atau sesuai pada aspek kesesuaian antara perencanaan dan peleksanaan kegiatan literasi terdapat 17 responden yang sesuai dan 10 siswa yang tidak sesuai 30-39%. Aspek kelamaan kegiatan literasi pada pengaruh kegiatan literasi terhadap minat baca atau dapat dipersentasikan menjadi 56% atau interval nilai 50-59 terdapat 15 responden  yang sesuai, dan 12 responden yang tidak sesuai 44%. Aspek perkembangan hasil kemampuan membaca siswa 16 responden sesuai  atau interval nilai 50-59% dan 11 responden yang tidak sesuai dengan interval nilai 40-49%.  Dan aspek perencanaan ke tahap selanjutnya terdapat 15 responden yang sesuai atau interval nilai 50-59% dan 12 responden dengan kualifikasi nilai 40-49% yang tidak sesuai. Dengan demikian scara keseluruhan dari empat aspek dengan interval nilai dengan persentase dapat dikategorikan “sedang” Pencapaian tujuan pendidikan adalah keinginan semua orang baik pendidik maupun peserta didik, olehnya itu dalam pebelajaran yang perlu diperhatikan adalah selain peran guru juga peran siswa yang perlu diperhatikan, agar pencapaian tujuan pembelajaran terutama minat baca bisa dinikmati dan dipahami oleh peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus, Mulyati Tita, Yunansah Hana. 2017. Pembelajaran Literasi. Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan
Menulis. Jakarta: Bumi Aksara
Agustin, Risa. 2018. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya; Serba
Bastiano, Sudarsana Undang. 2014. Pembinaan Minat Baca. Tanggerang: Universitas Terbuka, Jurnal 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah.www.bibliotech.us/pdfs/InfoLit.pdf
Moleong, J.Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya
Nurhadi. 1989. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaa. Bandung: CV Sinar
Baru Offset
Rosidi, Ajib. 2016. Pembinaan Minat Baca Bahasa Dan Sastra. Bandung:PT Remaja Rosdakya
Hasanah, dkk.2011. Faktor Faktor Yang Menentukan Minat Baca. Bandung: Remadja Karya
Sumadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Tarigan. 1979 Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wiryodijoyo, Suwaryono. 1989. Membaca Strategi Pengantar dan Tekniknya.
Jakarta:Depdikbud.
Widodo. 2015.Kompetensi Literasi. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2020-11-23

How to Cite

Sasmayunita. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi dalam Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 577–583. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.354

Issue

Section

Articles