Pembelajaran Kolaboratif Jumping Tasks pada Materi “Macam-Macam Pekerjaan” Siswa Kelompok B1 Paud Santo Yoseph Kota Ternate

https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.376

Authors

  • Farida Samad Universitas Khairun
  • Rosita Wondal Universitas Khairun
  • Sasmayunita Universitas Khairun

Keywords:

KKolaboratif, Jumping Task

Abstract

Jumping tasks merupakan aktivitas pembelajaran dengan pemberian masalah berdasarkan tingkat kesulitanyang lebih tinggi untuk meningkatkankemampuan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran kolaboratif jumping tasks pada materi ‘Macam-macam Pekerjaan’ di kelompok B PAUD Santo Yoseph Kota Ternate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumenter.Analisis data kualitatif menggunakan model interaksi Miles and Huberman.Rata-rata hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif jumping task pada materi ‘Macam-Macam Pekerjaan’ di kelompok B1 PAUD Santo Yoseph Ternate sebesar 46,15%siswa yang dapat menyelesaikan dengan kategori berkembang sesuai harapan dan sangat baik, namun 53,85% siswa belum dapat menyelesaikan secara tuntas (masih dalam tahap mulai berkembang). Disarankan bahwa guru perlu membiasakan siswa untuk mengembangkan pola berpikir tingkat tinggi dengan memberikan tantangan (jumping task) sehingga siswa terbiasa untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan masalah yang diberikan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cerbin Bill & Kopp Bryan. 2009. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. (online: http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm
Gifford, M.C. & Arvin, A. (2009).Sharing in teams of heterogeneous, collaborative learning agents. International Journal Of Intelligent Systems. 24. hlm. 173- 200
Kirschner Femke , Fred Paas and Paul A. Kirschner1, 2011. Task Complexity As A Driver For Collaborative Learning, http:// citeseerx.ist.psu.edu/ viewdoc/download?doi=10.1.1.1027.5111&rep=rep1&type=pdf, diakses 13 juli 2019
Khotimah, R.P. & Masduki. (2016). Improving Teaching Quality and Problem Solving Ability through Contextual Teaching and Learning in Differential Equations: A Lesson Study Approach. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 1(1), 1-13. http://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu.
Lewis, Catherine. C., Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc, 2002.
Manabu Sato, .2014. Mereformasi sekolah: konsep dan praktek komunitas belajar. Tokyo: Pelita.
Masaaki, Sato (2012). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama. Edisi ke
Tiga.Pelita-JICA Tokyo
Rustaman, N.Y., dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.
Rosbiono M. .2007 Teori problem solving untuk sains direktorat jendral peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan depdiknas
Subadi, Tjipto. 2010. Lesson Study berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS

Downloads

Published

2020-11-23

How to Cite

Farida Samad, Rosita Wondal, & Sasmayunita. (2020). Pembelajaran Kolaboratif Jumping Tasks pada Materi “Macam-Macam Pekerjaan” Siswa Kelompok B1 Paud Santo Yoseph Kota Ternate . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 636–647. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.376

Issue

Section

Articles