Kemampuan Menulis Narasi melalui Model Quantum Teaching Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ponrang Kabupaten Luwu

https://doi.org/10.30605/onoma.v4i1.158

Authors

  • Nirwana Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

kemampuan menulis, pengalaman pribadi, quantum teaching.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis narasi melalui model quantum teaching Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ponrang Kabupaten Luwu. Data pretest (tes awal) diketahui bahwa tidak terdapat siswa yang memperoleh nilai lebih besar 75. Sedangkan siswa sampel yang memperoleh nilai kurang dari 75 sebanyak 20 siswa atau 100%. Hal ini menunjukkan bahwa sampel pada pretest belum memenuhi kriteria yang ditetapkan. Selanjutnya hasil pengolahan data posttest (tes akhir) setelah menggunakan model quantum teaching diperoleh data bahwa siswa sampel yang mendapatkan nilai kurang dari 75 sebanyak 3 siswa atau 15%, sedangkan siswa yang memperoleh nilai lebih dari 75 sebanyak 17 siswa atau 85%. Hasil data menunjukkan Kemampuan menulis narasi model quantum teaching mampu digunakan, karena berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dalam penelitian ini dinyatakan mampu bila tingkat kemampuan mencapai 85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvany Rufaida (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman PribadiMelalui Model Quantum Learning Pada Siswa X SMK Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Aminudin. 2000. Pengantar Apresisasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Alegsindo. Ardiana, dkk (Supyantoro dan Hartono 2003). Pengembangan Kemampuan Berbahasa (Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis). Makalah Disajikan pada Pelatihan Terintegrasi Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2003. Depdiknas. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi . Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Departeman Pendidikan Nasional: Jakarta. Djiwandono,Soenardi. M.2008.Tes Bahasa(Pegangan Bagi Pengajar Bahasa). Jakarta: PT. Indeks. Keraf,Gorys.2000.Argumentasi dan Narasi.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama Nurudin.2007. Dasar-Dasar Penulisan.Malang:Universitas Negeri Malang. Nurwahyuni.2012.Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Strategi Brainstroming pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo. Universitas Cokroaminoto Palopo. Tarigan,Henry Guntur.2003. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Nirwana. (2018). Kemampuan Menulis Narasi melalui Model Quantum Teaching Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ponrang Kabupaten Luwu . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 4(1), 32–42. https://doi.org/10.30605/onoma.v4i1.158

Issue

Section

Articles