Pengaruh Penggunaan Model Cooperatif Learning dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Palopo
https://doi.org/10.30605/onoma.v4i2.167
Keywords:
cooperatif learning motivasi; prestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model cooperatif learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP Negeri 2 Palopo. Variabel dalam penelitian ini terdiri atau dua variavel bebas yaitu model cooperatif learning dan motivasi belajar dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Sementara jumlah sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah 87 orang dari 100 populasi atau siswa SMP Negeri 2 Palopo. Penarikan sampel dilakukan secara probability sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda dengan melihat nilai uji t hitung kemudian membandingkan nilai kritik pada tabel. Analisis regresi sederhana digunakan untuk melihat pengaruh setiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil analisis data tersebut dapat diperoleh simpulan bahwa model cooperatif learning berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Palopo. Hasil uji t diperoleh t hitung ˃ t tabel yaitu 22,516 ˃ 1,99 untuk taraf signifikansi α 0,05 dan 2,64 untuk taraf signifikansi α 0,01. Model cooperatif learning dan motivasi belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Palopo.
Downloads
References
Boeree, George.C. 2008. Metode Pembelajaran dan Pengajaran: Kritik dan Sugesti terhadap Dunia Pendidikan, Pembelajaran dan Kecerdasan. Terjemahan oleh Abdul Qadir Shaleh. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Memebelajarkan. Jakarta : Rineka Cipta.
Gagne, Robert M. 1990. Buku Petunjuk Kondisi Belajar dan Membelajarkan. Terjemahan oleh Munandir dan Handy Kartawinata. Jakarta : Depdikbud.
Gredler, Margareta E.Bell. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta : PT Raja Grafindo. Hernowo. 2008. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan. Bandung : Mizan Learning Center
Ibrahim, M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Pers
Isjoni, H. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakatra : Garsindo
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nur, Muhammad. 2000. Organisasi Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya
Purwanto, Ngalim M., 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rodakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.