Pengaruh Penggunaan Model Cooperatif Learning dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Palopo

https://doi.org/10.30605/onoma.v4i2.167

Authors

  • Nirwana Universitas Cokroaminoto Palopo
  • St. Hawang Hanafie Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

cooperatif learning motivasi; prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model cooperatif learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMP Negeri 2 Palopo. Variabel dalam penelitian ini terdiri atau dua variavel bebas yaitu model cooperatif learning dan motivasi belajar dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Sementara jumlah sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah 87 orang dari 100 populasi atau siswa SMP Negeri 2 Palopo. Penarikan sampel dilakukan secara probability sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda dengan melihat nilai uji t hitung kemudian membandingkan nilai kritik pada tabel. Analisis regresi sederhana digunakan untuk melihat pengaruh setiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil analisis data tersebut dapat diperoleh simpulan bahwa model cooperatif learning berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Palopo. Hasil uji t diperoleh t hitung ˃ t tabel yaitu 22,516 ˃ 1,99 untuk taraf signifikansi α 0,05 dan 2,64 untuk taraf signifikansi α 0,01. Model cooperatif learning dan motivasi belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Palopo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta : Rineca Cipta
Boeree, George.C. 2008. Metode Pembelajaran dan Pengajaran: Kritik dan Sugesti terhadap Dunia Pendidikan, Pembelajaran dan Kecerdasan. Terjemahan oleh Abdul Qadir Shaleh. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Memebelajarkan. Jakarta : Rineka Cipta.
Gagne, Robert M. 1990. Buku Petunjuk Kondisi Belajar dan Membelajarkan. Terjemahan oleh Munandir dan Handy Kartawinata. Jakarta : Depdikbud.

Gredler, Margareta E.Bell. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta : PT Raja Grafindo. Hernowo. 2008. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan. Bandung : Mizan Learning Center

Ibrahim, M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Pers

Isjoni, H. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakatra : Garsindo

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nur, Muhammad. 2000. Organisasi Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya

Purwanto, Ngalim M., 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rodakarya

Downloads

Published

2018-11-29

How to Cite

Nirwana, & St. Hawang Hanafie. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Cooperatif Learning dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Palopo . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 4(2), 206–221. https://doi.org/10.30605/onoma.v4i2.167

Issue

Section

Articles