Penerapan Model Peta Konsep pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo

https://doi.org/10.30605/onoma.v5i1.44

Authors

  • nirwana Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Abd. Rahim Ruspa

Keywords:

Model Peta Konsep, Karangan argumentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model peta konsep pada pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII dengan jumlah 173 orang siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII C dengan jumlah 15 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara Purposive Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posstest). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo sebelum diterapkan model Peta Konsep berada pada kategori rendah dengan rentang nilai yang diperoleh yaitu (35-54), siswa yang mendapat nilai tersebut sebanyak 11 orang siswa dengan persentase 73,3%, dengan nilai rata-rata 50,06 dengan standar deviasi 9,97 dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo setelah diterapkan model Peta Konsep berada pada kategori tinggi dengan rentang nilai yang diperoleh yaitu (75-84), dan siswa yang mendapat nilai tersebut sebanyak 7 orang siswa dengaan persentase 46,7% dengan nilai rata-rata80,53 dengan standar deviasi 5,85. Siswa yang mencapai KKM 75 ke atas setelah penerapan model Peta Konsep yaitu 13 orang siswa dengan persentase 86,7%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Peta Konsep dalam menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 argumentasi terjadi peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman, 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Desi, Yusinta. 2016. Penggunaan Model Peta konsep dalam menulis karangan Pragraf Deskripsi pada Siswa Kelas X SMK Kristen Palopo. Skripsi. Universitas Cokroaminoto Palopo. Tidak diterbitkan.
Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Makassar : Universitas Negri Makassar.
Hermawati, Retno 2009. Penerapan Peta konsep peta konsep untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah. Skripsi. Universitas Cokroaminoto Palopo. Tidak diterbitkan.
Iskandarwassid, dkk. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Maulana, M. A. 2018. Keefektifan Model Think Pair pada Pembelajaran Menulis Berita. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Marlena, Novi. 2015.Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa pada Materi Peta Konsep Diri Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Skripsi.Universitas Cokroaminoto Palopo. Tidak diterbitkan.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Komputer. Yogyakarta: BPFE.
Syamsuddin, G. S. A. 2018. Keefktifan Model Snowball Trhowing pada Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tarigan, Henry Guntur. 2013. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa. Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher. Zainurrahman. 2013. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-10-04

How to Cite

nirwana, & Ruspa, A. R. (2019). Penerapan Model Peta Konsep pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 349–368. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i1.44

Issue

Section

Articles