Penerapan Model Peta Konsep pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo
https://doi.org/10.30605/onoma.v5i1.44
Keywords:
Model Peta Konsep, Karangan argumentasiAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model peta konsep pada pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII dengan jumlah 173 orang siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII C dengan jumlah 15 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara Purposive Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posstest). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo sebelum diterapkan model Peta Konsep berada pada kategori rendah dengan rentang nilai yang diperoleh yaitu (35-54), siswa yang mendapat nilai tersebut sebanyak 11 orang siswa dengan persentase 73,3%, dengan nilai rata-rata 50,06 dengan standar deviasi 9,97 dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo setelah diterapkan model Peta Konsep berada pada kategori tinggi dengan rentang nilai yang diperoleh yaitu (75-84), dan siswa yang mendapat nilai tersebut sebanyak 7 orang siswa dengaan persentase 46,7% dengan nilai rata-rata80,53 dengan standar deviasi 5,85. Siswa yang mencapai KKM 75 ke atas setelah penerapan model Peta Konsep yaitu 13 orang siswa dengan persentase 86,7%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Peta Konsep dalam menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 argumentasi terjadi peningkatan.
Downloads
References
Dalman, 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Desi, Yusinta. 2016. Penggunaan Model Peta konsep dalam menulis karangan Pragraf Deskripsi pada Siswa Kelas X SMK Kristen Palopo. Skripsi. Universitas Cokroaminoto Palopo. Tidak diterbitkan.
Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Makassar : Universitas Negri Makassar.
Hermawati, Retno 2009. Penerapan Peta konsep peta konsep untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah. Skripsi. Universitas Cokroaminoto Palopo. Tidak diterbitkan.
Iskandarwassid, dkk. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Maulana, M. A. 2018. Keefektifan Model Think Pair pada Pembelajaran Menulis Berita. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Marlena, Novi. 2015.Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa pada Materi Peta Konsep Diri Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Skripsi.Universitas Cokroaminoto Palopo. Tidak diterbitkan.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Komputer. Yogyakarta: BPFE.
Syamsuddin, G. S. A. 2018. Keefktifan Model Snowball Trhowing pada Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tarigan, Henry Guntur. 2013. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa. Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher. Zainurrahman. 2013. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.