Optimalisasi Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa di SMA 9 Wajo: Analisis Kesalahan Berbahasa

https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2808

Authors

  • Nurcaya Nurcaya Universitas Puangrimaggalatung
  • Jumadi Jumadi Universitas Puangrimaggalatung
  • Ahmad Ghazali Samad Universitas Puangrimaggalatung
  • Muhlis Muhlis Universitas Puangrimaggalatung
  • Abdul Kadir Universitas Puangrimaggalatung
  • Abdul Wahid Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

analisis kesalahan berbahasa, karya tulis ilmiah

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan dan menjelaskan: (1) kesalahan berbahasa Indonesia pada aspek morfologi, (2) kesalahan berbahasa Indonesia pada aspek sintaksis, (3) kesalahan berbahasa Indonesia pada aspek ejaan, (4) kesalahan berbahasa Indonesia pada aspek semantis, (5) faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) bentuk kesalahan dalam bidang morfologi terdiri atas lima jenis, yaitu afiks, sufiks, pemenggalan kata, kata ulang, dan kata bentukan, (2) bentuk kesalahan dalam bidang sintaksis terdiri atas tiga jenis yaitu preposisi, kata penghubung, dan kalimat tidak efektif, (3) bentuk kesalahan dalam bidang ejaan terdiri atas dua jenis yaitu tanda baca dan huruf kapital, (4) bentuk kesalahan dalam bidang semantis terdiri atas dua jenis yakni diksi dan kalimat tidak baku, dan (5) faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam karangan  siswa kelas XI SMAN 9 Wajo disebabkan oleh kurangnya pemahaman tata bahasa, ketidaktahuan kosakata, kurangnya latihan menulis, kurangnya revisi dan penyuntingan, dan pengaruh bahasa ibu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Afian, T., & Saputra, R. D. A. (2021). Inovasi fasilitas perpustakaan sekolah dasar dalam meningkatkan minat baca. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 6–12. DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4083

Akidah, I. A., & Mansyur, U. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menulis berita mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 13(1).

Akmaluddin, N. F. N. (2016). Problematika Bahasa Indonesia Kekinian: Sebuah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Ragam Tulisan. Mabasan, 10(2), 63–84. DOI: https://doi.org/10.26499/mab.v10i2.85

Anggayana, I. W. A., & Sari, N. L. K. J. P. (2017). Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Akomodasi Perhotelan: sebuah Kajian Fonologi. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 1(1), 8–14. DOI: https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v1i1.27

Ayudia, A., Suryanto, E., & Waluyo, B. (2017). Analisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia dalam laporan hasil observasi pada siswa smp. Basastra, 4(1), 34–49.

Bawamenewi, A. (2018). Kemampuan menulis puisi bebas dengan menerapkan metode inkuiri terhadap siswa smp negeri 3 Gunungsitoli. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2), 333–338. DOI: https://doi.org/10.32696/ojs.v3i2.180

Budiawan, R. Y. S., & Rukayati, R. (2018). Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 88–97. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428

Devianty, R. (2018). Penyimpangan Dalam Berbahasa Indonesia. Raudhah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Firmansyah, M. A. (2021). Interferensi dan Integrasi Bahasa. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 8(1), 46–59. DOI: https://doi.org/10.26740/paramasastra.v8n1.p46-59

Firstantin, T. A. R. G. (2019). Analisis Kefasihan Pembelajar Bahasa Korea dalam Membaca Teks Berbahasa Korea. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 2(2), 111–132. DOI: https://doi.org/10.22146/jla.46645

Hermawan, I. (2019). Teknik menulis karya ilmiah berbasis aplikasi dan metodologi. Hidayatul Quran.

Khotimah, H., & Suryandari, K. C. (2016). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Panjer. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Kiuk, Y., Suputra, I. G. W., & Adnyani, L. D. S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menulis melalui strategi please. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10–17. DOI: https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39207

Mahamod, Z., & Embi, M. A. (2005). Penggunaan strategi pembelajaran bahasa untuk menguasai kemahiran membaca. Sains Humanika, 42(1).

Mantasiah, R. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). Deepublish.

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. Ac. Id Hal, 1.

Nisa, K., & Suyitno, I. (2017). Kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam teks terjemahan mahasiswa. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.17977/um007v1i12017p001

Oktaviani, A., & Yakub Nasucha, M. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Kosakata pada Karangan Deskripsi Siswa yang Berlatarbelakang Bahasa Belitung Kelas X MA Muhammadiyah Gantung Belitung Timur. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pebriana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas Iii Sdn Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Sejati, A. E., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 80–86.

Silaban, R. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Sederhana Melalui Metode Latihan Siswa Kelas I Sd Negeri 014 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 16–24. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4365

Suhartina, S. (2021). 2021 Kesalahan Berbahasa. Nusantara Press.

Suryaningsi, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs DDI Walimpong Kabupaten Soppeng. FBS. DOI: https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5227

Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara. Rajawali Pers.

Susilowati, D. (2017). Aktualisasi Interferensi Bahasa Daerah Dalam Bertutur Kata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(02). DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v1i02.149

Susini, M. (2020). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 37–48. DOI: https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2732.37-48

Sutopo, H. B. (2006). Penelitian kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 189–203. DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.010203

Published

2023-11-06

How to Cite

Nurcaya, N., Jumadi, J., Ahmad Ghazali Samad, Muhlis, M., Abdul Kadir, & Abdul Wahid. (2023). Optimalisasi Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa di SMA 9 Wajo: Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1583–1600. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2808

Issue

Section

Articles

Categories