Optimalisasi Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa di SMA 9 Wajo: Analisis Kesalahan Berbahasa
https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2808
Keywords:
analisis kesalahan berbahasa, karya tulis ilmiahAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan dan menjelaskan: (1) kesalahan berbahasa Indonesia pada aspek morfologi, (2) kesalahan berbahasa Indonesia pada aspek sintaksis, (3) kesalahan berbahasa Indonesia pada aspek ejaan, (4) kesalahan berbahasa Indonesia pada aspek semantis, (5) faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) bentuk kesalahan dalam bidang morfologi terdiri atas lima jenis, yaitu afiks, sufiks, pemenggalan kata, kata ulang, dan kata bentukan, (2) bentuk kesalahan dalam bidang sintaksis terdiri atas tiga jenis yaitu preposisi, kata penghubung, dan kalimat tidak efektif, (3) bentuk kesalahan dalam bidang ejaan terdiri atas dua jenis yaitu tanda baca dan huruf kapital, (4) bentuk kesalahan dalam bidang semantis terdiri atas dua jenis yakni diksi dan kalimat tidak baku, dan (5) faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas XI SMAN 9 Wajo disebabkan oleh kurangnya pemahaman tata bahasa, ketidaktahuan kosakata, kurangnya latihan menulis, kurangnya revisi dan penyuntingan, dan pengaruh bahasa ibu.
Downloads
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Afian, T., & Saputra, R. D. A. (2021). Inovasi fasilitas perpustakaan sekolah dasar dalam meningkatkan minat baca. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 6–12. DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4083
Akidah, I. A., & Mansyur, U. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menulis berita mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 13(1).
Akmaluddin, N. F. N. (2016). Problematika Bahasa Indonesia Kekinian: Sebuah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Ragam Tulisan. Mabasan, 10(2), 63–84. DOI: https://doi.org/10.26499/mab.v10i2.85
Anggayana, I. W. A., & Sari, N. L. K. J. P. (2017). Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Akomodasi Perhotelan: sebuah Kajian Fonologi. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 1(1), 8–14. DOI: https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v1i1.27
Ayudia, A., Suryanto, E., & Waluyo, B. (2017). Analisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia dalam laporan hasil observasi pada siswa smp. Basastra, 4(1), 34–49.
Bawamenewi, A. (2018). Kemampuan menulis puisi bebas dengan menerapkan metode inkuiri terhadap siswa smp negeri 3 Gunungsitoli. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2), 333–338. DOI: https://doi.org/10.32696/ojs.v3i2.180
Budiawan, R. Y. S., & Rukayati, R. (2018). Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 88–97. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428
Devianty, R. (2018). Penyimpangan Dalam Berbahasa Indonesia. Raudhah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Firmansyah, M. A. (2021). Interferensi dan Integrasi Bahasa. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 8(1), 46–59. DOI: https://doi.org/10.26740/paramasastra.v8n1.p46-59
Firstantin, T. A. R. G. (2019). Analisis Kefasihan Pembelajar Bahasa Korea dalam Membaca Teks Berbahasa Korea. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 2(2), 111–132. DOI: https://doi.org/10.22146/jla.46645
Hermawan, I. (2019). Teknik menulis karya ilmiah berbasis aplikasi dan metodologi. Hidayatul Quran.
Khotimah, H., & Suryandari, K. C. (2016). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Panjer. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Kiuk, Y., Suputra, I. G. W., & Adnyani, L. D. S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menulis melalui strategi please. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10–17. DOI: https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39207
Mahamod, Z., & Embi, M. A. (2005). Penggunaan strategi pembelajaran bahasa untuk menguasai kemahiran membaca. Sains Humanika, 42(1).
Mantasiah, R. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). Deepublish.
Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. Ac. Id Hal, 1.
Nisa, K., & Suyitno, I. (2017). Kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam teks terjemahan mahasiswa. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.17977/um007v1i12017p001
Oktaviani, A., & Yakub Nasucha, M. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Kosakata pada Karangan Deskripsi Siswa yang Berlatarbelakang Bahasa Belitung Kelas X MA Muhammadiyah Gantung Belitung Timur. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pebriana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas Iii Sdn Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Sejati, A. E., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 80–86.
Silaban, R. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Sederhana Melalui Metode Latihan Siswa Kelas I Sd Negeri 014 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 16–24. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4365
Suhartina, S. (2021). 2021 Kesalahan Berbahasa. Nusantara Press.
Suryaningsi, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs DDI Walimpong Kabupaten Soppeng. FBS. DOI: https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5227
Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara. Rajawali Pers.
Susilowati, D. (2017). Aktualisasi Interferensi Bahasa Daerah Dalam Bertutur Kata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(02). DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v1i02.149
Susini, M. (2020). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 37–48. DOI: https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2732.37-48
Sutopo, H. B. (2006). Penelitian kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 189–203. DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.010203
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.