Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) pada Pembelajaran Menulis Teks Laporan Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 39 Bulukumba
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3493
Keywords:
Tutor Sebaya, Teks Laporan ObservasiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan efektivitas model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer tutoring) dalam pembelajaran menulis teks laporan observasi siswa Kelas VIII SMP 39 Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Variabel yang diselidiki ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer tutoring) sebagai variabel bebas sedangkan menulis teks laporan observasi siswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan desain The One Shot Case Study, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding (kontrol) dan juga tanpa tes awal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Bulukumba tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc SMP Negeri 39 Bulukumba yang berjumlah 37 siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Merujuk pada hasil penelitian ditemukan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa menulis teks laporan observasi sebesar 75,43 dikonversi ke dalam lima kategori, maka siswa Kelas VIIIc SMP Negeri 39 Kabupaten Bulukumba setelah menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) berada dalam kategori sedang. Analisis data hasil belajar menulis teks laporan observasi siswa menunjukkan bahwa 89,18% siswa mencapai ketuntasan individu (skor minimal 65), sedangkan siswa yang tidak mencapai ketuntasan minimal atau individu sebanyak 10,81%. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dapat membantu siswa untuk mencapai ketuntasan klasikal. Dengan indikator ketuntasan hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis teks laporan observasi siswa Kelas VIIIc SMP Negeri 39 Kabupaten Bulukumba setelah diterapkan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) telah memenuhi indikator ketuntasan hasil belajar secara klasikal.
Downloads
References
Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka.
Kartini, Kartono. (2009). Patologi Sosial, Jilid 1. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Novalia, Ananda Reski., Muhammad Saleh., & Azis. (2022). Keefektifan Metode Pembelajaran Peer Tutoring terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Gowa. Journal of Social Sciences and Humanities, 2(2), 169—179.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperatif Learning teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Warni, Lisma. (2022). Impelemntasi Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. UIN FAS Bengkulu.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.