Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) pada Pembelajaran Menulis Teks Laporan Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 39 Bulukumba

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3493

Authors

  • Wahyu Ningsih Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurcaya Nurcaya Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Tutor Sebaya, Teks Laporan Observasi

Abstract

Penelitian   ini   dilakukan untuk membuktikan efektivitas model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer tutoring) dalam pembelajaran menulis teks laporan observasi siswa Kelas VIII SMP 39 Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Variabel yang diselidiki ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer tutoring) sebagai variabel bebas sedangkan menulis teks laporan observasi siswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan desain The One Shot Case Study, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding (kontrol)  dan juga tanpa tes awal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Bulukumba tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc SMP Negeri 39 Bulukumba yang berjumlah 37 siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Merujuk pada hasil penelitian ditemukan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa menulis teks laporan observasi sebesar 75,43 dikonversi ke dalam lima kategori, maka siswa Kelas VIIIc SMP Negeri 39 Kabupaten Bulukumba setelah menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) berada dalam kategori sedang. Analisis data hasil belajar menulis teks laporan observasi siswa menunjukkan bahwa 89,18% siswa mencapai ketuntasan individu (skor minimal 65), sedangkan siswa yang tidak mencapai ketuntasan minimal atau individu sebanyak 10,81%. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dapat membantu siswa untuk mencapai ketuntasan klasikal. Dengan indikator ketuntasan hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis teks laporan observasi siswa Kelas VIIIc SMP Negeri 39 Kabupaten Bulukumba setelah diterapkan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) telah memenuhi indikator ketuntasan hasil belajar secara klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka.
Kartini, Kartono. (2009). Patologi Sosial, Jilid 1. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Novalia, Ananda Reski., Muhammad Saleh., & Azis. (2022). Keefektifan Metode Pembelajaran Peer Tutoring terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Gowa. Journal of Social Sciences and Humanities, 2(2), 169—179.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperatif Learning teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Warni, Lisma. (2022). Impelemntasi Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. UIN FAS Bengkulu.

Published

2024-05-09

How to Cite

Wahyu Ningsih, & Nurcaya, N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) pada Pembelajaran Menulis Teks Laporan Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 39 Bulukumba. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2051–2061. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3493

Issue

Section

Articles

Categories