Berpikir Kritis dalam Skripsi Mahasiswa

https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.572

Authors

  • Nurcaya Nurcaya Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

berpikir kritis, skripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan berpikir kritis dalam skripsi mahasiswa berdasarkan aspek interpretasi, analisis, dan inferensi. Berpikir kritis dipilih sebagai topik penelitian ini karena dianggap penting dalam penulisan skripsi agar siswa tidak hanya sekadar memahami, tetapi juga ikut menyumbangkan gagasannya untuk memberikan solusi dalam mengatasi sebuah permasalahan. Teks editorial dipilih karena saat menulis teks editorial dibutuhkan daya pikir yang kritis dan kreatif untuk menyampaikan pendapat atau argumen penulis tentang permasalahan yang aktual kepada pembaca. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi dokumen. Data penelitian ini berupa paparan verbal tulis yang megandung aspek interpretasi, analisis, dan inferensi. Sumber data penelitian ini yaitu skripsi mahasiswa STKIP Prima Sengkang. Prosedur pengumpulan data penelitian ini menggunakan studi dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi data yang layak diteliti, merekam data ke dalam tabel penyajian data, dan memberikan kode pada masing-masing data. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu intrumen tambahan berupa panduan analisis data. Kegiatan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pada aspek interpretasi ditemukan beberapa judul yang memiliki kemiripan, hanya yang membedakan waktu dan tempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashman, A. F. & Conway, R. N. F. 2002. An Introduction to Cognitive Education: Theory and Applications. London: Taylor & Francis e-Library
Baihaqi. MIF. 2014. Pengantar Psikologi Kognitif. PT. Refika Aditama: Bandung.
Bastuq, dkk. 2017. A phenomenological research study on writer’s block: causes, processes, and results. Emerald Publishing Limited, 59(6), 605-618.
In’am, A. 2014. The Implementation of the Polya Method in Solving Euclidean Geometry Problems. International Education Studies, 7(7), 149-158
Imam, S. 1988. Retorika dalam Menulis. P2LPTK: Jakarta.
Karatas, 2013. The Effect of Learning Environments Based on Problem Solving on Students Achievements of Problem Solving. International Electronic Journal of Elementary Education, 5(3), 249-268.
Kuswana, W.S. 2014. Taksonomi Kognitif. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Marzano, R.J.& Pickering, D.J. 1997. Dimensions Of Learning. MREL: United States of America.
Molan, B. 2012. Logika (Ilmu dan Seni Berpikir Kritis). PT. Indeks: Jakarta.
Nurhadi. 2017. Handbook of Writing. Bumi Aksara: Jakarta.
Santrock, JW. 2017. Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika: Jakarta Selatan.
Subekti, S. 2018. Mencetak Generasi Cerdas melalui Berpikir Kritis. CV. Cipta Media Edukasi: Surabaya.
Sultan, N. 2013. Can academia help improve the writing skills of tomorrow’s professionals. INDUSTRY & HIGHER EDUCATION,27(2), 139–147.
Rani,Abdul, dkk. 2010. Analisis Wacana; Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayu Media Publishing.
Zetriuslita, A. R., & Nufus, H. 2016. Students Critical Thinking Ability: Description Based on Academic Level and Gender. Journal of Education and Practice, 7(12), 154–164.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Nurcaya, N. (2021). Berpikir Kritis dalam Skripsi Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 106–111. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.572

Issue

Section

Articles