Analisis Wacana Kritis pada Pidato Presiden Tahun 2022: Model Norman Fairclough

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3163

Authors

  • Hajrah Harun Universitas Negeri Makassar
  • Anisa Maulidiah Alam Universitas Negeri Makassar
  • Jufri Jufri Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Bahasa, struktur sosial, pidato

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara bahasa dan struktur sosial dalam teks pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tahun 2022. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan perspektif Analisis Wacana Kritis (AWK) atau Critical Discourse Analysis (CDA) yang diperkenalkan oleh Norman Fairclough. Hasil kajian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang timbal balik antara bahasa dengan pencitraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan para audiens dengan memanfaatkan berbagai strategi bahasa tertentu seperti struktur, tata bahasa, koherensi dan konjungsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dardjowidjojo, Soenjono, 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor.

Eriyanto. 2003. Analisis Wacana “Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Fowler, Roger, Bob Hodge, Gunther Kress, & Tony Trew. 2019. Language and Control. London: Routledge Library Edition. DOI: https://doi.org/10.4324/9780429436215

Jubaedah, Siti, Hendra Setiawan, dan Ferina Meliasanti. 2021. Analisis Kalimat Imperatif pada Pidato Nadiem Makarim Rekomendasi sebagai Bahan Ajar Teks Pidato Persuasif. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6: 3808-3815. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1246

Jufri. 2006. Struktur Wacana dalam Lontara La Galigo. PhD diss., Universitas Negeri Malang.

Maulina, Yeni. "Penggunaan Konjungsi dalam Wacana Pembelajaran Literasi." Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra 9, no. 2 (2018): 191-202. DOI: https://doi.org/10.31503/madah.v9i2.765

Nursiyamsih, Dwi, dan Yakub Nasucha. 2013. Analisis Keterangan Aspek pada Cerpen Surat Kabar Solopos Edisi Desember 2012 (Tinjauan Sintaksis)." PhD diss., Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rifiwanti, Intan, Etin Pujihastuti, dan Lalita Melasarianti. 2020. Modalitas Dalam Tajuk Rencana Kompas Edisi Oktober 2018. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1, no. 1: 24-36. DOI: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4332

Simanihuruk, Bertova. "Analisis Wacana Kritis Pidato Nadiem Makarim 2019." Jurnal Sintaksis 2, no. 2 (2020): 71-78.

Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.145

Syafar, Dian Noviani. 2016. Negasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal Arbitrer 3, no. 1: 1-11. DOI: https://doi.org/10.25077/ar.3.1.1-11.2016

Published

2024-01-03

How to Cite

Harun, H., Anisa Maulidiah Alam, & Jufri, J. (2024). Analisis Wacana Kritis pada Pidato Presiden Tahun 2022: Model Norman Fairclough. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 169–181. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3163

Issue

Section

Articles

Categories