Pertarungan Simbolik dan Ideologi dalam Slogan Pilkada Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan Tahun 2024 Model Pierre Bourdieu

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4191

Authors

  • Asmawati Asmawati Universitas Negeri Makassar
  • Jufri Jufri Universitas Negeri Makassar
  • Mahmudah Mahmudah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

pertarungan simbolik, Piere bourdieu

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dikaji melalui teori analisis wacana kritis dengan tujuan: (1) mengklasifikasi dan mengeksplanasi representasi pertarungan simbolik melalui eufemisasi dalam slogan pilkada Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan tahun 2024. (2) mengklasifikasi dan mengeksplanasi representasi pertarungan simbolik melalui sensorisasi dalam slogan pilkada Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan tahun 2024. Penelitian ini berfokus pada kutipan kata, frasa, klausa, atau kalimat yang mengandung unsur eufemisasi dan sensorisasi dalam slogan pilkada di Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan tahun 2024. Data dalam penelitian ini berupa kutipan langsung dari slogan yang terdapat pada spanduk, banner, baliho, dan stiker kampanye yang digunakan oleh kandidat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, representasi eufemisasi ditemukan dalam tiga klasifikasi yaitu, (1) penggunaan kata-kata persuasif yang menciptakan citra positif, (2) penggambaran visi dan misi calon melalui simbol-simbol yang mengundang kedamaian, dan (3) simbolisasi modernitas yang menarik perhatian pemilih. Kedua, representasi sensorisasi ditemukan dalam dua klasifikasi yaitu (1) penghilangan atau pembatasan informasi yang dianggap kontroversial, dan (2) penggunaan kata-kata yang menghindari konfrontasi atau ketegangan, berfokus pada harmoni dan kesejahteraan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bourdieu, P. (2020). Bahasa dan Kekuasaan Simbolik (S. A. Herwinarko (terjemahan)). IRCiSoD.

Bourdieu, P. (1991) Language And Simbolic Power. (M. Raimond, Gino, Adamson, Ed.) (1st ed.) Cambridge-UK: Polity Press.

Bourdieu, P. (1997). Outline of a Theory of Practice, Tranlate by R . Nice. Cambridge University Press.

Eriyanto. (2009). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKIS.

Fairclough, N. (2013). Language and Power Second Edition. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9781315838250

Krisdinanto, N. (2016). Pierre Bourdieu, Sang Juru Damai. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 189. https://doi.org/10.21070/kanal.v2i2.300 DOI: https://doi.org/10.21070/kanal.v2i2.300

Lusiana, V. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. 48.

Nasruddin. (2013). Refleksi Kekuasaan dan Ideologi dalam Epos Karaeng Tunisombaya Ri Gowa. Sawerigading, 19(3), 451–459.

Pelangi, I., Jufri, & Taufik, M. (2014). Representasi Ideologi dalam Wacana Sosial dan Relevansinya Terhadap Pengajaran Wacana: Kajian Teori Teun A. Van Dijk. 112.

Pratiwi, A., Ahmad Rabi’ul Muzammil, & Syahrani, A. (2021). Analisis Aspek Makna Tujuan dalam Slogan Lalu Lintas Di Kabupaten Mempawah: Tinjauan Semantik. 1–11.

Rumata, V. M., & Elfrida, S. V. (2019). Ideologi dan Kekuasaan Pemerintah di Balik Wacana Pembangunan Tol Laut: Analisis Wacana Kritis Terhadap Materi Siaran DBU LPP RRI Sorong, Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 2.

Sahalatua, A. P. (2018). Politik Identitas Etnis Dalam Pemilihan Kepala Daerah Studi. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 240–254.

Suwardi, & Haryanto, A. T. (2017). Hubungan Persepsi Kinerja Pemerintah dengan Keterpilihan Calon Pasangan Petahana Di Pilkada Salatiga 2017. 14(1), 55–64.

Wodak, R., & Meyer, M. (2015). Methods of Critical Discourse Studies, 3rd Edition. In World. Sage Publications Sage CA: Los Angeles, CA. file:///Users/alex.neumann/Documents/Mendeley Desktop/Edited by Editedby/World/[Darren_Swanson]_Creating_Adaptive_Policies_A_Gui(BookSee.org).pdf

Zurian, A., Suryanef, S., Rafni, A., & Putra, E. V. (2023). Analisis Political Branding Calon Kepala Daerah Dalam Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah Provinsi Jambi 2020. Jurnal Academia Praja, 6(1), 21–38. https://doi.org/10.36859/jap.v6i1.876 DOI: https://doi.org/10.36859/jap.v6i1.876

Zurmailis., & F. (2017). Doksa, Kekerasan Simbolik dan Habitus yang Ditumpangi dalam Konstruksi Kebudayaan di Dewan Kesenian Jakarta. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 44–72. DOI: https://doi.org/10.14421/ajbs.2017.01103

Published

2025-02-27

How to Cite

Asmawati, A., Jufri, J., & Mahmudah, M. (2025). Pertarungan Simbolik dan Ideologi dalam Slogan Pilkada Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan Tahun 2024 Model Pierre Bourdieu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 1376–1386. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4191

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)