Deiksis dalam Novel Kado Terbaik Karya J.S Khairen dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5393
Keywords:
Deiksis, implikasi, novelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan deiksis dalam novel Kado Terbaik karya J.S Khairen dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahada Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Selanjutya, jenis penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teori dari Dell Hymes (1974) dan George Yule (2006). Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumnetasi, teknik baca, dan teknik catat. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Kado Terbaik karya J.S Khairen yang berjumlah 245 halaman. Hasil dalam penelitian ini ditemukan deiksis pada novel sebanyak 719 data, deiksis yang ditemukan meliputi deiksis persona 425 data, deiksis tempat 65 data, deiksis waktu 110 data, deiksis sosial 98 data, dan deiksis wacana 21 data. Berdasarkan deiksis tersebut dapat diketahui bahwa deiksis yang banyak ditemukan adalah deiksis persona. Kajian deiksis ini berimplikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI pada pembelajaran karya sastra fiksi (novel). Deiksis dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar khususnya pada elemen menulis karena deiksis terkait dengan unsur-unsur karya sastra.
Downloads
References
Amelia, Meyshi, dkk. 2019. Deiksis pada Novel Adaptasi Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah. Vol 9, No. 1. DOI: https://doi.org/10.23887/jppbi.v9i1.3123
Black, Elizabeth. 2011. Stilistika Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Chaer, Abdul. 2002. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, Fatimah. 2012. Wacana dan Pragmatik. Bandung: Refika Aditama.
Fillmore, C. J. 1997. Lectures on deixis. Stanford, CA: CSLI Publications.
Haryoko Sapto, dkk. 2020. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Levinson, S. C. 1983. Pragmatics. Cambridge, UK: Cambridge University Press.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhyidin, Asep. 2019. Deiksis dalam Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di SMA. Metalingua, Vol. 17 No. 1, hlm 45‒56. DOI: https://doi.org/10.26499/metalingua.v17i1.283
Nababan, Marti S. 1987. Ilmu Pragmatik: Teori dan Penerapannya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta.
Nadar, X. F. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Noviana, Mega. 2016. Deiksis dalam Mimpi Anak Pulau Abidah El Khalieqy dan Implikasi terhadap Pembelajaran. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). hlm 1‒11.
Nurastuti, Wiji. 2007. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Ardana Media.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Pratiwi, Wirawati Adhi. 2017. Bentuk dan Fungsi Deiksis dalam Wacana Pengungsi Syria Harian Suddeutsche Zeitung. Identitaet. Volume VI No. 01.
Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahyono. F X. 2012. Studi Makna. Jakarta: Penaku.
Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Stanton, Robert. 2007. Teori Pengkajian Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Warsiman. 2016. Membumikan Pembelajaran Sastra yang Humanis. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.