Analisis Pendekatan komunikatif Pembelajaran Bahasa Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3168
Keywords:
Pendekatan Komunikatif, Pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstract
Istilah pendekatan menggambarkan posisi awal atau sudut pandang yang mengarahkan seseorang sepanjang proses belajar. Salah satu aspek pembelajaran bahasa Indonesia yang perlu ditingkatkan adalah pendekatan pedagogi. Salah satu metode peningkatan pembelajaran yang bersifat komunikatif adalah salah satu pendekatan. Pendekatan komunikatif menekankan pada pertumbuhan dan perkembangan keterampilan komunikatif siswa dalam berbagai konteks, termasuk suasana formal dan informal. Pemeriksaan terhadap atribut pendekatan komunikatif dilakukan sehubungan dengan sudut pandang peserta didik, fungsi instruktur, sumber pengajaran, dan tujuan pendidikan. Pendekatan komunikatif membedakan diri dengan menitikberatkan pada partisipasi siswa, perkembangan belajar, dan sasaran pembelajaran. Pusat perhatian utama dari pendekatan ini adalah memberikan siswa keterampilan komunikasi yang efektif. Siswa menjadi subjek utama dalam penerapan pendekatan komunikatif yang secara penuh melibatkan mereka (siswa berpusat), guru memiliki peran terbatas sebagai penyedia fasilitas.
Downloads
References
Aflisia, Noza, And Hazuar Hazuar. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 4 (1): 111.
Arsyad, M Husni. (2019. “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.” Jurnal Shaut Al-Arabiyah 7 (1): 13–30.
Baharudin, Baharudin. (2020). “Studi Tentang Penerapan Pendekatan Komunikatif Dan Pendekatan Terpadu Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vi Sd Negeri 1 Gadung Mas Kabupaten Lombok Timur.” Khatulistiwa 1 (1): 13–23.
Cahyani, Isah, And Daris Hadianto. (2018). “Rekonstruksionisme: Metode Komunikatif Dalam Pemerolehan Dan Pembelajaran Bahasa Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa.” Jurnal Kata: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa Dan Sastra 2 (1): 118–23.
Erika, Cicilia Nian. (2019). “Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi Pendidikan Karakter Berdasarkan Pendekatan Komunikatif.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 19 (2): 267–79.
Fatmawati, Ira. (2021). “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20–37.
Hanum, Azizah, And Ayu Meilinda. (2019). “Studi Karakterisasi Bersahabat/Komunikatif Pada Siswa Smpn 18 Kota Jambi.” Jurnal Publikasi Pendidikan 9 (2): 147–51.
Hendri, Muspika. (2017). “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif.” Potensia: Jurnal Kependidikan Islam 3 (2): 196–210.
Iskandar, Denny. (2010). “Pendekatan, Metode, Dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Diakses Dari: Http://File. Upi. Edu/Direktori/Fpbs/Jur. _Pend. _Bhs. _Dan_Sastra_Indonesia/196606291991031-Denny_Iskandar/Materi_Penmettek_Smp. Pdf.
Julaiha, Siti. (2014). “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” Dinamika Ilmu 14 (2): 226–39.
Juwita, Silvia Ratna, And Linda Purnamasasri. (2019). “Pengembangan Tindak Tutur Ilokusi Dalam Aktivitas Pembelajaran Dosen Pengampu Pelaksana Akademik Mata Kuliah Universitas (Pamu).” Pujangga: Jurnal Bahasa Dan Sastra 4 (2): 112–28.
Kosasih, Engkos. (2010). “Pendekatan, Metode, Dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Bandung: Genesindo.
Kuswoyo, Kuswoyo. (2015). “Pendekatan Pragmatik Dalam Pembelajaran Bahasa.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 3 (2): 158–67.
Laily, Idah Faridah. (2015). “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd/Mi.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi 2 (1). Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V2i1.176.
Mansyur, Umar. (2016). “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses.” Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 9 (2): 256786.
Muhammad, Musfiqon, And Nurdyansyah Nurdyansyah. (2015). “Pendekatan Pembelajaran Saintifik.” Nizamia Learning Center.
Murniarti, Erni. (2016). “Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran.” Univ. Kristen Indones.
Nugrahaningsari, Aditya. (2010). “Metode Pengajaran Bahasa Indonesia Dan Motivasi Belajar.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurdyansyah, Nurdyansyah, And Eni Fariyatul Fahyuni. (2016). “Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.” Nizamia Learning Center.
Nurjan, Syarifan. (2016). “Psikologi Belajar.” Wade Group.
Rachmawati, Maya. (2023). “Penerapan Teori Learning By Doing Dalam Pendidikan Akhlak Pada Materi Rendah Hati Dan Sopan Santun Pada Kelas 2 Ar Rahim Mi Muhammadiyah 1 Panekan Tahun 2022.” Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Ramadani, Feti. (2017). “Pengaruh Penerapan Pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang.” Uin Raden Fatah Palembang.
Sholikhah, Hani Atus, And Tutut Handayani. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Pgmi Fitk Uin Raden Fatah Palembang.” Jurnal Ilmiah Bina Edukasi 13 (2): 11–23.
Suardi, Muh. (2019). “Strategi Pembelajaran.” Bantul: Parama Ilmu.
Sugiharto, Bowo, Duran Corebima Aloysius, Herawati Susilo, And I Ibrohim. (2016). “Pengembangan Blended Learning Di Pendidikan Biologi Fkip Ums: Prospek Dan Tantangannya.” In Prosiding Snpbs (Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek), 863–68.
Susiana, Riska, Diki Pradana, And Pasha Erik Juntara. (2019). “Transformasi Nilai Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Karakter Siswa Abad 21.” Semnasfip.
Taylor, Peter A, Konstantin Baibakov, Stephen Brown, Michael H Hecht, Troy L Hudson, P-Y Li, Carlos F Lange, Luis Prieto, And Sergiy Savelyev. (2006). “On The Sublimation Of Ice Particles On The Surface Of Mars; With Applications To The 2007/8 Phoenix Scout Mission.” Icarus 181 (2): 375–87.
Utami, Sri. (2016). “Pengaruh Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Pendekatan Komunikatif Dengan Metode Simulasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Likhitaprajna 18 (2): 58–66.
Wahyuningsi, Endang. (2019). “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran.” Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 3 (2): 179–90.
Wuryaningtyas, Chatarina Jati. (2015). “Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Komunikatif-Integratif.” Jurnal Penelitian 19 (1).
Zamroni, Moh, Nurul Muttaqien, And Rahmawan Octavianto. (2023). “Pendekatan Komunikatif Dengan Teknik Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Sekolah Dasar.” Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia 7 (1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.