Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3333

Authors

  • Wahyu Azam Nur Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Semarang
  • Agus Nuryatin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

model think pair share, media audiovisual, teks ulasan

Abstract

pada siswa di SMP Negeri 3 Blado. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian ini agar dapat diketahui pengaruh penerapan model think pair share yang didukung media audiovisual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Blado terhadap keterampilan menulis teks ulasan.Metode penelitian eksperimen digunakan dalam penelitian ini dengan jenis eksperimen semu. Hasil pretest mendapatkan rata-rata nilai sebesar 50,23 (kurang) telah terjadi perubahan peningkatan yang signifikan sebesar 28,39 pada posttest mendapat rata-rata nilai sebesar 78,62 (baik). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks ulasan siswa terdapat pengaruh setelah  penggunaan model think pair share dan didukung media audiovisual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Doyin, M., & Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.

Hallijah. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi,1(3), 52-68.

Hasan, M., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup.

Indriyani, A. (2011). Efektifitas Model Pembelajaran Tipe Teams Asisted Individual (TAI) dan Think Pair Share (TPS) ditinjau dari Sikap Percaya Diri Peserta Didik Pada Materi Limit Fungsi Kelas XI IPA SMA Kota Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Isnatun, S., & Farida, U. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudistira.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.

Puspita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas X SMA Negeri 02 Bengkulu Tengah dengan Menggunakan Metode Menulis Berantai (Estafet Writing). Journal Diksa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 157-163. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3456

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata., & Sumadi. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Zahara, D., & Afnita. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bonjol. Journal Diksa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 83-92. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.11062

Published

2024-01-19

How to Cite

Nur, W. A., Haryadi, H., & Agus Nuryatin. (2024). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 567–571. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3333

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)