Variasi Majas dan Citraan dalam Lirik Lagu Payung Teduh Album Ruang Tunggu dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Menulis Puisi di SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3596
Keywords:
variasi majas dan citraan, lirik lagu, bahan ajar, teks puisi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) variasi majas dan citraan pada lirik lagu Payung Teduh album Ruang Tunggu; (2) memaparkan relevansinya sebagai bahan ajar menulis teks puisi di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menyajikan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa lirik lagu Payung Teduh dalam album Ruang Tunggu yang memuat 9 judul lagu. Data dalam penelitian ini berupa variasi majas dan citraan yang terdapat pada lagu Payung Teduh album Ruang Tunggu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yakni teknik catat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode agih dengan menerapkan teknik ganti, teknik lesap, dan teknik balik. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa variasi majas diantaranya personifikasi 27%, repetisi anafora 19%, hiperbola 15%, metafora 11%, retoris 8%, paralelisme 8%, inversi 4%, zeugma 4%, dan simile 4%. Citraan yang ditemukan berupa citraan pengelihatan 33,3%, citraan gerakan 33,3%, citraan perabaan 16,7%, citraan penciuman 8,3%, serta citraan pendengaran 4,2% dan citraan pengecapan 4,2%. Variasi majas dan citraan pada lirik lagu Payung Teduh album Ruang Tunggu ini relevan digunakan sebagai referensi bahan ajar menulis teks puisi kelas XII fase F pada kurikulum merdeka karena dapat mempermudah pemahaman peserta didik mengenai unsur pembangun puisi dengan cara yang inovatif.
Downloads
References
Abrams, M. (1981). A Glosary of Literary Term. Holt, Rinehart, and Wintson.
Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahaini, F. (2020). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. CV. Dwija Amarta Press.
Altenbernd, L., & Lewis, L. L. (1970). A Handbook for the Study of Poetry. Collier-Macmillan Ltd.
Badriah, I., Triyadi, S., & Pratiwi, W. D. (2022). Analisis Diksi dan Gaya Bahasa Album “Riuh” Karya Feby Putri serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMK. Cakrawala Linguista, 5(2), 89–93. https://doi.org/http://dxdoi.org/10.26737/cling.v5i2.3515
Brown, A. (2018). A Metaphorical Analysis of the Love Song of J. Alfred Prufrock by T. S. Eliot. Accounting Forum, 42(1), 153–165. https://doi.org/10.1016/j.accfor.2018.01.006 DOI: https://doi.org/10.1016/j.accfor.2018.01.006
Budianta, M. (2003). Membaca Sastra Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Indonesia Tera.
Cuddon. (1979). A Dictionary of Literary Term. W&J Mackay Limited.
CP & ATP - Bahasa Indonesia SD-SMA. 2024. Kemdikbud.go.id. 2024. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/bahasa-indonesia/.
Dahliani, E. D., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2020). Analisis Majas dan Citraan pada Lirik Lagu dalam Album Camellia 2 Karya Ebiet G. Ade dan Hubungan sebagai Bahan Menulis Puisi di SMA. Jurnal Pendidikan Edutama, 2–6. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/842
Erowati, M. (2015). Perbandingan Gaya Bahasa pada Puisi “Ibu” Karya Mustofa Bisri dengan Lirik Lagu “Keramat” Karya Rhoma Irama. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 171–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v2i2.3627 DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v2i2.3627
Fransiska, A., & Wardiah, D. (2023). Analisis Majas Dan Citraan Pada Kumpulan Puisi Sajak Bersama Kopi Karya Darwin Effendi. Jurnal Bindo Sastra, 7(1), 49–55. https://doi.org/10.32502/jbs.v7i1.4629
Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Knickerbocker, K. L., & Reninger, H. W. (1974). Interpreting Literature. Holt, Rinehart, and Wintson.
Lestari, M. A., Nurfitriani, P. A., & Syahputri, S. A. K. (2024). Penggunaan Majas Dalam Lirik Lagu “Remaja” Karya HIVI. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.623 DOI: https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.623
Lestari, S., Wardiani, R., & Setiawan, H. (2021). Kajian Stilistika Teks Lagu Dalam Album Untukmu Selamanya Karya Band Ungu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(2), 106–112.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., & Ayu Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mualifah, S., Suyoto, & Prayogi, I. (2022). Gaya Bahasa Pada Album Tulus (Monokrom) Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas X Sma. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(2), 232–238. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1771
Nurgiyantoro. (2022). Stilistika. Gajah Mada University Press.
Nurlaila, N., Rifai, A., & Nayla, A. (2022). Diksi dan Citraan dalam Lirik Lagu Album “Ego dan Fungsi Otak” Karya Fourtwnty sebagai Alternatif Pembelajaran Puisi di SMA. Sasindo, 10(1), 84–91. https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11259 DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11259
Pannen, P., & Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Elang Mas.
Pradopo. (2000). Stilistika. Gajah Mada University Press.
Pradopo. (2005). Beberapa Teori Sastra, Metode, Kritik, dan Penerapannya. Pustaka Pelajar.
Robayani, A., Mustika, I., Permana, I., & Siliwangi, I. (2020). Analisis Majas pada Cerita Pendek “Rain” Karya Nurillaiyah. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 255–266.
Rochim, A. F., Nurhasanah, E., & Hartati, D. (2021). Romantika Kehidupan Pada Lirik Lagu Fourtwnty Sebagai Pengayaan Bahan Ajar Interaktif Dalam Materi Puisi Di Sma. Jurnal Metamorfosa, 9(1), 57–68. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i1.1325 DOI: https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i1.1325
Ruma, J. F., Akter, S., Laboni, J. J., & Rahman, R. M. (2022). A Deep Learning Classification Model for Persian Hafez Poetry Based on the Poet’s era. Decision Analytics Journal, 4(March), 100111. https://doi.org/10.1016/j.dajour.2022.100111 DOI: https://doi.org/10.1016/j.dajour.2022.100111
Satoto, S. (2012). Stilistika. Ombak.
Suparman, N. F. N. (2018). Glotokronologi Bahasa Rampi Dan Bahasa Wotu Glotocronology Language Rampi And Wotu Languages. Telaga Bahasa, 6(1). DOI: https://doi.org/10.36843/tb.v6i1.15
Siswono. (2014). Teori dan Praktik Diksi, Gaya Bahasa, dan Pencitraan. Deepublish.
Subroto. (1996). Pengantar Metoda Penelitian Linguistik Struktural. Sebelas Maret University Press.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Sanata Dharma University Press.
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa. Angkasa Bandung.
Wilson, A., & Dymoke, S. (2017). Towards a Model of Poetry Writing Development as a Socially Contextualised Process. Journal of Writing Research, 9(2), 172–150. https://doi.org/https://doi.org/10.17239/jowr-2017.09.02.02 DOI: https://doi.org/10.17239/jowr-2017.09.02.02
YouTube Music. 2017. YouTube Music. 2017. https://music.youtube.com/playlist?list=OLAK5uy_mbA6C1N-A-tIiiTz-fC4k0sOqm4Ypb-a0.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.