Variasi Majas dan Citraan dalam Lirik Lagu Payung Teduh Album Ruang Tunggu dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Menulis Puisi di SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3596

Authors

  • Raden Roro Ramadhanty Putri Khoirunissa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Atiqa Sabardila Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

variasi majas dan citraan, lirik lagu, bahan ajar, teks puisi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) variasi majas dan citraan pada lirik lagu Payung Teduh album Ruang Tunggu; (2) memaparkan relevansinya sebagai bahan ajar menulis teks puisi di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menyajikan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa lirik lagu Payung Teduh dalam album Ruang Tunggu yang memuat 9 judul lagu. Data dalam penelitian ini berupa variasi majas dan citraan yang terdapat pada lagu Payung Teduh album Ruang Tunggu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yakni teknik catat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode agih dengan menerapkan teknik ganti, teknik lesap, dan teknik balik. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa variasi majas diantaranya personifikasi 27%, repetisi anafora 19%, hiperbola 15%, metafora 11%, retoris 8%, paralelisme 8%, inversi 4%, zeugma 4%, dan simile 4%. Citraan yang ditemukan berupa citraan pengelihatan 33,3%, citraan gerakan 33,3%, citraan perabaan 16,7%, citraan penciuman 8,3%, serta citraan pendengaran 4,2% dan citraan pengecapan 4,2%. Variasi majas dan citraan pada lirik lagu Payung Teduh album Ruang Tunggu ini relevan digunakan sebagai referensi bahan ajar menulis teks puisi kelas XII fase F pada kurikulum merdeka karena dapat mempermudah pemahaman peserta didik mengenai unsur pembangun puisi dengan cara yang inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrams, M. (1981). A Glosary of Literary Term. Holt, Rinehart, and Wintson.

Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahaini, F. (2020). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. CV. Dwija Amarta Press.

Altenbernd, L., & Lewis, L. L. (1970). A Handbook for the Study of Poetry. Collier-Macmillan Ltd.

Badriah, I., Triyadi, S., & Pratiwi, W. D. (2022). Analisis Diksi dan Gaya Bahasa Album “Riuh” Karya Feby Putri serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMK. Cakrawala Linguista, 5(2), 89–93. https://doi.org/http://dxdoi.org/10.26737/cling.v5i2.3515

Brown, A. (2018). A Metaphorical Analysis of the Love Song of J. Alfred Prufrock by T. S. Eliot. Accounting Forum, 42(1), 153–165. https://doi.org/10.1016/j.accfor.2018.01.006 DOI: https://doi.org/10.1016/j.accfor.2018.01.006

Budianta, M. (2003). Membaca Sastra Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Indonesia Tera.

Cuddon. (1979). A Dictionary of Literary Term. W&J Mackay Limited.

CP & ATP - Bahasa Indonesia SD-SMA. 2024. Kemdikbud.go.id. 2024. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/bahasa-indonesia/.

Dahliani, E. D., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2020). Analisis Majas dan Citraan pada Lirik Lagu dalam Album Camellia 2 Karya Ebiet G. Ade dan Hubungan sebagai Bahan Menulis Puisi di SMA. Jurnal Pendidikan Edutama, 2–6. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/842

Erowati, M. (2015). Perbandingan Gaya Bahasa pada Puisi “Ibu” Karya Mustofa Bisri dengan Lirik Lagu “Keramat” Karya Rhoma Irama. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 171–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v2i2.3627 DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v2i2.3627

Fransiska, A., & Wardiah, D. (2023). Analisis Majas Dan Citraan Pada Kumpulan Puisi Sajak Bersama Kopi Karya Darwin Effendi. Jurnal Bindo Sastra, 7(1), 49–55. https://doi.org/10.32502/jbs.v7i1.4629

Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Knickerbocker, K. L., & Reninger, H. W. (1974). Interpreting Literature. Holt, Rinehart, and Wintson.

Lestari, M. A., Nurfitriani, P. A., & Syahputri, S. A. K. (2024). Penggunaan Majas Dalam Lirik Lagu “Remaja” Karya HIVI. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.623 DOI: https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.623

Lestari, S., Wardiani, R., & Setiawan, H. (2021). Kajian Stilistika Teks Lagu Dalam Album Untukmu Selamanya Karya Band Ungu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(2), 106–112.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., & Ayu Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mualifah, S., Suyoto, & Prayogi, I. (2022). Gaya Bahasa Pada Album Tulus (Monokrom) Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas X Sma. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(2), 232–238. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1771

Nurgiyantoro. (2022). Stilistika. Gajah Mada University Press.

Nurlaila, N., Rifai, A., & Nayla, A. (2022). Diksi dan Citraan dalam Lirik Lagu Album “Ego dan Fungsi Otak” Karya Fourtwnty sebagai Alternatif Pembelajaran Puisi di SMA. Sasindo, 10(1), 84–91. https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11259 DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11259

Pannen, P., & Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Elang Mas.

Pradopo. (2000). Stilistika. Gajah Mada University Press.

Pradopo. (2005). Beberapa Teori Sastra, Metode, Kritik, dan Penerapannya. Pustaka Pelajar.

Robayani, A., Mustika, I., Permana, I., & Siliwangi, I. (2020). Analisis Majas pada Cerita Pendek “Rain” Karya Nurillaiyah. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 255–266.

Rochim, A. F., Nurhasanah, E., & Hartati, D. (2021). Romantika Kehidupan Pada Lirik Lagu Fourtwnty Sebagai Pengayaan Bahan Ajar Interaktif Dalam Materi Puisi Di Sma. Jurnal Metamorfosa, 9(1), 57–68. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i1.1325 DOI: https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i1.1325

Ruma, J. F., Akter, S., Laboni, J. J., & Rahman, R. M. (2022). A Deep Learning Classification Model for Persian Hafez Poetry Based on the Poet’s era. Decision Analytics Journal, 4(March), 100111. https://doi.org/10.1016/j.dajour.2022.100111 DOI: https://doi.org/10.1016/j.dajour.2022.100111

Satoto, S. (2012). Stilistika. Ombak.

Suparman, N. F. N. (2018). Glotokronologi Bahasa Rampi Dan Bahasa Wotu Glotocronology Language Rampi And Wotu Languages. Telaga Bahasa, 6(1). DOI: https://doi.org/10.36843/tb.v6i1.15

Siswono. (2014). Teori dan Praktik Diksi, Gaya Bahasa, dan Pencitraan. Deepublish.

Subroto. (1996). Pengantar Metoda Penelitian Linguistik Struktural. Sebelas Maret University Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Sanata Dharma University Press.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa. Angkasa Bandung.

Wilson, A., & Dymoke, S. (2017). Towards a Model of Poetry Writing Development as a Socially Contextualised Process. Journal of Writing Research, 9(2), 172–150. https://doi.org/https://doi.org/10.17239/jowr-2017.09.02.02 DOI: https://doi.org/10.17239/jowr-2017.09.02.02

YouTube Music. 2017. YouTube Music. 2017. https://music.youtube.com/playlist?list=OLAK5uy_mbA6C1N-A-tIiiTz-fC4k0sOqm4Ypb-a0.

Published

2024-04-21

How to Cite

Putri Khoirunissa, R. R. R. ., & Atiqa Sabardila. (2024). Variasi Majas dan Citraan dalam Lirik Lagu Payung Teduh Album Ruang Tunggu dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Menulis Puisi di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1694–1711. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3596

Issue

Section

Articles

Categories