Model Flipped Classroom Bermuatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengidentifikasi Teks Cerita Fantasi

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4155

Authors

  • Iit Lita Apriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isah Cahyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rudi Adi Nugroho Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Flipped Classroom, Pembelajaran Berdiferensiasi, Cerita Fantasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memaparkan penggunaan model Flipped Classroom bermuatan pembelajaran berdiferensiasi dalam mengidentifikasi teks cerita fantasi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, menggunakan data dari berbagai sumber pustaka dan penelitian relevan. Hasil penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan karakteristik model Flipped Classroom dengan muatan berdiferensiasi.dalam pembelajaran mengidentifikasi teks cerita fantasi. Model Flipped Classroom memungkinkan peserta didik mempelajari materi dasar di luar kelas melalui video atau bahan bacaan. Di dalam kelas, peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan mendalam seperti diskusi dan analisis yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Strategi pembelajaran berdiferensiasi membantu menyesuaikan konten, proses, dan lingkungan belajar agar sesuai dengan kebutuhan unik setiap peserta didik. Sintak model Flipped Classroom mendukung peserta didik dalam mengidentifikasi elemen penting teks cerita fantasi melalui pembelajaran aktif dan menyenangkan. Pembelajaran yang berdiferensiasi memastikan setiap peserta didik mendapat perhatian sesuai kebutuhan mereka, sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam mengidentifikasi teks cerita fantasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education.

Hamdan, N., McKnight, P., McKnight, K. & & Arfstrom, K. M. (2013). A Review of Flipped Learning. Flipped Learning Network, 1–21.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Inderasari, E., Hapsari, D. A., Rosita, F. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis penggunaan gaya bahasa iklan layanan masyarakat bijak bersosial media di radio Kota Surakarta. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 508–528. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17893

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Putra, L. D., & Filianti. (2022). Pemanfaatan Canva For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125–138. DOI: https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Safira, A. N., Rakhmawati, A., & Wardana, M. A. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran di Kelas VII SMP Negeri 2 Batang. Bahtera Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 22(2), 123–136. DOI: https://doi.org/10.21009/bahtera.222.01

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syahroni, Abd. W., & Harsono. (2019). Aplikasi Penentuan Kategori dan Fungsi Sintaksis Kalimat Bahasa Indonesia. Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 4(1), 12–20. DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i1.1537

Suparman, S., & Herdiana, B. (2024). KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNKAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI II WALENRANG. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736

Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD.

Wang, Y., Huang, X., & Schunn, C. D. (2019). Redesigning Flipped Classrooms: A Learning Model and Its Effects on Student Perceptions. Higher Education, 78, 711–728. https://doi.org/10.1007/s10734-019-00366-8 DOI: https://doi.org/10.1007/s10734-019-00366-8

Wijayanti, S. H., Amalia Candrayani, & Ika Endang Sri Hendarwati. (2019). Bahasa Indonesia: Penyajian dan Penulisan Karya Ilmiah. PT. Raja Grafindo Persada.

Published

2024-07-18

How to Cite

Apriani, I. L., Isah Cahyani, & Rudi Adi Nugroho. (2024). Model Flipped Classroom Bermuatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengidentifikasi Teks Cerita Fantasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3292–3300. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4155

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)