Pengembangan Bahan Ajar Digital Storytelling Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa di SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4075
Keywords:
bahan ajar digital storytelling, cerita rakyat, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital storytelling cerita rakyat yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa di SMA. Alasan dari pengembangan ini adalah masih belum banyak bahan ajar digital storytelling cerita rakyat yang digunakan guru. Bahan ajar ini berisi materi cerita rakyat yang mengandung nilai kearifan lokal dan memuat hal-hal yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan R2D2 (Reflective, Recursive Design and Development Model). Implementasi model R2D2 dilakukan dalam tiga fokus utama atau tahap, yaitu: 1) Fokus Pendefinisian (define focus); 2) Fokus Perancangan dan Pengembangan (design and development focus), dan 3) Fokus Penyebarluasan (dissemination focus). Hasil penelitian: 1) Struktur bahan ajar adalah: Cover, Kata Pengantar, Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar, Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, Rangkuman, Tes Formatif, Refleksi, Glosarium, Daftar Pustaka; 2) Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat baik dengan persentase penilaian mencapai 88,6%; 3) Respon siswa terhadap bahan ajar menunjukkan respon yang sangat baik dengan mencapai respon penilaian 88,2% bahwa bahan ajar digital storytelling cerita rakyat mudah dipahami dan dapat memotivasi untuk belajar. Berdasarkan rata-rata tersebut bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan guru untuk pembelajaran luring maupun daring.
Downloads
References
Agung Dian Putra1, Dwi Yulianti2, Helmy Fitriawan3 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada DOI: https://doi.org/10.55927/fjsr.v1i5.1584
Siswa Sekolah Dasar JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854)
Volume 6, Nomor 4, April 2023 (2173-2177)
Aprilia, T. (2017). Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia.Teknodika 74. 15(02), 74–82 DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34749
Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif pada PAUD Nurul Hikmah sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Idealis, 1, 393–400.
Casta, M. dan Sarpin, M. (1998). Cerita Rakyat dari Cirebon. Jakarta: PT
Gramedia Widiaasarana Indonesia.
Danandjaja, J. (1997). Folklor Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. USA: Prentice Hall, Inc.
Febiharsa, D., & Djuniadi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of SECE (Studies in Early Chilhood Education), 75–84. DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590
Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659-1669. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307
Hadiryanto, S., & Thaib, D. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah pada konsep respirasi. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 55-65. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5122
Yolan, Suparman, S., & Besse Herdiana. (2024). KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNKAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI II WALENRANG. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(2), 102-108. https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736 DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736
Haryanto, Asrial, & Ernawati, M. D. W. (2020). E-Worksheet for Science Processing Skills Using Kvisoft Flipbook. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(3). DOI: https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i03.12381
Heriyana, W., & Maureen, I. Y. (2014). Penerapan metode digital storytelling pada keterampilan menceritakan tokoh idola mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean. UNESA.
Kemendikbudristek. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 9(1), 46–57. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3699
Kenney, W. (1966). How to Analyze Fiction. New York: Monarch Press.
Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2006). Peran Media Youtube Sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 1998, 199–208.
Koentjaraningrat. (1994). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Kosasih, E. & Kurniawan, E. (2018) Jenis-Jenis Teks, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Kridalaksana, H. (1986). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1999). Innovative tasks to improve critical and creative thinking skills. Developing mathematical reasoning in grades K-12,12.
Nisa, Uswatun, & Supriyanto. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa. Seloka Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2).
Nurgiyantoro, B. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Permana, R. (2015). Kajian Struktur Cerita Rakyat di Kabupaten Cianjur. DOI: https://doi.org/10.17509/jlb.v6i2.3170
LOKABASA Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah serta
Pengajarannya. 6(2).
Ratri, S. Y. (2018). Digital storytelling pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.
Jurnal Pena Karakter, 01(01), 1–8.
Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosidah, N. (2013). Studi tentang Penggunaan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akutansi pada Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. Surabaya: Jurnal Ekonomi.
Rukmini, D. (2009). Cerita Rakyat Kabupaten Sragen (Suatu Kajian Struktural
dan NIlai Edukatif). (Tesis) Universitas Sebelas Maret.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, R. P., Arief, D., Sabandi, A., & F., F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Menggunakan Media Pop Up Book Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i1.114708
Sisyono dan Suwanto. (2008). Folklor Jawa di Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo dan Sumbangannya terhadap Pelestarian Lingkungan. Jurnal Pendidikan UNS.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahyuningtyas, S. dan Santosa, W. H. (2011). Sastra: Teori dan Implementasi.
Surakarta: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.