Simbol Teatrikal pada Pementasan Drama Sekadar Imajinasi Karya N. Riantiarno “Kajian Semiotika”

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4696

Authors

  • Nurul Hafidzah Asra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rudi Adi Nugroho Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sumiyadi Sumiyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Halimah Halimah Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

drama, sekadar imajinasi, semiotika teater

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan makna dari simbol teatrikal pada pementasan drama Sekadar Imajinasi karya N. Riantiarno dengan kajian semiotika. Metode penelitian ini adalah dekriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah pementasan drama yang ditayangkan pada Youtube Teater Koma tahun 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menyimak dan menganalisis. Hasil temuan awal dalam penelitian ini, terjadinya bentuk penyimpangan sosial (korupsi) yang membuat tokoh utama mengalami gangguan mental setelah menerima hukuman. Akan tetapi, dalam drama ini dikemas dengan adegan tokoh utama menolak ingatan akan perbuatannya terdahulu yang mengakibatkan meninggalnya beberapa korban. Tokoh utama mengibaratkan dirinya hanyalah seorang penulis skenario dalam novel dan korban yang meninggal tersebut hanyalah pemeran fiktif dalam novelnya belaka.  Terdapat lima elemen yang memuat sistem tanda yang dapat digali maknanya. Lima elemen tersebut mencakup 1) Tata suara, 2) kostum pemeran, 3) property, 4) gesture pemeran, dan 5) dialog antar tokoh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisyanto, P. (2017). Wayang Kulit Wong Komunitas Lima Gunung: Kajian Teks Drama dalam Semiotika Teater. MALIH PEDDAS: Jurnal Universitas PGRI Semarang. 7(2),155-165. DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i2.2001

AS, Ambarini. Umaya, NM. (2018) Semiotika Teori dan Aplikasi pada Karya Sastra. IKIP PGRI Semarang Press.

Dwijayanto, Andy. (2015) Simbol Teatrikal pada Naskah Drama Maaf, Maaf, Maaf: Politik Cita Dasamuka Karangan N. Riantiarno: Suatu Kajian Semiotika. Arkhais: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(1), 1-6 DOI: https://doi.org/10.21009/ARKHAIS.061.01

Fazrianti, AF. (2018). Gambaran Terapi Individu. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Suparman, S. (2024). Analisisi Lagu Iwan Fals Menggunakan Analisis Semiotik Roland Barthes. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 21-32.

Fitriana, Y. (2013). Struktur dan Simbol-Simbol dalam Teks Drama “Orang-Orang Kalah” Karya Hang Kafrawi (Kajian Struktural-Semiotika). ATAVISME: Balai Bahasa Jawa Timur. 16(1), 109-118. DOI: https://doi.org/10.24257/atavisme.v16i1.86.109-118

Halimah, H., Sumiyadi, S., Mulyati, Y., & Damaianti, V. S. (2018). The Sociocultural Literacy Dimensions in AA Navis’s Short Stories. Proceedings of the Tenth Conference on Applied Linguistics and the Second English Language Teaching and Technology Conference in collaboration with the First International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (CONAPLIN and ICOLLITE 2017) - Literacy, Culture, and Technology in Language Pedagogy and Use. 676-682 DOI: https://doi.org/10.5220/0007173106760682

Herdiansyah, D. Yudhakusma, D. (2016). Kontruksi Makna Semiotika Seni Pertunjukkan Cosplay (Studi Semiotika Komunikasi pada Seni Pertunjukkan Cosplay di Bandung). Dialog: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media. 2(1).

Hidayat, D. Yulianto, B. Savitri. (2023). Refleksi Karakter Masyarakat Madura dalam Film Pendek Mata Pena: Kajian Semiotika. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(2), 276-289. DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2.6386

Indrahastuti, T. Nurcahya, RA. Balfas, A. (2018). Kajian Semiotika Tuturan Mantra Tradisi Pertunjukkan Jaranan di Desa Perangkat Baru Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies. 1(1), 14-20. DOI: https://doi.org/10.30872/adjektiva.v1i1.833

Inukirana, Scientia. (2019). Confusion “Tanda, Penyebab, Gejala, Cara Mengobati”. Honestdocs.

Kahfi, AY. (2021). Teori Warna. Binus University.

Misnawati, Poerwadi, P. A. Apritha. (2022). Kajian Semiotik Pertunjukkan dalam Performa Drama “Balada Sakit Jiwa”. Mateandrau: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya. 1(1), 110-124. DOI: https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.148

Mustaqim, F. (2019). Naskah Drama “Hutbah Munggaran di Pajajaran” Karya Yus Rusyana (Kajian Struktural dan Semiotik). Lokabasa: Universitas Pendidikan Indonesia. 10(2), 124-130. DOI: https://doi.org/10.17509/jlb.v10i2.21337

Mulyaningsih, F. dkk. (2021). Budaya Matriarki dalam Pementasan Monolog “Racun Tembakau” Karya Anton Chekov oleh Teater Gabung Unsika (Kajian Semiotika Charles S. Pierce). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5), 3204-3214. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1257

Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pres.

Nurhadi, A. Amila, H. Nurd, A. (2019) Analisis Unsur Semiotika dalam Naskah Drama “RT Nol RW Nol” Karya Iwan Simatupang. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya. 9(1), 90-104. DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.9.1.2019.90-104

Nurhidayat, Gusti, A. Yusfil. (2022). Tari Sikamban di Pesisir Selatan dalam Konteks Seni Pertunjukkan: Tinjauan Gender dan Semiotika. DOI:10.26887/lg.v8i1.2523 DOI: https://doi.org/10.26887/lg.v8i1.2523

Orami. (2024). Macam Ekspresi Wajah yang Mencerminkan Emosi.

Pattipeiluhu, L. (2023). Semiotika Pertunjukkan Marco De Marinis dalam Pemnetasan Teater Tradisi Timba Puri oleh Sanggar Batu Karang di Dusun Eri. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(1).

Prasetya, AF. Gunawan. (2018). Mengelola Emosi. Penerbit K-Media

Purnomo, H. (2018). Tata Artistik (Scenografi) dalam Pertunjukan Kesenian Tradisi Berbasis Kerakyatan. SATWIKA: Jurnal Kajian Budaya dan Perubahan Sosial. 2(2). 95. DOI:10.22219/js.v2i2.7998 DOI: https://doi.org/10.22219/SATWIKA.Vol2.No2.95-106

Radford, B. (2016). University of New Mexico Press Conference

Riantiarno, N. (2020). Sekadar Imajinasi. TeaterKoma.

Safitri, TS. Atikurrahman, M. (2023). Anjing Menggonggong Muazin Berlalu: Toa Masjid, Gus Yaqut dan Semiotika Morris. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(2). 189-207. DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2.6753

Sahara. W. (2021). Awal Mula Kasus Korupsi Bansos Covid-19 yang Menjerat Juliari hingga divonis 12 Tahun Penjara. Kompas.com.

Sinarawatti, SS. Sabri, I. (2023) Simbolisasi Bunga Mawar dalam Pertunjukkan Pantonim “Beauty And The Beast” Karya Sherlly Cindya Franciso (Tinjauan Semiotika Charles Sanders Pierce). Geter: Jurnal Seni, Drama, Tari dan Musik. 6(1). 43-50.

Sumiyadi. (2021). Kesusastraan Indonesia “Teori Pengkajian, dan Model Pembelajaran”. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.

Sutardi, E. (2014). Analisis Struktural Semiotik Naskah Monolog “Suketi” Karya Kholik Setiawan. Jurnal STKIP Banjarmasin. 8(2), 159-166. DOI: https://doi.org/10.33654/sti.v8i2.2393

Syafitri, Y. (2020). Pertunjukan Randai Intan Payuong Jorong Bukik Topik Nagari Kecamatan Payahkumbuh Kbupaten Lima Puluh Kota melalui Kajian Semiotika. CARTI: Creativity and Research Theater Journal. 2(1). DOI:10.26887/cartj.v2i1.1373 DOI: https://doi.org/10.26887/cartj.v2i1.1373

Wati, LK. (2023). Penciptaan Tokoh Sumarah dalam Naskah Monolog Balada Sumarah Karya Tentrem Lestari. ASAS Jurnal Sastra: Universitas Negeri Medan. 12(2), 288. DOI:10.24114/ajs.v12i2.49414 DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v12i2.49414

Wati, S. (2023). Nilai Moral pada Naskah Drama “Cermin” Karya Nano Riantiarno melalui Pendekatan Semiotik : Ferdinand De Saussure. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(1), 48. DOI:10.29300/disastra.v5i1.7003 DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v5i1.7003

Published

2024-11-08

How to Cite

Asra, N. H., Rudi Adi Nugroho, Sumiyadi, S., & Halimah, H. (2024). Simbol Teatrikal pada Pementasan Drama Sekadar Imajinasi Karya N. Riantiarno “Kajian Semiotika”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4530–4540. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4696

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>