Analisis Kebutuhan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal bagi TKA di Sulawesi Tengah

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4531

Authors

  • Asrianti Asrianti Universitas Tadulako
  • Julia Marfuah Universitas Tadulako
  • Nirmayanti Nirmayanti Universitas Tadulako

Keywords:

Materi ajar, Bahasa Indonesia, Tenaga Kerja Asing, Kearifan lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan materi ajar Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) di Sulawesi Tengah. Perbedaan budaya antara negara asal TKA dan budaya lokal sering menimbulkan kesalahpahaman dan gegar budaya yang dapat mempengaruhi produktivitas dan hubungan kerja sehingga penting pemahaman bahasa dan budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling dan melibatkan 50 TKA dari tiga perusahaan asing di Sulawesi Tengah. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TKA membutuhkan materi ajar yang tidak hanya mengajarkan bahasa tetapi juga memperkenalkan kearifan lokal. Sebagian besar responden menyatakan bahwa pemahaman terhadap kearifan lokal sangat penting dan dapat meningkatkan efektivitas komunikasi serta hubungan kerja di lingkungan baru. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan materi ajar yang mencakup komponen budaya lokal secara mendalam untuk meminimalisasi kesalahpahaman dan meningkatkan adaptasi TKA di Sulawesi Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrianti, A., & Widianto, E. (2019). Mora’akeke Ceremony as a Local Indigenous Material in Indonesian for Speakers of Other Language Class: An Autoethnography studies in Palu, Central Sulawesi. Proceedings of the Proceeding of the 2nd International Conference Education Culture and Technology, ICONECT 2019, 20-21 August 2019, Kudus, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.20-8-2019.2288125 DOI: https://doi.org/10.4108/eai.20-8-2019.2288125

Baker, W. (2024). Intercultural communication. ELT Journal, 78(2), 212–215. DOI: https://doi.org/10.1093/elt/ccad040

Caldwell-Harris, C. L., & MacWhinney, B. (2023). Age effects in second language acquisition: Expanding the emergentist account. Brain and Language, 241, 105269. https://doi.org/10.1016/j.bandl.2023.105269 DOI: https://doi.org/10.1016/j.bandl.2023.105269

Gudykunst, W. B. (2003). Cross-cultural and intercultural communication. Sage.

Guirdham, M., & Guirdham, O. (2017). Communicating Across Cultures at Work. Bloomsbury Publishing. https://books.google.co.id/books?id=sxtHEAAAQBAJ DOI: https://doi.org/10.1057/978-1-137-52637-3

Hinner, M. B. (2017). Intercultural misunderstandings: Causes and solutions. Russian Journal of Linguistics, 21(4), 885–909. DOI: https://doi.org/10.22363/2312-9182-2017-21-4-885-909

Hossain, K. I. (2024). Reviewing the role of culture in English language learning: Challenges and opportunities for educators. Social Sciences & Humanities Open, 9, 100781. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100781 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100781

Jafarov, S., & Aliyev, Y. (2024). What causes culture shock? South Florida Journal of Development, 5(7), e4106–e4106. DOI: https://doi.org/10.46932/sfjdv5n7-012

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736

Kaniyazova, A. (2024). INTERCULTURAL COMMUNICATION AND MISUNDERSTANDINGS IN PRAGMATICS. Евразийский Журнал Академических Исследований, 4(4), 87–90.

Sharifian, F. (Ed.). (2014). The Routledge Handbook of Language and Culture (0 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315793993 DOI: https://doi.org/10.4324/9781315793993

Shin, M.-H., & Lee, E. (2012). The importance of learning language and culture integration: Focused on TOEIC reading comprehension. English Language & Literature Teaching, 18(3), 207–221.

Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., & Fawzi, A. (2018). Cognitive Learning Strategy of BIPA Students in Learning the Indonesian Language. IAFOR Journal of Language Learning, 3(2). https://doi.org/10.22492/ijll.3.2.08 DOI: https://doi.org/10.22492/ijll.3.2.08

Ting-Toomey, S., & Dorjee, T. (2018). Communicating across cultures. Guilford Publications.

Published

2024-09-23

How to Cite

Asrianti, A., Julia Marfuah, & Nirmayanti, N. (2024). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal bagi TKA di Sulawesi Tengah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3974–3980. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4531

Issue

Section

Articles

Categories