Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran Membaca Bermuatan Etika Budaya di SMP Kota Palu

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4668

Authors

  • Sukma Sukma Universitas Tadulako
  • Asrianti Asrianti Universitas Tadulako
  • Pratama Bayu Santosa Efendi Universitas Tadulako
  • Gazali Lembah Universitas Tadulako

Keywords:

Instrumen, Penilaian, Pembelajaran Membaca, Etika Budaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat alat penilaian untuk pembelajaran membaca yang bermuatan etika budaya. Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam hal kognitif, psikomotorik, dan afektif, evaluasi pembelajaran sangat penting. Kurikulum tidak memiliki komponen yang didedikasikan untuk mengukur proses membaca, tetapi penilaian proses, performa, dan produk semuanya dapat dilakukan dalam pembelajaran membaca. Selain itu, menggunakan etika budaya sebagai sarana pembelajaran dapat membantu mempertahankan budaya lokal di era globalisasi. Nilai-nilai budaya lokal dapat digunakan untuk membangun karakter siswa. Studi ini menggunakan model pengembangan 4 D, yang terdiri dari tahap definisi, desain, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dapat mempertahankan nilai-nilai budaya lokal sambil meningkatkan kemampuan membaca mereka.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguirre Alonso, A. A. (2023). The Use Of Culture Based Contents To Enhance The Speaking Skills.

Alam, A., & Mohanty, A. (2023). Cultural Beliefs And Equity In Educational Institutions: Exploring The Social And Philosophical Notions Of Ability Groupings In Teaching And Learning Of Mathematics. International Journal Of Adolescence And Youth, 28(1), 2270662. DOI: https://doi.org/10.1080/02673843.2023.2270662

Amalia, R., & Asteria, P. V. (N.D.). Pengembangan Buku Cerita Digital Etika Bertamu Sebagai Suplemen Pembelajaran Bipa Level Madya Berbasis Plurikultural.

Asrianti, A., & Izzati, A. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Kesehatan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Literasi Di SMP. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 15. Https://Doi.Org/10.32832/Educate.V1i1.5945 DOI: https://doi.org/10.32832/educate.v1i1.5945

Asrianti, A., & Widianto, E. (2019). Mora’akeke Ceremony As A Local Indigenous Material In Indonesian For Speakers Of Other Language Class: An Autoethnography Studies In Palu, Central Sulawesi. Https://Doi.Org/10.4108/Eai.20-8-2019.2288125 DOI: https://doi.org/10.4108/eai.20-8-2019.2288125

Batilaran, J., Llanos, A., & Mercado, M. (2024). Enhancing Literacy: A Comprehensive Examination Of Individualized Reading Programs. International Multidisciplinary Journal Of Research For Innovation, Sustainability, And Excellence (IMJRISE), 1(2), 182–187.

Fandos-Herrera, C., Jiménez-Martínez, J., Orús, C., Pérez-Rueda, A., & Pina, J. M. (2023). The Influence Of Personality On Learning Outcomes And Attitudes: The Case Of Discussants In The Classroom. The International Journal Of Management Education, 21(1), 100754. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100754

Gurung, R. A., & Prieto, L. R. (2023). Getting Culture: Incorporating Diversity Across The Curriculum. Taylor & Francis. DOI: https://doi.org/10.4324/9781003445005

Kendeou, P. (2020). The Assessment Of Reading For Understanding. REAPING THE REWARDS Of The READING FOR, 67.

Mohan, R. (2023). Measurement, Evaluation And Assessment In Education. PHI Learning Pvt. Ltd.

Moore, S. L., & Tillberg-Webb, H. K. (2023). Ethics And Educational Technology: Reflection, Interrogation, And Design As A Framework For Practice. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203075241

Smith, E. (2023). Cultivating Empathy In Students Within An English Language Arts (ELA) Classroom Through Literary And Narrative Texts. Learning To Teach Language Arts, Mathematics, Science, And Social Studies Through Research And Practice, 12(1).

Sukma, Abbas, A, Nurhayati, Kaharuddin, & Gheisari, A. 2022. Development of Authentic Assessment in Local Wisdom-Based Reading Learning. Hindawi, Education Research International Journal, Volume 2022, Article ID 4905583. DOI: https://doi.org/10.1155/2022/4905583

.

Published

2024-11-13

How to Cite

Sukma, S., Asrianti, A., Pratama Bayu Santosa Efendi, & Gazali Lembah. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran Membaca Bermuatan Etika Budaya di SMP Kota Palu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4606–4613. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4668

Issue

Section

Articles