Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka di MTsN 1 Parigi di Sausu

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5837

Authors

  • Ulfah Ulfah Universitas Tadulako
  • Nidaul Hasanah Bukhori Universitas Tadulako
  • Juniati Juniati Universitas Tadulako
  • Sukma Sukma Universitas Tadulako
  • Hasnur Ruslan Universitas Tadulako

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Abstract

Untuk mendukung kualitas pendidikan di Indonesia, konsep Kurikulum Merdeka diterapkan melalui profil pelajar Pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila hadir sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila peserta didik. Melalui proyek ini, peserta didik diajak untuk mengamati lingkungan di sekitarnya dalam rangka menemukan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MTsN 1 Parigi di Sausu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MTsN 1 Parigi, khususnya di kelas VIII. Metode penelitian kualitatif digunakan sebagai suatu pembelajaran pada keadaan objek yang alamiah. Melalui obsevasi dan wawancara menghasilkan catatan lapangan yang digunakan peneliti sebagai sumber data yang konsisten dan mendukung temuan penelitian. Dalam penerapan kurikulum merdeka, peserta didik membuat atau mengimplementasikan projek. Pelaksanaan kegiatan P5 merupakan salah satu kegiatan projek kurikulum merdeka. Kegiatan yang dilaksanakan di MTsN 1 Parigi bertema Kewirausahaan “Makanan” menghasilkan projek kegiatan P5 berupa membuat cemilan banana coklat krispy. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pentingnya implementasi Kurikulum Merdeka dan integrasi keenam Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran.Penelitian ini juga memberikan panduan bagi lembaga pendidikan dalam mengintegrasikan profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran dan mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya persiapan yang matang dalam merencanakan kegiatan P5 agar dapat membentuk Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, Akhmad Zaenul Ibad, Nova Khairul Anam, and Fitri Hariwahyuni. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022).” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1(1):99–116.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72.

Asyari, H. (2020). Pembentukan Spiritualistas dan Karakter Anak dalam Perspektif Lukman al-Hakim. At-Tarbiyat:Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 159–171. https://doi.org/10.37758/jat.v3i2.21.

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fauzi, Muhammad Ilham Rifqyansya, Erlita Zanya Rini, and Siti Qomariyah. 2023. “Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar.” Confrence Of Elementary Studies 483.

Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi guru terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1).

Gumilar, Eko Bayu, and Kristina Gita Permatasari. 2023. “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada MI/SD.” Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 8(2):169–83. doi: 10.32505/azkiya.v.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.

Jamaludin, Jamaludin, Shofia Nurun Alanur S. Alanur S, Sunarto Amus, and Hasdin Hasdin. 2022. “Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(3):698–709. doi: 10.31949/jcp.v8i3.2553.

Komalasari, M., & Yakubu, A. B. (2023). Implementation of Student Character Formation Through Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.16.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Putriangingsih, Sri, Ali Muh Hasan, and Muhammad Syarif. 2021. “Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajar.” Inovatif

Raharjo, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Berbantu Media Youtube. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(1), 1–23.

Ramadlani, Afra Shafa, Naufal Fajri, and Eni De Araujo Dos Santos. 2023. “Studi Literatur: Strategi Kewirausahaan Dalam Upaya Mengembangkan Usaha Masyarakat.” Comm-Edu (Community Education Journal) 6(1):11. doi: 10.22460/comm-edu.v6i1.11010.

Rossa Ariyanto. 2022. “Permasalahan Dalam Pembelajaran.” Jurnal Citra Pendidikan 2.

Raytano, Jero. 2019. “Pengaruh Sikap Kewirausahaan Dan Inovasi Layanan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Salon Mobil Auto Brother Di Indonesia.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia (1).

Rahimah. 2022. “Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebing Tinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajar 2021/22022.” Ansiru.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

Sharma, Sashi. 2013. “Qualitative Approaches in Mathematics Education Research: Challenges and Possible Solutions.” Education Journal 2(2):50. doi: 10.11648/j.edu.20130202.14.

Sumaryamti, Sri. 2023. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 4(1):47–55. doi: 10.36418/jist.v4i1.564.

Tricahyono, D. (2022). Upaya Menguatkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Kebhinekatunggalikaan. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 67–70.

Uktolseja, N. F., Nisa, A. F., Arafik, M., & Wiarsih, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 151– 158

Published

2025-05-18

How to Cite

Ulfah, U., Nidaul Hasanah Bukhori, Juniati, J., Sukma, S., & Hasnur Ruslan. (2025). Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka di MTsN 1 Parigi di Sausu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2449–2460. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5837

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>