Pemanfaatan Platform Instagram dan Tiktok dalam Menulis Teks Opini di SMAN 14 Maros : Studi Kualitatif
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5171
Keywords:
digital, Instagram, media sosial, menulis opini, TikTokAbstract
Penelitian ini bertujuan mengukur kemampuan menulis teks opini siswa dengan pemanfaatan platform Instagram dan TikTok di SMA 14 Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan metode penelitian survei yang melibatkan 38 responden siswa kelas XII SMA. Fokus penelitian pada analisis tentang media sosial dapat dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran yang relevan dan inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan platform Instagram dan TikTok memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan motivasi siswa untuk menulis teks opini. Media sosial berfungsi sebagai ruang belajar nonformal yang memungkinkan siswa berpikir kritis, menyusun argumen secara logis, serta menyampaikan ide dengan cara yang menarik dan kreatif. Guru dapat memanfaatkan platform ini dengan memberikan tugas menulis opini yang terarah, dilengkapi petunjuk yang jelas, untuk mengintegrasikan media sosial dalam pembelajaran formal. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pemahaman mengenai peran media sosial sebagai alat pembelajaran yang inovatif di era digital. Instagram dan TikTok tidak hanya relevan bagi generasi digital, tetapi juga mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran berbasis media sosial, serta membuka peluang untuk merancang model pembelajaran serupa yang dapat diterapkan pada penelitian selanjutnya yang lebih inovatif.
Downloads
References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (n.d.). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall sebagai Media Pembelajaran untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam bagi Siswa SD. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835–1852. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Al-Rahmi, A. M., Shamsuddin, A., Wahab, E., Al-Rahmi, W. M., Alyoussef, I. Y., & Crawford, J. (2022). Social media use in higher education: Building a structural equation model for student satisfaction and performance. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/FPUBH.2022.1003007
Aminudin, M. I., Sawiji, H., & Rapih, S. (2024). Studi literatur: dampak media sosial terhadap prestasi peserta didik. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(1), 14. https://doi.org/10.20961/jikap.v8i1.75823
Bambang, S. E. M., Alfakihi, A., Heltien, D., Handayani, H., & Amelia, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 49–60. https://doi.org/10.22437/pena.v12i2.23577
Bilqis, A., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (n.d.). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas IV. Dan Pengajarannya, 6(2), 437–448. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.628
FauziyahR., C., & KurniawanK. (n.d.). No Title. In ABAD 21: LITERASI DIGITAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS OPINI. Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 271–277). http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/3389
Firdausi, N. I. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Hera Fasirah, Anshari, A., & Juanda, J. (2024). Analisis Faktor Determinan Kemampuan Literasi Membaca: Studi Kasus di SMA Negeri 5 Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1633–1642. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3490
Inayati, F., I., & Sujinah. (n.d.). Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.5
Jimola, F. E. (n.d.). Undergraduate students’ exploration of Instagram and TikTok in learning language skills content: A leverage to digital literacy. Interdisciplinary Journal of Education Research, 5, 84–95. https://doi.org/10.38140/ijer-2023.vol5.08
Juanda, J. (2023). Peran Media Sosial dalam Pemerolehan Bahasa Remaja (Studi Kasus di UPTD SMP Negeri 1 Parepare, Sulawesi Selatan). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 142–152. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2161
Juanda, J., Afandi, I., & Yunus, A. F. (2024). Digital Short Story Literacy and the Character of Environmentally Concerned Students. Journal of Language Teaching and Research, 15(2), 415–427. https://doi.org/10.17507/jltr.1502.10
Juanda, J., Aslan Abidin, Salam, Sunaely, Reskiana, Asri Ismail, & Asis Nojeng. (2023). PKM Gerakan Literasi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Peran Guru Di Tingkat Sekolah Dasar Se-desa Goarie. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 72–81. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.92
Lelasari, T., Yohanita, A. M., & Damopolii, I. (2021). Journal of Research in Instructional. 1(1), 53–60.
Lestariningsih, I., Setiana, H., & Widiarti, N. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas Vii D Smp Negeri. 805–812.
Lubis, R. A. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOCIAL TIK TOK SEBAGAI MEDIA EKSISTENSI DIRI BAGI SISWI SMAN 1 RAMBAH. 6744.
Mahiroh, L. Z. (n.d.). Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar. In Senada (Seminar Nasional Daring (pp. 414–419).
Mohino. (n.d.). Maximizing student satisfaction in education: Instagram’s role in motivation, communication, and participation. The International Journal of Management Education. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2024.101045
Nakrowi, Z. S. (n.d.). Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa: Analisis Profil dan Problematika Pembelajaran. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(1). https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3107
Nurhayati, etal. (n.d.). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Editorial dan Opini Pada Siswa SMA/SMK. In Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, Bulan Oktober SayaTahun Tahun 2023 Bahasa Indonesia (Vol. 7).
Ortiz. (n.d.). Instagram as a learning tool to improve technical vocabulary for sports science students. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2022.100416
Parangu, R. N. A., & Amaliah, E. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Literasi Digital Perpustakaan Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Instagram Perpustakaan Smkn 32 Jakarta. Journal of Documentation and Information Science, 5(2), 64–70. https://doi.org/10.33505/jodis.v5i2.194
Poza-Méndez, M., Fernández-Gutiérrez, M., Marín-Paz, A. J., Sánchez-Sánchez, E., & Bas-Sarmiento, P. (2024). TikTok as a teaching and learning method for nursing students: A quasi-experimental study. Nurse Education Today, 141(August). https://doi.org/10.1016/j.nedt.2024.106328
Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (n.d.). No Title. Literasi Digital: Revitalisasi Inovasi Teknologi Journal of Information Systems and Management, 3(1), 6–9.
Safitri, D. (2022). Penulisan Naskah Kehumasan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=4AqIEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PA1%5C&dq=menulis+opini+berbasis+digital%5C&ots=J_6QR40QJm%5C&sig=w_3KIxF-1mm7oKxNA2GqhGh5Shc
Salma, M., & Nurmanik, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Laporan ( Report Text ) menggunakan Media Sosial Instagram. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 40–46. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/437/477
Taufik, T., Ismail, I., Imansyah, M. N., & Kasmita, M. P. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMP Negeri 2 Woja. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 684–691. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2731
Tyas, F. E., & Sukartono. (2024). Implementation of Digital Literacy in Increasing the Learning Independence of Fourth-Grade Students at SDN 1 Krandon. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1663–1670. https://doi.org/10.58230/27454312.440
Wicaksono, A. A. (2024). Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Opini Siswa Kelas VI SDN Merjosari 3 Kota Malang The Use of Social Media in Enhancing Opinion Writing Skills of Sixth Grade Students at SDN Merjosari 3 , Malang City. 1(2), 69–74.
Aeni, A. N., Djuanda, D., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (n.d.). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall sebagai Media Pembelajaran untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam bagi Siswa SD. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835–1852. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313 DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Al-Rahmi, A. M., Shamsuddin, A., Wahab, E., Al-Rahmi, W. M., Alyoussef, I. Y., & Crawford, J. (2022). Social media use in higher education: Building a structural equation model for student satisfaction and performance. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/FPUBH.2022.1003007 DOI: https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.1003007
Aminudin, M. I., Sawiji, H., & Rapih, S. (2024). Studi literatur: dampak media sosial terhadap prestasi peserta didik. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(1), 14. https://doi.org/10.20961/jikap.v8i1.75823 DOI: https://doi.org/10.20961/jikap.v8i1.75823
Bambang, S. E. M., Alfakihi, A., Heltien, D., Handayani, H., & Amelia, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 49–60. https://doi.org/10.22437/pena.v12i2.23577 DOI: https://doi.org/10.22437/pena.v12i2.23577
Bilqis, A., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (n.d.). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas IV. Dan Pengajarannya, 6(2), 437–448. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.628 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.628
FauziyahR., C., & KurniawanK. (n.d.). No Title. In ABAD 21: LITERASI DIGITAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS OPINI. Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 271–277). http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/3389
Firdausi, N. I. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Hera Fasirah, Anshari, A., & Juanda, J. (2024). Analisis Faktor Determinan Kemampuan Literasi Membaca: Studi Kasus di SMA Negeri 5 Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1633–1642. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3490 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3490
Inayati, F., I., & Sujinah. (n.d.). Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.5 DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.5
Jimola, F. E. (n.d.). Undergraduate students’ exploration of Instagram and TikTok in learning language skills content: A leverage to digital literacy. Interdisciplinary Journal of Education Research, 5, 84–95. https://doi.org/10.38140/ijer-2023.vol5.08 DOI: https://doi.org/10.38140/ijer-2023.vol5.08
Juanda, J. (2023). Peran Media Sosial dalam Pemerolehan Bahasa Remaja (Studi Kasus di UPTD SMP Negeri 1 Parepare, Sulawesi Selatan). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 142–152. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2161 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2161
Juanda, J., Afandi, I., & Yunus, A. F. (2024). Digital Short Story Literacy and the Character of Environmentally Concerned Students. Journal of Language Teaching and Research, 15(2), 415–427. https://doi.org/10.17507/jltr.1502.10 DOI: https://doi.org/10.17507/jltr.1502.10
Juanda, J., Aslan Abidin, Salam, Sunaely, Reskiana, Asri Ismail, & Asis Nojeng. (2023). PKM Gerakan Literasi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Peran Guru Di Tingkat Sekolah Dasar Se-desa Goarie. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 72–81. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.92 DOI: https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.92
Lelasari, T., Yohanita, A. M., & Damopolii, I. (2021). Journal of Research in Instructional. 1(1), 53–60. DOI: https://doi.org/10.30862/jri.v1i1.12
Lestariningsih, I., Setiana, H., & Widiarti, N. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas Vii D Smp Negeri. 805–812.
Lubis, R. A. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOCIAL TIK TOK SEBAGAI MEDIA EKSISTENSI DIRI BAGI SISWI SMAN 1 RAMBAH. 6744.
Mahiroh, L. Z. (n.d.). Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar. In Senada (Seminar Nasional Daring (pp. 414–419).
Mohino. (n.d.). Maximizing student satisfaction in education: Instagram’s role in motivation, communication, and participation. The International Journal of Management Education. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2024.101045 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2024.101045
Nakrowi, Z. S. (n.d.). Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa: Analisis Profil dan Problematika Pembelajaran. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(1). https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3107 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3107
Nurhayati, etal. (n.d.). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Editorial dan Opini Pada Siswa SMA/SMK. In Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, Bulan Oktober SayaTahun Tahun 2023 Bahasa Indonesia (Vol. 7). DOI: https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.20393
Ortiz. (n.d.). Instagram as a learning tool to improve technical vocabulary for sports science students. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2022.100416 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2022.100416
Parangu, R. N. A., & Amaliah, E. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Literasi Digital Perpustakaan Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Instagram Perpustakaan Smkn 32 Jakarta. Journal of Documentation and Information Science, 5(2), 64–70. https://doi.org/10.33505/jodis.v5i2.194 DOI: https://doi.org/10.33505/jodis.v5i2.194
Poza-Méndez, M., Fernández-Gutiérrez, M., Marín-Paz, A. J., Sánchez-Sánchez, E., & Bas-Sarmiento, P. (2024). TikTok as a teaching and learning method for nursing students: A quasi-experimental study. Nurse Education Today, 141(August). https://doi.org/10.1016/j.nedt.2024.106328 DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2024.106328
Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (n.d.). No Title. Literasi Digital: Revitalisasi Inovasi Teknologi Journal of Information Systems and Management, 3(1), 6–9.
Safitri, D. (2022). Penulisan Naskah Kehumasan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=4AqIEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PA1%5C&dq=menulis+opini+berbasis+digital%5C&ots=J_6QR40QJm%5C&sig=w_3KIxF-1mm7oKxNA2GqhGh5Shc
Salma, M., & Nurmanik, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Laporan ( Report Text ) menggunakan Media Sosial Instagram. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 40–46. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/437/477
Taufik, T., Ismail, I., Imansyah, M. N., & Kasmita, M. P. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMP Negeri 2 Woja. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 684–691. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2731 DOI: https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2731
Tyas, F. E., & Sukartono. (2024). Implementation of Digital Literacy in Increasing the Learning Independence of Fourth-Grade Students at SDN 1 Krandon. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1663–1670. https://doi.org/10.58230/27454312.440 DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.440
Wicaksono, A. A. (2024). Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Opini Siswa Kelas VI SDN Merjosari 3 Kota Malang The Use of Social Media in Enhancing Opinion Writing Skills of Sixth Grade Students at SDN Merjosari 3 , Malang City. 1(2), 69–74.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.