Tindak Tutur Asertif Tenaga Kesehatan dalam Membangun Hubungan Baik dengan Pasien di Rumah Sakit

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5550

Authors

  • Sumarni Sumarni Universitas Negeri Makassar
  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar
  • Nensilianti Nensilianti Universitas Negeri Makassar
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Tindak Tutur Asertif, Tenaga Kesehatan, Hubungan Baik, Rumah Sakit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wujud tindak tutur asertif yang digunakan oleh tenaga kesehatan dalam membangun hubungan baik dengan pasien di rumah sakit. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terhadap tenaga kesehatan dan pasien di RSUD dr. La Palaloi, Kabupaten Maros. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur asertif yang dominan digunakan mencakup bentuk deklaratif, interogatif, dan imperatif. Tuturan deklaratif terdiri atas deklaratif bermakna penjelasan keadaan, nasihat, perkiraan, pertentangan, dan penegasan. Tuturan imperatif terdiri atas imperatif bermakna desakan dan anjuran. Tuturan interogatif terdiri atas interogatif bermakna menyatakan, memberitahukan, menyarankan, mengeluh, dan meminta tindakan. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan bahwa tindak tutur asertif yang digunakan tenaga kesehatan berperan penting dalam membangun kepercayaan dan meningkatkan kenyamanan pasien selama proses pelayanan. Tuturan deklaratif yang berisi penjelasan kondisi pasien membantu mengurangi kecemasan pasien dan keluarganya. Tuturan interogatif yang mengarah pada permintaan informasi dan saran menunjukkan kepedulian tenaga kesehatan terhadap kondisi pasien, sehingga pasien merasa lebih diperhatikan. Sementara itu, tuturan imperatif yang bersifat anjuran dan desakan sering digunakan dalam konteks pemberian instruksi medis atau anjuran kepatuhan terhadap pengobatan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam kajian pragmatik, khususnya dalam memahami peran tindak tutur asertif dalam interaksi medis. Secara praktis, temuan ini dapat menjadi acuan bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dengan pasien, sehingga dapat memperbaiki hubungan interpersonal dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Delliana, S., Oktarina, N. D., Istiani, H. G., Liyanovitasari, L., Lannasari, L., Lestari, P., Yudanari, Y. G., Widayati, K., Setyoningrum, U., Agustini, N. R. S., Agil, N. M., & Wulansari, W. (2024). Buku Ajar Komunikasi Terapeutik Keperawatan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dewi, F., Hayati, M., & Yusrawati, Y. (2022). Determinan Peran Kepemimpinan Kepala Ruang Terhadap Kepatuhan Perawat dalam Melaksanakan Hand Hygiene di RSUD Cut Meutia Aceh Utara. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(6), 945-953. DOI: https://doi.org/10.55123/insologi.v1i6.1355

Kusuma, M. W., Herawati, F., Setiasih, S., & Yulia, R. (2021). Persepsi Tenaga Kesehatan dalam Praktik Kolaborasi Interprofesional di Rumah Sakit di Banyuwangi. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(2), 106-113. DOI: https://doi.org/10.14710/mkmi.20.2.106-113

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. London: Sage Publications.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putradi, A. W. A., & Supriyana, A. (2024). Pragmatik. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmah, A. F. (2020). Komunikasi Interpersonal Rehabilitasi Pecandu Narkoba di Malang. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 63-77. DOI: https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.63-77

Searle, J. R. (1979). Speech acts: An essay in the philosophy of language. UK: Cambridge university press.

Simanullang, R. H., & Tambunan, D. M. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian. Sleman: Deepublish Publisher.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni. (2022). Tindak Tutur Asertif Dokter bagi Penyintas Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2025). Analisis Nilai pada Lagu" Sandaran Hati" Karya Letto. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 89-93. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i1.1326

Vitrianingsih, Y., & Budiarsih, B. (2019). Pelimpahan Wewenang Dokter Kepada Profesi Perawat Dalam Tindakan Medis Dari Perspektif Hukum. Jurnal Hukum Magnum Opus, 2(2), 185-195. DOI: https://doi.org/10.30996/jhmo.v2i2.2545

Published

2025-03-18

How to Cite

Sumarni, S., Johar Amir, Nensilianti, N., & Usman, U. (2025). Tindak Tutur Asertif Tenaga Kesehatan dalam Membangun Hubungan Baik dengan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1480–1488. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5550

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>