Pengaruh Metode Debat Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi

https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1568

Authors

  • Sakaria Sakaria Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar
  • Gusti Putri Milenia Universitas Negeri Makassar

Keywords:

pengaruh, metode debat, teks eksposisi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-experimenal design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Toraja Utara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode debat dan variabel terikat adalah kemampuan menulis teks eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPA kelas X SMAN 1 Toraja Utara sebanyak 2 kelas sedangkan sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test pembelajaran menulis teks eksposisi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 6 Toraja Utara. Hal ini,  dapat dibuktikan, berdasarkan perbandingan nilai thitung dan ttabel = 11,301>1,701.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalman. 2013. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Komalasari. 2017. Pembelajaran Memahami Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Debat Inisisasi di Kelas X SMKN 1 Ciamis. Jurnal DIKSATRASIA. 1(2), 315-318.

Ningrum. 2020. Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Investigasi Kelompok Siber pada Peserta Didik Kelas X SMA. Tesis. UNNES: Semarang.

Ranabumi, dkk. 2017. Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 5 Kediri. Jurnal Unissula. 1(1), 664¬–668.

Rosmaya, Elin. 2018. Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(1), 111–127. DOI: https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.999

Septiana, A. 2019. Keefektifan Metode Debat dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi di SMA Negeri 21 Palembang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang: Palembang.

Somjai, S., dan Jansem, A. 2015. The Use of Debate Technique to Develop Speaking Ability of Grade Ten Students at Bodindecha (Sing Singhaseni) School. International Journal of Technical Research and Applications, (13) 27-31.

Supriatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Kuningan: STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Widiyarti, Sigit dan Pujaning, Aster. 2019. Pengaruh Metode Snow Ball Throwing dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Argumen Siswa SMK Insan Mulia Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Unsika, 7(1), 36-45.

Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta

Published

2022-05-08

How to Cite

Sakaria, S., Usman, U., & Gusti Putri Milenia. (2022). Pengaruh Metode Debat Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1568

Issue

Section

Articles

Categories