Representasi Nilai Formal Teks Sastra pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka: Model Norman Fairclough

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5150

Authors

  • Andi Nirwana Sari Universitas Negeri Makassar
  • Akmal Hamsa Universitas Negeri Makassar
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar

Keywords:

nilai formal, teks sastra buku bahasa Indonesia Fase D,  model Norman Fairclough

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai eksperensial, nilai relasional dan nilai ekspresif pada kosakata dan gramatika yang terdapat dalam teks sastra pada buku pelajaran bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengamati dan menganalisis ideologi yang terkadung dalam teks sastra sesuai analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Data penelitian berupa kata, frasa, klausa, kalimat dan paragraf pada teks sastra. Sumber data dalam penelitian ini yaitu teks sastra yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka.  Data dianalisis dengan menggunakan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Hasil penelitian ditemukan pada fitur kosakata nilai eksperensial yaitu antonim; nilai relasional yaitu kata informal; dan nilai ekspresif yaitu penilaian positif. Pada fitur gramatika nilai eksperensial yaitu kalimat pasif; nilai relasional yaitu kalimat perintah;  dan nilai ekspresif yaitu modalitas ekspresif. Setiap data yang ditemukan mengandung ideologi dan kekuasaan yang sejalan dengan pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Eva Y. Nukman, Anna Farida Kurniasari, dan Helva Nurhidayah. (2022). Bahasa Indonesia SMP/Mts Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Fairclough, Norman. (1989). Language And Power; Relasi Bahasa, Kekuasaan dan Ideologi. Terjemahan Indah Rohmani-Komunitas Ambarawa. 2003. Malang: Boyan Publishing.

Fairclough, Norman. (2013). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9781315834368

Gusfitri, Maya Lestari dan Elly Delfia. (2021). Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Rakhma Subarna, Sofie Dewayani, dan C. Erni Setyowati. (2021). Bahasa Indonesia SMP Kelas VII . Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Published

2025-01-15

How to Cite

Andi Nirwana Sari, Akmal Hamsa, & Usman, U. (2025). Representasi Nilai Formal Teks Sastra pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka: Model Norman Fairclough . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 453–460. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5150

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>