Ragam Kolaboratif Tindak Tutur Ilokusi pada Dialog Iklan Produk-Produk PT. Sinar Sosro di Televisi Indonesia (Kajian Pragmatik)

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4690

Authors

  • Anastasia Hotmauli Sinaga Universitas Negeri Makassar
  • Azis Azis Universitas Negeri Makassar
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar
  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar

Keywords:

ilokusi, dialog iklan, kajian pragmatik, produk PT sinar sosro

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud tindak tutur ilokusi pada dialog iklan produk-produk PT Sinar Sosro Indonesia di televisi Indonesia dan mengkaji ragam kolaboratif tindak tutur ilokusi pada iklan produk PT Sinar Sosro di televisi Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data penelitian ini dirancang untuk menganalisis tentang ragam tutur ilokusi kolaboratif pada produk PT Sinar Sosro yang diiklankan di televisi swasta Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat wujud tindak tutur ilokusi pada dialog iklan produk-produk PT Sinar Sosro di televisi Indonesia meliputi: (1) kalimat direktif, (2) kalimat interogatif, dan (3) kalimat imperatif. Mengenai ragam kolaboratif tindak tutur ilokusi pada dialog iklan produk-produk PT Sinar Sosro ditelevisi Indonesia meliputi: (1) menyatakan, (2) mengumumkan, (3) melaporkan, dan (4) mengajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Humairah, Widiyah Mutmainnah, Retnowaty, dan Ratnawati, I. I. (2020). Tindak Tutur pada Iklan Produk Kecantikan di Televisi Swasta. Jurnal Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 4(2), 269–277.

Austin, J.L. (1962). How to Do Things with Words. Harvard University Press.

Az-Zahraa, Alafair Cinta, Sumardiyani, Listyaning dan Y.W.L., M. (2022). Illocutionary Acts in Commercial Advertisements and Its Contribution to Teaching Speaking. Proceeding of 2nd English Teaching, Literature and Lingusitics (Eternal) COnference, 35–43. https://conference.upgris.ac.id/index.php/etll/article/view/2801%0Ahttps://conference.upgris.ac.id/index.php/etll/article/download/2801/1641

Crystal, D. (2008). A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Blackwell Publishing. DOI: https://doi.org/10.1002/9781444302776

Fadlilah P., M. I. (2022). Analysis of Speech Act of Instant Noodle Advertisement 50th on Television. Jelita: Journal of English Language Teaching and Literature, 3(2), 99–108. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jelita/article/view/103%0Ahttps://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jelita/article/download/103/81

Fujibayashi, Fujiko. 2001. Hatsuwakoui no Goyouron Teki Kenkyuu. http://www2.dokkyo.ac.jp/~esemi008/papers/fujibayashi.pdf (accesed on :January 20, 2019).

Goziyah, dkk. (2021). Ragam Tindak Tutur Ilokusi Dalam Siniar Deddy Corbuzier Episode Debat Sama Menkes. Prosiding Samasta, 350–366. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/363-372/8334

Grice, H.P. (1975). Logic and Conversation. In Syntax and Semantics, Volume 3: Speech Acts. Academic Press. DOI: https://doi.org/10.1163/9789004368811_003

Halibanon, Dewi Saparina dan Safariyah, E. N. (2019). Analisis Tuturan Karakter Tsundere. Jurnal Sastra, 9(2), 30–37.

Hardita, R. P. (2019). Analisis Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan Minuman Bersoda Ditelevisi. Universitas MUhammadiyah Surakarta.

Jupri, R. A. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Haris Azhar Dalam Youtube Indonesia Lawyers Club Episode Ramai-Ramai Petisi Tolak IKN. Jurnal Pendidikan Tembusai, 6(1), 3187–3194. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3374/2868

Khayati, Nur, Utomo, Bagus Tri Budi dan Utami, E. P. (2022). Tindak tutur lokusi, ilokusi, perlokusi dalam iklan produk mie sedap dan pop mie instan di televisi. Jurnal Sinesis, 1(1), 44–51.

Leech, Geoffrey. 1983. Principles of Pragmatics. New York: Longman.

Maed, R. D. G. (2024). Speech Acts and Gender Representations in Philippine TV Commercials. International Journal of Contemporary Applied Researches, 11(4), 10–17.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novianti, Fitri dan Maliyani, R. R. D. (2018). An Analysis of Speech Act in Advertising of Child Milk on Television. PROJECT (Professional Journal of English Education), 1(3), 269–274. https://doi.org/10.22460/project.v1i3.p269-274 DOI: https://doi.org/10.22460/project.v1i3.p269-274

Nugroho, R. D. (2022). Tindak Tutur Asertif Tokoh Botchan Berpemarkah Adverbia Konani, Sonani dan Anani Dengan Fungsi Ilokusi Kolaboratif. Jurbal Lingua, XVIII(2), 171–187. DOI: https://doi.org/10.15294/lingua.v18i2.36737

Nurrohman, Ubaidillah Amin, dkk. (2022). Speech Acts and Expressive Language Intelligence Development in Beverage Advertisements on Television. Proceedings of the International Conference of Learning on Advance Education (ICOLAE 2021), 662, 524–532. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220503.050 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220503.050

Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik Tindak Tutur dalam Media Sosial.OSF | PDFsam_Kajian Pragmatik - Tindak Tutur dalam Media Sosial [Nuramila, S.Pd., M.Pd.].pdf DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/zah35

Nuzula, H. (2023). Jane Eyre Movie: Illocutionary Acts In Focus and Its Contribution to English Language Teaching. Erudita: Journal of English Language Teaching, 3(2), 156–167. DOI: https://doi.org/10.28918/erudita.v3i2.2151

Paramita, Nadila Tasya dan Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Radio Prambors. Jurnal Caraka, 6(2), 104–118. DOI: https://doi.org/10.30738/.v6i2.7847

Prasetyo, D. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Sinetron Komedi Cagur Naik Bajaj Di Stasiun Televisi Antv: Sebuah Kajian Pragmatik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rahardi, K. (2005). Pragmatik : Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Raudlatusyarifah dan Mulyaningsih, I. (2022). Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan Minuman Teh Botol Sosro Di Televisi. Jurnal Dummy: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–10.

Rukminingsih, Adnan, Gunawan dan Latief, Mo. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan Pe). Erhaka Utama.

Safitri, Rizky Dian, Mulyani, M. dan F. (2021). Teori Tindak Tutur Dalam Studi Pragmatik. Jurnal Kabastra, 1(1), 59–67. DOI: https://doi.org/10.31002/kabastra.v1i1.7

Saimon, A. (2021). Lakuan Pertuturan Dalam FIlem Nodin Ahmad. BITARA: InternationalJournal of Civilization Studies and Human Sciences, 4(1), 33–52.

Saputri, Nurul Intan, dkk. (2021). An Analysis of Illocutionary Acts in Beauty Product Advertisements in Television Broadcast. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21462/jeltl.v6i1.483 DOI: https://doi.org/10.21462/jeltl.v6i1.483

Searle, John R. 1969. Speech Act: An Essay in the Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781139173438

Schneider, K. P. (2022). Referring to Speech Acts in Communication: Exploring Meta-Illocutionary Expressions in ICE-Ireland. Journal Corpus Pragmatics, 6(2), 155–174. https://doi.org/10.1007/s41701-022-00123-w DOI: https://doi.org/10.1007/s41701-022-00123-w

Sifrotul Faroh, dan Utomo, A. P. Y. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Vlog Q&A Sesi 3 Pada Kanal Youtube Sehrly Annavita Rahmi. Jurnal Undas, 16(2), 311–326. DOI: https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2793

Sumarlam, Pamungkas, S. dan, & Susanti, R. (2023). Pemahaman Dan Kajian Pragmatis (Edisi Kedu). Villa Bukit Cemara. http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1355

Thomas, Jeny.2013. Goyouron Nyuumon. Tokyo : Kenkyusha

Widiastuti, dkk. (2020). Illocutionary Act Analysis of English Tourism Advertisements in Indonesia. Journal of Culture Linguistics, 5(1), 1–9.

Wulandari, dkk. (2023). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Ujaran Kebencian Pada Komentar Selebgram Rio Dan Kekeyi: Kajian Pragmatik. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 7(4), 1225–1234. https://doi.org/10.30872/jbssb.v7i4.8390 DOI: https://doi.org/10.30872/jbssb.v7i4.8390

Yani, Juli, dkk. (2023). Diaknostik Pragmatik Tindak Tutur Akses Wacana Produk Iklan Bedak di Televisi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(4), 852–862. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1649 DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1649

Zahirah, Aklilah dan Ramdhani, I. S. (2023). Analysis of Locutionary, Illocutionary and Perlocutionary Speech Acts in Youtube Ads. AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 547–551. https://doi.org/10.57235/aurelia.v2i1.239 DOI: https://doi.org/10.57235/aurelia.v2i1.217

Published

2024-10-29

How to Cite

Anastasia Hotmauli Sinaga, Azis, A., Usman, U., & Johar Amir. (2024). Ragam Kolaboratif Tindak Tutur Ilokusi pada Dialog Iklan Produk-Produk PT. Sinar Sosro di Televisi Indonesia (Kajian Pragmatik). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4261–4276. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4690

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>