Media Padlet dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas VI SD Metro School Kota Makassar
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5421
Keywords:
Padlet, teks prosedur, menulis, pembelajaran interaktif, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan media Padlet dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VI SD Metro School. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen non-equivalent-control-group-design. Populasi penelitian terdiri dari 32 siswa yang diberikan pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan menulis teks prosedur. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata post-test (89.94) dibandingkan pre-test (59.67), dengan varians dan standar deviasi yang lebih kecil. Keunggulan Padlet, seperti kolaborasi, fleksibilitas visualisasi, kemudahan umpan balik, dan aksesibilitas, terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Padlet merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Agustinalia, I. (2022). Mengenal dan Memahami Jenis-Jenis Teks. Graha Printama Selaras.
Alti, M. R., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriah, L. A., Hasanah, H., & Akbar, M. R. (2022). Media Pembelajaran. Global Eksklutif Teknogi. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia (JII), 1(6). DOI: https://doi.org/10.36418/jii.v1i6.76
Astuti, Y., Abidin, Y., & Cahyani, I. (2022). Meracik Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Padlet Untuk Menulis Teks Eksplanasi. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22660 DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22660
Crompton, H., & Burke, D. (2024). The Nexus of ISTE Standards and Academic Progress: A Mapping Analysis of Empirical Studies. TechTrends. https://doi.org/10.1007/s11528-024-00973-y DOI: https://doi.org/10.1007/s11528-024-00973-y
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis . Rajawali Pers.
Darmawati, U. (2018). Eksiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia : Ragam Teks. Intan Pariwara.
Darmawati, U. (2019). Eksplanasi. Aksara Sinergi Media.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (A. Syadda, Ed.; 1 ed.). Kaaffah Learning Center.
Djumingin, S., Mahmudah, Syamsudduha, & Rosida, V. (2022). Penilaian Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Teori dan Penerapannya. Cahaya Bintang Cemerlang.
Evaline, F. P., Sastromiharjo, A., & Cahyani, I. (2024). Media Powtoon Pada Teks Eksplanasi. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 6(2), 81. https://doi.org/10.29240/estetik.v6i2.8750 DOI: https://doi.org/10.29240/estetik.v6i2.8750
Fristian, V. (2021). Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Padlet.
Hadi, N., Hanafi, S., & Suherman, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mading Digital Padlet untuk Meningkatkan Motivasi dan Budaya Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8614–8625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3839 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3839
Handini, R. M. (2023). The Effectiviness of Using Padlet as Learning Media.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra P, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup.
Hasanah, M., Darojatul Umariyah, A., Nikmah, I., Yudha, S., Basuki, R., & Widodo, J. P. (2024). Inovasi Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Padlet Untuk Pengajar SDN Dukuhsari 1. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, volume 2, nomor 3, 154–160. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i3.404
Helaluddin, & Awaluddin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik (1 ed.). Media Madani. https://www.researchgate.net/publication/344235495
Indradi, A., & Purwahida, R. (2023). ESPS Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas VI (Novika, P. Pio, & Setepu Roy, Ed.). Penerbit Erlangga.
Irawan, R. N., Apriliya, S., & Putri, A. R. (2024). Analisis kebutuhan media pada pembelajaran teks eksplanasi di SD. Journal of Elementary Education, 07, 3. DOI: https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19413
Irwan Prabowo, & Heri Maria Zulfiati. (2023). Sejari Padlet (Semangat Belajar IPS Dengan Padlet). Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan , 2(1), 80–90. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i1.164 DOI: https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i1.164
ISTE Standards for Students. (2023). https://padlet.com/placina/iste-standards-for-students-5m6iihaa5x81. https://padlet.com/placina/iste-standards-for-students-5m6iihaa5x81
Kiki Yuni Murtiyastuti. (2022). Pengaruh Media Powtoon dalam Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 1 Krembung. Journal of Education and Learning Sciences, 2(2), 68–76. https://doi.org/10.56404/jels.v2i2.37 DOI: https://doi.org/10.56404/jels.v2i2.37
Kosasih. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Penerbit Yrama Widya. www.yrama-widya.co.id
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Surabaya.
Lailatul Aini, N., Haryati, N., & Bahasa, P. (2023). Penggunaan Media Microsoft Teams dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X di SMAN 2 Kudus. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya), 2(1). DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7589
Lestyarini, B. (2019). Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Modul 6 Genre Teks Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mustofa, D. A. A., Maulana, F. R., & Wardana, D. (2018). Efektivitas Media Tarik Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Di Kelas 4 SD. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4 DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Gajah Mada University Press.
Nurjannah. (2023). Pemanfaatan Padlet Sebagai Mading Digital Dapat Meningkatkan Minat Baca Siswa SMPN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 4(April 2023), 167–175. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa
Nurlina, A. H., Masruro, Z., Siti, Z., Saragih, R., Hasibuan, S. S., & Simamora, T. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran (Rismawati N, Ed.). Widina Bhakti Persada . www.penerbitwidina.com
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM.
Permadi, T. (2023). Teks, Tekstologi, dan Kritik Teks.
Prasetyo, B., & Baehaqie, I. (2017). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Pembelajaran Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi
Setiyaningsih, I. (2019). Laporan Hasil Obserbasi dan Laporan Percobaan. Aksarra Sinergi Media.
Setiyaningsih, I. (2022). Mengenal Jenis-Jenis Teks. Intan Pariwara.
Simanjutak, G., Sinaga, S., & Sinaga, D. (2024). Canva sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur. Dalam Prosiding Seminar Nasional.
Siregar, R. A., & Mahrani, E. (2022). Keterampilan Menulis. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.
Sukma, H. H., & Puspita, L. A. (2023). Keterampilan Membaca dan Menulis (Yogyakarta). Penerbit K-Media.
Tarigan, H. G. (2021). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Digital). Angkasa.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2024).
Wahyuni, F., Jais, M., & Nurdin. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 7 Sinjai. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(2). DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3193
Widayati, Y. S. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar dengan Media Padlet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Kuliner 3 SMK Negeri 2 Boyolangu. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, Vol(4). DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v3i4.2604
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.