Pemanfaatan ChatGPT Sebagai Alat Bantu Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA 3 Parepare

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5634

Authors

  • Riska Widati Juni Universitas Negeri Makassar
  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar
  • Nensilianti Nensilianti Universitas Negeri Makassar

Keywords:

ChatGPT, Bahan Ajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan ChatGPT sebagai alat bantu penyusunan bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Parepare. Fokus penelitian mencakup kualitas bahan ajar yang dihasilkan, serta perspektif guru terhadap pemanfaatan teknologi ini.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Parepare.Hasil penelitian menunjukka bahwa bahan ajar yang dihasilkan dengan bantuan ChatGPT memiliki struktur yang jelas dan sistematis namun, masih perlu penyempurnaan dalam aspek kedalaman materi dan relevansi konteks lokal. Dari perspektif guru, ChatGPT dinilai mempermudah proses penyusunan bahan ajar dengan menyediakan referensi cepat dan variasi materi yang luas. Namun, dari empat narasumber satu guru mengungkapkan kekhawatiran terhadap ketergantungan terhadap teknologi serta perlunya verifikasi dan tiga guru mengungkapkan bahwa perlu adanya adaptasi terhadap hasil yang diberikan ChatGPT agar sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum yang berlaku.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ChatGPT berpotensi dan menjadi alat bantu yang efektif dalam penyusunan bahan ajar, tetapi penggunaannya perlu disertai dengan kontrol dan evaluasi yang cermat oleh guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan pemanfaatan AI dalam dunia pendidikan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatoni, P. F. (2024). Pemanfaatan Teknologi AI dan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Mahasiswa. Jubah Raja. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, , 3(1), 143-149.

Hadian, T. P. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Edu Publisher.

Manuaba, I. B. (2024). TEKNOLOGI ChatGPT: Pengetahuan Dasar dan Pemanfaatan kombinasi keahlian dengan ChatGPT di berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Munawar, Z. S. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. Tematik, 10(1), 54-60. DOI: https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1291

Putro, A. N. (2023). Revolusi Belajar di Era Digital. PT Kodogu Trainer Indonesia.

Rachbini, W. &. (2023). Pengenalan Chatgpt Tips Dan Trik Bagi Pemula . Serang: CV. A A. Rizky.

Raibowo, S. N. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Sadriani, A. A. (2023). Peran guru dalam perkembangan teknologi pendidikan di era digital. In Seminar Nasional Dies Natalis , 62 (Vol. 1, pp. 32-37). DOI: https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736

Taruklimbong, E. S. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Kimia. . Jurnal Pendidikan Tambusai, ., 7(3), 26745-26757.

Dr. E. Kosasih, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT.Bumi Aksara

Published

2025-04-02

How to Cite

Juni, R. W., Johar Amir, & Nensilianti, N. (2025). Pemanfaatan ChatGPT Sebagai Alat Bantu Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA 3 Parepare. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1710–1735. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5634

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>