Pemanfaatan ChatGPT Sebagai Alat Bantu Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA 3 Parepare
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5634
Keywords:
ChatGPT, Bahan Ajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan ChatGPT sebagai alat bantu penyusunan bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Parepare. Fokus penelitian mencakup kualitas bahan ajar yang dihasilkan, serta perspektif guru terhadap pemanfaatan teknologi ini.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Parepare.Hasil penelitian menunjukka bahwa bahan ajar yang dihasilkan dengan bantuan ChatGPT memiliki struktur yang jelas dan sistematis namun, masih perlu penyempurnaan dalam aspek kedalaman materi dan relevansi konteks lokal. Dari perspektif guru, ChatGPT dinilai mempermudah proses penyusunan bahan ajar dengan menyediakan referensi cepat dan variasi materi yang luas. Namun, dari empat narasumber satu guru mengungkapkan kekhawatiran terhadap ketergantungan terhadap teknologi serta perlunya verifikasi dan tiga guru mengungkapkan bahwa perlu adanya adaptasi terhadap hasil yang diberikan ChatGPT agar sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum yang berlaku.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ChatGPT berpotensi dan menjadi alat bantu yang efektif dalam penyusunan bahan ajar, tetapi penggunaannya perlu disertai dengan kontrol dan evaluasi yang cermat oleh guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan pemanfaatan AI dalam dunia pendidikan di masa depan.
Downloads
References
Fatoni, P. F. (2024). Pemanfaatan Teknologi AI dan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Mahasiswa. Jubah Raja. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, , 3(1), 143-149.
Hadian, T. P. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Edu Publisher.
Manuaba, I. B. (2024). TEKNOLOGI ChatGPT: Pengetahuan Dasar dan Pemanfaatan kombinasi keahlian dengan ChatGPT di berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Munawar, Z. S. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. Tematik, 10(1), 54-60. DOI: https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1291
Putro, A. N. (2023). Revolusi Belajar di Era Digital. PT Kodogu Trainer Indonesia.
Rachbini, W. &. (2023). Pengenalan Chatgpt Tips Dan Trik Bagi Pemula . Serang: CV. A A. Rizky.
Raibowo, S. N. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Sadriani, A. A. (2023). Peran guru dalam perkembangan teknologi pendidikan di era digital. In Seminar Nasional Dies Natalis , 62 (Vol. 1, pp. 32-37). DOI: https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431
Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736
Taruklimbong, E. S. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Kimia. . Jurnal Pendidikan Tambusai, ., 7(3), 26745-26757.
Dr. E. Kosasih, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT.Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.